banner 728x250

Whatsapp, Telegram, Atau Signal? Aku Pilih Yang Ini Saja

  • Share
banner 468x60

Memilih aplikasi perpesanan dengan tanpa mengamati keselamatan, fitur-fitur keren yang mumpuni, dan hanya mengamati teman, saudara, atau aplikasi yang paling banyak digunakan di sekitarnya, pastinya tergantung pada diri anda dan komunitas yang ada di sekitar anda. Yesss inilah yang sering terjadi di masyarakat.

Kebanyakan masyarakat tidak memperdulikan akan dilema-problem yang sering digegerkan para pengguna yang khawatir data dirinya disalah gunakan perusahaan aplikasi, penduduk condong berfikir simpel, silahkan ambil, aku bukan orang terkenal, saya bukan orang bla bla bla…. dst, selama tidak merugikan finasial secara langsung, ya silahkan saja, kecuali…. tiba-datang setelah install aplikasi misal whatsApp, pulsa pribadi hilang, tagihan pulsa pasca bayar membesar, atau tiba-datang tiap hari ada serpihan pulsa, nah… ini baru aplikasinya perlu diuninstall saja, dan ganti lainnya.

banner 336x280

Beberapa hari yang lalu ada pembaruan kebijakan privasi WhatsApp, dan ternyata menimbulkan reaksi masyarakat yang tidak senang dengan kebijakan tersebut, mereka rame mencari aplikasi alternatif, mirip beralih ke Telegram atau Signal.

Sebagaimana kita tahu bahwa Whatsapp ketika ini yakni layanan perpesanan terbesar di dunia dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Diikuti Telegram dengan 400 juta pengguna, serta Signal yang rata-rata mempunyai 10 juta-20 juta pengguna aktif bulanan.

Nah, bagaimana seharusnya? dan aplikasi apa yang harus dipilih?

Sebelum menjawab masalah ini, coba anda lihat tabel di bawah ini:

Dengan melihat tabel perbandingan antara WhatsApp, Telegram dan Signal di atas, maka sekali lagi kembali sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda selaku pengguna aplikasi nantinya, bila anda membutuhkan keselamatan tinggi, maka aplikasi Signal Messenger pilihan yang pas. Jika anda hanya memerlukan komunikasi yang hampir semua orang memiliki, cocok untuk obrolan tiap hari, terlebih didukung dengan berbagai stiker seperti Stiker Islami, atau Stiker Viral Lucu yang bisa didownload gratis di playstore, pilihanya pastinya WhatsApp.

Baca juga:  Download Stiker Whatsapp Igi, Model Para Tokoh Pendidikan

Namun untuk anda yang memerlukan aplikasi perpesanan yang mampu dipakai di beberapa perangkat sekaligus, mampu melalui hp, tablet, laptop, meskipun hp utama yang berisi aplikasi sedang mati atau tidak terkoneksi internet, bisa juga mendukung pengiriman gambar yang utuh (tidak dikompres), file bisa bermacam-macam dalam jumlah yang cukup besar sampai 1,5GB, grup sampai dengan 200.000 anggota, mempunyai fitur khusus grup seperti bot (disini anda bisa mengenal @mungbot yang keren), polling, kuis, hashtag, dan banyak lagi yang dapat menciptakan pengalaman di grup jauh lebih menggembirakan, maka jawabannya yaitu aplikasi telegram.

Saya langsung selama ini menggunakan WhatsApp (baik yang biasa maupun yang bisnis) dan aplikasi telegram untuk mendukung aneka macam aktivitas yang saya kelola selama ini, seperti melatih Guru-guru Indonesia dalam acara Satu Guru Satu Blog sebagai salah satu susukan Ikatan Guru Indonesia.

Sudah terjawabkan kini? selanjutnya terserah anda. Selamat memilih.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share