Tongkat Pramuka

Diposting pada
  Tongkat dalam kehidupan insan banyak keuntungannya  Tongkat Pramuka

Tongkat dalam Kehidupan Umat Manusia

Tongkat dalam kehidupan insan banyak keuntungannya , tongkat sudah di kenal semenjak peradaban insan ada di muka bumi. Yang terpenting tongkat sanggup bermanfaat untuk insan tergantung pada niat insan itu sendiri. Tongkat pernah mendampingi Nabi Nuh AS, Nabi Musa AS, Nabi Sulaiman AS, Nabi Isa AS, Nabi Besar Ummat Islam Muhammad Saw, dan para nabi lainya. Serta hampir semua insan pernah memakai atau bekerjasama dengan tongkat.
Manfaat sang tongkat pun tergatung juga kepada pemakaian, ada yang digunakan dalam situasi gawat  darurat, PPPK, ciri kedudukan seseorang, perlengkapan upacara, atau untuk sekedar alat penambah kepercayaan diri. Tongkat darurat contohnya untuk mengambil buah jambu pada dahan yang sukar dijangkau oleh tangan, dibentuk tanda, dibentuk pikulan, dsb. Untuk kesehatan, tumpuan tongkat berukuran kecil; akupuntur refleksi, senam tongkat, dll. Tongkat juga sanggup dipergunakan untuk menggantungkan bendera, panji-panji, pataka, dwaja, sempa, dll. Tongkat yang di pergunakan untuk ciri atau kedudukan atau jabatan, tumpuan : tongkat panglima/ komandan di kalangan militer dan kepolisian, tongkat juga di pergunakan rohaniawan, sepeti paus, pendeta, dll.

Tongkat Pramuka
 

Tongkat Pramuka merupakan pelengkap yang mempunyai kegunaan bagi seorang pramuka. Tongkat merupakan pertolongan yang tidak ternilai ketika pramuka melaksanakan suatu pendakian atau pengembaraan di tempat yang banyak batu-batunya dan ketika berjalan di malam hari.Selain sebagai kelengkapan bagi seorang pramuka, tongkat mempunyai banyak kegunaan (multiguna), dan tongkat merupakan suatu pujian bagi pramuka, sanggup juga disebut teman pramuka, hal ini sanggup dibuktikan dengan pemberian tongkat pada waktu pelantikan.

Tongkat pramuka merupakan  mitra bagi setiap anggota pramuka di dalam kehidupan sehari-hari baik dalam tugas, berkemah, perjalanan. Begitu pentingnya tongkat pramuka bagi seorang pramuka maka jagalah tongkatmu bagai sahabtmu. Rawat dan pergunakan dengan sebaik-baiknya, jangan hanya disimpan dalam gudang. Ajaklah beliau keluar untuk melihat dunia dan berpetualang di alam bebas, alasannya ialah disana ada banyak hal yang menanti untuk kau kenal dan kau bantu sebagai pramuka. Tak dipungkiri lagi, bahwa tongkat pramuka mempunyai arti dan kegunaannya yang banyak. 

 Makna Simbolik Tongkat Pramuka

  • Senjata Pramuka : Tongkat pramuka ialah senjata bagi pramuka, selain sebagai tempat untuk mengikatkan bendera dan tali pramuka. Pramuka yang terampil sanggup memakai tongkatnya untuk perlindungan, baik dari insan jahat maupun binatang buas. Tongkat yang bercanggah sanggup digunakan pramuka untuk menaklukkan ular, dengan menjepit kepalanya biar tidak menyerang.
  • Memory Pramuka : Kamu sanggup membuat catatan perjalanan dan kegiatan pramukamu di tongkat pramuka. Baik dengan ditulis dengan pensil maupun diukir tipis. Catatan itu akan menjadi memory perjalanan pramukamu dan suatu ketika sangat bermanfaat ketika kau ingin mengenang atau berguru dari pengalaman hidup yang telah lalu.
  • Alat pertolongan : Selain sebagai tongkat penuntun, pramuka sanggup juga digunakan untuk menarik teman yang sedang tenggelam, merangkainya menjadi alat usung, tempat duduk ketika tanah berair dan sebagainya. Kaprikornus usahakan tongkat pramukamu berasal dari kayu yang ringan tapi kuat, sehingga memudahkan ketika harus bergerak cepat.
  • Persahabatan dan Petualangan : Dengan tongkat pramuka, kau sanggup menjalin persahabatan dengan banyak pramuka. Bagaimana caranya ? Gunakan tongkat pramuka sebagai alat permainan bersama sahabat-sahabat atau bangunlah pioneering dari tongkat kau untuk membuat bangunan-bangunan yang seru. Dengan tongkat pula kau sanggup membangun tenda darurat di alam terbuka tanpa harus membawa tenda jadi. Semakin menantang tentunya.
  • Pesan Tersembunyi : Tongkat mempunyai pesan tersembunyi bagi seorang pramuka, yaitu bahwa tongkat mewakili makna pemandu atau penolong. Dari segala fungsi yang tersebut diatas kita sanggup menarik kesimpulan bahwa tongkat pramuka sangat ibarat dengan kiprah seorang pramuka, yaitu memandu, menolong dan petualang.
Kegunaan Tongkat Pramuka

Tongkat Pramuka mempunyai bermacam-macam kefunaan diantara :

  • Sebagai tiang tenda/tenda darurat (bivak).
  • Sebagai tiang bendera.
  • Sebagai tempat sepatu.
  • Sebagai alat penghalau binatang liar, contohnya untuk anjing galak.
  • Untuk menyeberangi selokan (pendek dan dangkal).
  • Sebagai tiang jemuran.
  • Untuk membuat tandu (blankar/dragbar).
  • Untuk membuat jembatan kecil.
  • Untuk memadamkan api.
  • Untuk membantu mengukur jarak, tinggi, dsb.
  • Sebagai mitra diwaktu mendaki.
  • Sebagai alat berpegang di waktu malam hari, biar tidak gampang tergelincir atau jatuh.
  • Untuk beristirahat (bisa untuk duduk/dibuat dingklik darurat).
  • Untuk kelengkapan baris berbaris.
  • Untuk alat bela diri.
  • Untuk memanjat tembok yang tinggi.
  • Untuk mengukur dalamnya suatu kolam, dsb.
Begitu banyak kegunaan TongkatPramuka, oleh alasannya ialah itu rawatlah tongkatmu dengan sebaik-baiknya, seperti saudaramu sendiri. Ukuran tongkat yang baik ialah 160 cm (agar bermanfaat jikalau digunakan untuk tandu). Tetapi berdasarkan baden-powell, tongkat itu sebaiknya setinggi hidung masing-masing pandu.
Ukuran Tongkat pramuka 

Tongkat yang baik itu biasanya terbuat dari materi yang kuat, kayu atau bamboo (lebih berpengaruh alasannya ialah kuat), dan dicat dengan warna-warna yang menarik. Tongkat juga sebaiknya diberi gejala dalam beberapa ukuran (1 meter, 50 cm, 10 cm, 5 cm dan 1 cm) yang sanggup dipergunakan untuk mengukur (membandingkan). Tongkat-tongkat juga disusun dengan pemberian tali dan ikatan untuk membuat jembatan ringan (kecil), rangka gubuk atau tiang bendera.

Ukuran tongkat pun beraneka ragam tergantun keperluan pemakaian, ada yang berukuran2 meter, 70 cm, dsb, materi sang tongkat pun beraneka ragam pula ada yang terbuat dari kayu, bambu, bhan logam, dan materi lain-lainnya. Ukuran tongkat yang baik ialah 160 cm (agar bermanfaat jikalau digunakan untuk tandu). Tetapi berdasarkan baden-powell, tongkat itu sebaiknya setinggi hidung masing-masing pandu.

Tongkat yang dipergunakan oleh seorang pramuka “biasa” berukuran 160 cm harus multifugsi sesuai dengan uraian diatas, tumpuan : tongkat pramuka harus sanggup di gunakan sebagai alat ukur, senjata terhadap ular atau anjing liar (alat pertahanan), alat kesehatan (tandu/blankar), juga sanggup untuk aksesoris.
Tongkat Pemimpin dan Anggota Regu

Tongkat yang di bawa sang pramuka tenyu harus di ketahui manfaatnya, sebagai citra aneka manfaat tongkat yang di bawa selau sang pramuka, umumnya tongkat selalu si bawa sang pramuka ada dua macam, yaitu: tongkat yang di bawa pemimpin regu dan tongkat yang di bawa para anggota regu.

Perbedaan antara keduanya ialah pada tongkat pemimpin regu terdapat : bendera regu, ring untuk mencantolkan wimple, totem (kepala tongkat), dan nama-nama anggota regu. Sedangkan pada tongkat anggota regu tidak ada.
Tongkat Pramuka seringkali biar lebih menarik jikalau dihiasi atau ditulis peristiwa-peristiwa yang berkesan baik regu maupun perorangan. Semakin banyak kreasi semakin menarik tongkat sang pramuka yang yang di bawa dan bermakna bagi yang membawanya, sang tongkat pun sanggup memakai tali yang berfungsi sebagai tempat menyandarkan tongkat yang lainya. Membawa tongkat pada waktu berjalan. Talinya sanggup mempunyai kegunaan untuk keadaan darurat. Totem atau kepala tongkat bentuknya bermacam-macam sesuai kreasi anggota regu, ada yang berbentuk bola ibarat telur, ada yang berbentuk kepala binatang regunya (sesuai nama regu).

Selamat Berlatih. Salam Pramuka.

Lihat entry/topik terkait :

Sumber: 
  • Scouting For Boys, Baden Powell
  •  ttp://www. pramukamandiri.com
  • Dan aneka macam sumber lain yang relevan  (‘aiw)