banner 728x250

Vaksin Mr Haram Tapi Boleh Digunakan, Inilah Fatma Mui

  • Share
banner 468x60

Sebelumnya terjadi polemik di Indonesia terkait halal-haramnya penggunaan vaksin Measles Rubella (MR) untuk imunisasi campak Rubella, hal ini dikarenakan Vaksin MR mengandung bahan yang berasal dari babi yang merupakan binatang yang diharamkan untuk dikonsumsi.

Tertanggal 20 Agustus 2018 MUI mengeluarkan Fatwa dengan nomor 33 Tahun 2018 tentang Penggunaan Vaksin MR Produk Dari SII untuk Imunisasi campak-rubella (MR), MUI memutuskan bahwa vaksin MR produk dari SII hukumnya haram, alasannya dalam proses produksinya menggunakan bahan nonhalal. Namun penggunaannya pada dikala ini dibolehkan sebab ada keadaan keterpaksaan (dlarurat syar’iyyah), dan sampai ketika ini belum ditemukan vaksin MR yang halal dan suci, ada keterangan dari ahli yang kompeten dan diandalkan tentang bahaya yang ditimbulkan akhir tidak diimunisasi dan belum adanya vaksin yang halal,” demikian suara ketentuan aturan dalam aliran MUI tersebut.

banner 336x280

Namun diperbolehkannya penggunaan vaksin MR tersebut tidak berlaku atau gugur, kalau ditemukan adanya vaksin yang halal dan suci. Walaupun demikian, MUI tetap meminta pemerintah untuk menjamin ketersediaan vaksin halal untuk kepentingan imunisasi bagi masyarakat.

Produsen vaskin juga diharuskan mengupayakan buatan vaksin yang halal, dan mensertifikasi halal produk vaksin sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

MUI juga meminta pemerintah biar menimbulkan pendapatkeagamaan sebagai panduan dalam imunisasi dan pengobatan. Pemerintah hendaknya juga mengupayakan secara optimal melalui Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan negara-negara berpenduduk muslim semoga memerhatikan kepentingan umat Islam dalam hal kebutuhan akan obat-obatan dan vaksin yang suci dan halal.

Sumber

banner 336x280
Baca juga:  Berita Terbaru: Ini Alasan Hacker Rampok Rp 8,7 T Uang Kripto - LAGIKEPO
banner 120x600
  • Share