Ucapan Selamat Idulfitri 1438 H | Minal Aidin Wal Faizin Dan Artinya

Diposting pada

Ucapan Selamat Idul  fitri  Tahun 2019 Minal Aidin Wal Faizin dan Artinya

Lebaran menjadi momen yang sangat dinanti oleh kebanyakan orang Indonesia. Tidak hanya orang Indonesia yang muslim, yang beragama selain Islam juga sangat bahagia dikala Lebaran tiba. Kegiatan sosial keagamaan dan acara ekonomi berputar dengan sangat cepat. Mulai dari tukang parkir sampai para pengusaha memanfaatkan momen idulfitri. 
Media kovensional dan media elektronik juga dimanfaatkan untuk menyambut idulfitri. Ucapan selamat Lebaran dengan membuatkan bentuk pilihan kata dan media ada di mana-mana. Mulai dari ucapan selamat Lebaran di spanduk-spanduk di pinggir jalan raya. Yang memberi ucapan selamat pulang kampung tidak hanya forum keagamaan. Hampir semua produk, instansi baik swasta maupun forum pemerintah, juga perusahaan-perusahaan, bahkan forum agama selain Islam juga mengucapkan selamat Idulfitri.

Contoh Desain Ucapan Selamat Lebaran yang Sederhana, Sekarang  2019 maka 1438 H.

Adapun wujud ucapan selamat idulfitri yang banyak dipakai yaitu sebagai berikut:
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI
SELAMAT LEBARAN
SELAMAT IDUL FITRI
Biasanya, penulisan forum atau instansi yang mengucapkan idulfitri diletakkan di depan, atau sekadar menjadi catatan kaki.
Contoh penulisan selamat idulfitri dengan nama forum atau instansi yang mengucapkan ada di depan yaitu sebagai berikut:
Keluarga Besar ‘Organisasi Ini’ Mengucapkan
Selamat Idul Fitri
Sementara itu, tak jarang pula ada ucapan selamat hari raya idulfitri yang nama pengucapnya ditulis di belakang. Atau hanya logo yang forum yang mengucapkan
Penulisan lain biasanya disertai dengan goresan pena 1 Syawal 1437 H (Tahun Hijriyah yang bertepatan dengan tahun 2019 ini). Penulisan 1 Syawal dipilih alasannya penentuan hari raya Lebaran ditentukan oleh sidang isbat yang dilakukan pada sehari sebelumnya. Jika ditulis tanggal tahun masehinya, ditakutkan tidak sama dengan penetapan yang dilakukan menurut sidang isbat.
Kata-kata yang juga sering dipakai dalam ucapan selamat idulfitri yaitu ‘Mohon Maaf Lahir Batin’. Ada pula kata-kata yang lebih panjang, yaitu adanya kata ‘Minal Aidin Walfaizin’ meskipun sebagian orang tidak mengerti arti susunan kata tersebut. Atau ada pula yang salah memahami kata Minal Aidin Wal Faizin dalam bahasa Indonesia berarti Mohon Maaf Lahir dan Batin. 
Ucapan Minal Aidin Wal Faizin merupakan potongan terakhir dari ucapan yang berbunyi lengkap sebagai berikut: taqabbalallahu minna waminkum waja’alna minal aidina wal faizin. Merupakan ungkapan dalam bahasa Arab. Pada dasarnya itu yaitu doa yang diucapkan oleh sesama muslim untuk saudara-saudaranya yang sedang berlebaran atau merayakan hari raya idulfitri.
Adapun doa tersebut bila ditulis dalam bahasa arab yaitu sebagai berikut:
تقبل الله من ومنكم وجعلنا من العائدين والفائزين
Arti Doa Idulfitri:
supaya Allah mendapatkan (puasa) kita dan mengakibatkan kita kembali (dalam keadaan suci) dan termasuk orang-orang yang mendapatkan kemenangan. 
Penulisan rujukan ucapan-ucapan di atas yaitu ucapan yang biasa digunakan. Ucapan yang terlalu umum dipakai di hampir semua media pengucapan. Baik di sms maupun whatsapp ataupun dipakai sebagai DP BBM. Bedanya, biasanya yang dipakai dalam SMS maupun pesan siar (broadcast) BBM lebih panjang dan di bab selesai diberi nama pengirim. Misalnya Muntijo, juga ditambah dengan sekeluarga sebelum kata mohon maaf lahir dan batin.
Ucapan-ucapan berikut ini menjadi alternatif ucapan selamat idulfitri yang sanggup dipakai di spanduk maupun banner ataupun media lain sehingga tidak monoton dan itu-itu saja.
Selamat Lebaran
Mari Pertahankan Semangat Ramadan

BACA JUGA: Arti dan Asal-Usul Kata Lebaran

Selamat Idulfitri
Mari Saling Memberi Maaf dari Hati
Biasanya Penulisan SMS dan Pesan Siar (broadcast) juga terlalu monoton. Berikut ini beberapa alternatif penulisan permohonan maaf:
Ucapan Lebaran Pertama:
Fajar idulfitri telah bercahaya
khilaf dan dosa ikut menguap bersama panasnya
menjadikan kita menjadi suci
bersama maaf dari lubuk hati
Ucapan Lebaran Kedua:
Takbir telah berkumandang
Ramadan telah melambaikan selendang
Idulfitri  telah datang
Semoga kesalahan hilang
jauh tinggi terbang
bersama maaf dari saudara dan sahabat tersayang
Ucapan Lebaran Ketiga:
Ini idulfitri
Ramadan telah pergi
Diri masih belum suci
Ucapan maaf dari hati
Untuk segala sikap tak terpuji
Atau sanggup saja ucapan lain yang lebih kreatif dibanding ucapan-ucapan di atas. Demikian ulasan mengenai ucapan idulfitri yang tidak monoton dan supaya menjadi inspirasi.