Unduh Rumus Kkm Bahasa Indonesia Smp Kelas 7, 8, 9 Excel

Diposting pada
KKM yaitu standar kemampuan minimal yang harus bisa dicapai oleh siswa di sekolah. Penentuan KKM harus dilakukan oleh masing-masing guru mata pelajaran dengan melihat kondisi penerima didik dan kondisi sarana pendukung di sekolah tersebut.
Berikut ini yaitu tabel penentuan Kriteria Kelulusan Minimum (KKM).
KD
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Kriteria Kelulusan
KD. 1
KD. 2
KD. 3 dst.
RATA-RATA

Keterangan:

Kompleksitas
Adalah tingkat kesulitan materi pada setiap indikator, kompetensi dasar (KD), dan standar kompetensi / Standar Isi. 
Daya Dukung
yaitu ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran sesuai dengan masing-masing indikator, kompetensi dasar, dan standar kompentensi standar isi. Daya dukung mencakup ketersediaan materi bacaan, laboratorium, sarana pembelajaran, dan penguasaan pengajar (guru) terhadap materi tersebut.
Intake
yaitu tingkat kemampuan siswa. Tingkat kemampuan siswa terhadap suatu materi pelajaran sanggup dilihat dari hasil tes yang sebelumnya dilakukan, atau melalui hasil pengamatan oleh guru. 
Masing-masing kriteria tersebut di atas dibagi menjadi tiga tingkatan. Yaitu tingkat tinggi, sedang, rendah. Ketiga tingkatan tersebut diberi isyarat angka untuk mempermudah penghitungan. Agar lebih gampang lagi, konversinya disederhanakan menjadi: tinggi bernilai 3; sedang bernilai 2; rendah bernilai 1.

Misalnya untuk materi menulis puisi menurut pengalaman. Kompleksitasnya diisi 2 alasannya yaitu cukup sulit; Daya Dukungnya diisi 3 alasannya yaitu tersedia aneka macam teladan penulisan puisi, dan terdapat laboratorium bahasa yang bisa digunakan; Intakenya diisi 3 alasannya yaitu akan diajarkan di kelas unggulan yang siswanya merupakan hasil seleksi yang ketat.
Maka konversi tersebut sanggup ditulis sebagai berikut:
KD
Kompleksitas
Daya Dukung
Intake
Kriteria Kelulusan
Menulis Puisi
2
3
3
88,8

Angka 88,8 didapat dari hasil pembagian 8 (hasil penjumlahan Kompleksitas, Daya Dukung, dan Intake) dibagi dengan sembilan (angka maksimal dari kompleksitas, daya dukung, dan intake), dikalikan 100 (nilai maksimal per KD).

Begitu seterusnya dilanjutkan sesuai dengan jumlah KD dan Indikator yang telah ditentukan sebelumnya. Selanjutnya, masing-masing Kriteria Kelulusan dari KD dijumlahkan dan dirata-rata. Dengan demikian akan ditemukan KKM yang sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.
Tampilan Tabel Rumus KKM Bahasa Indonesia Excel
     style=”display:inline-block;width:320px;height:100px”
     data-ad-client=”ca-pub-6414424360953509″
     data-ad-slot=”2668174672″>
Untuk mempermudah, sudah ada bentuk excel-nya sehingga tinggal memasukkan nilai daya dukung, intake, dan kompleksitasnya kemudaian akan otomatis muncul nilai KKM per KD dan nilai KKM keseluruhan.
Silahkan diunduh melalui google drive. Klik link berikut ini!
Semoga bermanfaat, salam Pustamun!