Unsur Konstitutif Dan Deklaratif Terbentuknya Suatu Negara

Diposting pada
Unsur Konstitutif dan Deklaratif Terbentuknya Suatu Negara | Suatu negara sanggup bangkit tegak dan melaksanakan tujuannya apabila negara tersebut telah memenuhi syarat yang telah ditentukan.
Syarat-syarat berdirinya suatu negara ialah harus memenuhi unsur konstitutif dan deklaratif. Unsur Konstitutif berarti bahwa dalam suatu negara haruslah mempunyai unsur rakyat, wilayah, dan pemerintahan yang berdaulat. Sedangkan Unsur Deklaratif berarti bahwa dalam rangka memenuhi unsur tata aturan pergaulan internasional yang bersifat formalitas suatu negara haruslah memperoleh akreditasi dari negara lain. Sifat formalitas disini ditunjukan oleh adanya tujuan negara, undang-undang dasar, dan arti strategis untuk membina korelasi kerja sama, rasa penghormatan dan akreditasi kedaulatan dari negara lain.

Berikut akan kita uraikan unsur-unsur konstitutif dan deklaratif dalam suatu negara. Unsur konstitutif suatu negara antara lain:

Ilustrasi : shnews.co

1. Rakyat
Unsur terpenting suatu negara ialah rakyat, lantaran rakyatlah yang pertama kali mempunyai harapan dan kehendak untuk membentuk negara. Kemudian rakyat ini pulalah yang merencanakan, merintis, mengendalikan dan menyelenggarakan pemerintahan negara. Rakyat ialah semua orang yang berada dan berdiam dalam suatu negara atau menjadi penghuni negara yang tunduk dan patuh pada kekuasaan negaranya.

2. Wilayah
Wilayah suatu negara merupakan daerah berlindung bagi rakyat yang sekaligus menjadi daerah bagi pemerintah untuk mengelola dan menyelenggarakan pemerintahan.

3. Pemerintah yang Berdaulat
Pemerintahan merupakan alat kelengkapan pemerintah yang melaksanakan fungsi negara. Pemerintah berdaulat dijadikan sebagai organ dan fungsi yang melaksanakan tugas-tugas penting dalam negara. Kekuasaan yang dimiliki oleh pemerintah mempunyai kekuatan yang mengikat ke dalam dan keluar. Kekuasaan ke dalam berarti kekuasaan pemerintah itu diakui dan berwibawa terhadap rakyatnya. Kedaulatan atau kekuasaan keluar berarti pemerintah negara tersebut mempunyai kekuasaan yang bebas tidak terikat dan tidak memihak serta tunduk pada kekuasaan lain, serta ketentuan yang ada dalam negaranya. Dengan demikian, terdapat perilaku saling menghormati kekuasaan negara satu dengan negara lain, tanpa turut campur dalam urusan dalam negeri dan negara lain.

Sedangkan unsur deklaratif suatu negara yaitu memperoleh akreditasi dari negara lain. Hal ini sangat dibutuhkan sebagai suatu pernyataan dalam tata korelasi internasional. Adanya status negara yang ingin melaksanakan korelasi diplomatik. Suatu negara membutuhkan akreditasi dari negara lain, disebabkan oleh faktor-faktor, antara lain:

  1. Adanya kekhawatiran terancamnya kelangsungan hidup negara terhadap intervensi yang tiba dari dalam maupun dari luar.
  2. Ketentuan aturan alam yang tidak sanggup dihindari bahwa suatu negara tidak sanggup bangkit sendiri, tanpa pemberian dan kolaborasi dengan negara lain.

Dengan demikian, kita sebagai bangsa dan negara yang utuh perlulah kiranya membentengi diri dengan segala potensi yang kita miliki. Hal ini termasuk peranan warga negaranya dalam menjamin keutuhan dan kelangsungan hidup bangsa dan negaranya.

[Sumber : Dewi Aniaty, Aviani Santi, dan Baryono. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan 3 Sekolah Menengah Pertama dan MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional]