Zaskia Gotik Melaksanakan Dua Kesalahan Perihal Pancasila

Diposting pada
Zaskia Gotik Melakukan Dua Kesalahan perihal Pancasila
Zaskia Gotik melaksanakan dua kesalahan perihal Pancasila. Pertama kesalahannya telah membuat mainan lambang negara dengan menjawab bebek nungging ketika ditanya lambang sila kelima dalam Pancasila. Dia juga menjawab, proklamasi Indonesia ketika Azan Subuh, serta tanggal 32 Agustus. Jika yang ditanyakan gambar lain dan tanggal lain, bukan lambang negara Pancasila dan bukan hari kemerdekaan 17 Agustus 1945, mungkin itu tidak menjadi persoalan besar.
Yang menjadi persoalan adalah, Zaskia Gotik menjawab dengan candaan sesuatu yang sakral, kedudukan Pancasila dan Proklamasi Indonesia ada satu tingkat di bawah kitab suci.

Sama sakralnya, sama dibela dan diperjuangkan dengan harta bahkan nyawa. Oleh para pejuang di seluruh Indonesia.

Kesalahan kedua adalah, ketika ‘dihukum’ untuk menjadi Duta Pancasila ia justru mengaku bingung mau ngapain. Bukannya mau dieksekusi justru ia ngaku bingung. Salah kok dilipatgandakan.
Pihak lain yang sebetulnya salah yaitu RCTI sebagai televisi yang menayangkan proses penghinaan Pancasila yang dilakukan oleh Zaskia Gotik.
JANGAN MENGHINA MPR
Pembacaan isu yang sepotong perihal pengangkatan Zaskia Gotik sebagai Duta Pancasila hanya dibaca judulnya lalu dikomeni dengan tidak berimbang oleh para pelaku di media sosial. Seharusnya, pembaca isu memahami pembacaan isu secara menyeluruh.
Fraksi PKB di MPR mendorong Zaskia Gotik dieksekusi dengan cara menjadi Duta Pancasila. Alasannya sanksi harus mendidik. Ini tidak absurd di dunia pendidikan dan dunia pesantren. Di pesantren, sanksi bagi seorang santri dapat berupa menimba air untuk wudlu atau membaca istighfar sekian ribu kali. Ini yaitu bentuk hukuman, tetapi sanksi yang mendidik. Sementara itu di sekolah, contohnya ada sanksi menulis artikel perihal ancaman rokok untuk siswa yang merokok di sekolah. Ini bentuk sanksi yang mendidik.
Sementara itu, untuk Zaskia Gotik yang diangkat (sebenarnya masih diusulkan) sebagai Duta Pancasila juga bentuk hukuman, sebab bentuk sanksi berarti Zaskia Gotik harus bertugas menjadi Duta Pancasila secara cuma-cuma. Dia harus memakai uang eksklusif dalam menjalankan kiprah sanksi tersebut. Selain itu, ia juga harus berguru lebih ulet perihal pemahaman terhadap lambang negara. Tidak hanya Pancasila tetapi juga lambang negara yang lain mencakup Bendera dan Lagu Kebangsaan, serta bahasa Indonesia yang menjadi satu kesatuan dalam UU Nomor 24 tahun 2019 perihal Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Dengan sanksi tersebut seharusnya Zaskia Gotik mau dan wajib berguru menjadi warga negara yag baik. Bukan justru bingung harus ngapain. Duta Pancasila berarti orang yang harus mengerti sekaligus menjelaskan kepada orang banyak segala sesuatu perihal Pancasila. Dalam KBBI Duta dijelasakan sebagai orang yang diutus oleh pemerintah (kerajaan) untuk melaksanakan kiprah khusus. Berarti kiprah khusus yang akan diemban oleh Zaskia Gotik yang kalau jadi Duta Pancasila kelak, harus memasyarakatkan Pancasila sekaligus terinternalisasi dalam jiwa seluruh bangsa Indonesia.