Universitas Ini Kembangkan Robot Ulat Mini

Diposting pada
Robot Ulat Mini (Foto Engadget)

Robot-robot berukuran besar memang sudah tidak asing dan banyak dibentuk oleh banyak sekali perusahaan ternama dunia. Tetapi untuk robot-robot berukuran kecil hanya beberapa perusahaan yang membuatnya untuk banyak sekali kepentingan tertentu. 

Sulitnya membuat robot kecil alasannya ialah memerlukan komponen yang sama sekali berbeda dengan komponen robot berukuran besar pada umumnya. Bagian tersulit ialah untuk menggerakkan bab penggeraknya menyerupai kaki atau yang lainnya. 

Sebuah tim peneliti dari Fakultas Fisika di Universitas Warsawa, berhasil membuat micromesin berukuran hanya 15 milimeter yang hanya membutuhkan cahaya untuk sanggup menggerakannya. Microrobot tersebut terbuat dari Liquid Crystalline Elastomers (LCEs), materi akil yang berubah bentuk ketika terkena cahaya. Di bawah sumber cahaya, badan robot tersebut menyerupai bergerak menyerupai ulat yang mempunyai bentuk gelombang untuk mendorong ke depan. 
Para peneliti menyampaikan robot ulat ini sanggup memanjat lereng yang curam, menekan ke ruang sangat kecil dan mengangkat objek yang berukuran sepuluh kali ukurannya. Sebuah mesin kecil menyerupai ini yang sanggup beroperasi di lingkungan yang menantang sanggup dipakai untuk penelitian ilmiah, dan bahkan menjadi spionase kalau seseorang sanggup menemukan cara untuk melampirkan kamera atau microfon. 
Tetapi robot ini terlalu kecil untuk memasukkan banyak sekali aplikasi tertentu, peneliti ketika ini sedang berusaha mengadopsi metode untuk membuat robot yang sedikit lebih besar sehingga sanggup dipasang banyak sekali aplikasi menyerupai kamera dan microfon atau yang lainnya menyerupai dikutip dari Engadget (20/08/2019).