Tkk Siaga : Bidang Ketrampilan & Pembangunan

Diposting pada

Pengantar

  • Kecakapan khusus ialah kecakapan, kepandian, ketangkasan, ketrampilan dan kemampuan, perilaku dan perjuangan dalam bidang tertentu yang dimiliki oleh seorang Pramuka sebagai hasil pendidikan dan latihan serta penguiiannya.
  • Syarat Kecakapan Khusus yang disingkat SKK ialah semua syarat yang harus dipenuhi seorang Pramuka untuk memperoleh Tanda Kecakapan Khusus atau TKK tertentu sesuai dengan usia dan kemampuannya.
  • Tanda Kecakapan Khusus ialah suatu tanda yang menuniukkan kecakapan, kepandaian, ketangkasan, ketrampilam, kemampuan perilaku dan perjuangan seorang Pramuka dibidang tertentu, sesuai dengan usia dan kemampuan jasmani dan ro haninya.
  • Tujuan sistem TKK ialah untuk mendorong dan merangsang para Pramuka semoga berusaha memperoleh sejumlah kecakapan sehingga dibutuhkan sanggup mengatasi kesulitan dan bisa untuk membaktikan dirinya kepada masyarakat. Sistem ini juga merupakan salah satu perjuangan untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka. Sementara sasarannya semoga setiap Pramuka mempunyai pengetahuan, kecakapan dan kemampuan sehingga sanggup menjadikan rasa besar hati mempunyai tanda kecakapan tersebut.

Macam dan Bidang Kecakapan Khusus

  • Agak berlainan dengan TKU yang hanya terbatas pada 3 tingkat atau 3 macam, maka dalam TKK tidak dibatasi jumlahnya. Hal itu tergantung kepada keadaan, kemampuan dan keperluan masyarakat setempat serta keadaan, kemampuan, keperluan, sifat minat dan talenta penerima didik. Meskipun tidak dibatasi dalam jumlahnya, tetapi digolongkan dalam 5 bidang yaitu: Pertama bidang agama, mental, moral, spiritual, pembentukan eksklusif dan watak, kedua bidang patriotime dan seni budaya, ketiga bidang ketrampilan dan teknik pembangunan, ke empat bidang ketangkasan dan kelima bidang social perikemanusiaan, gotong-royong, ketertiban m asyarakat, perdamaian dunia dan lingkungan hidup.
  • Untuk Pramuka Siaga hanya diadakan dalam satu tingkat, sebab hanya dipergunakan sebagai perangsang dan menarik perhatian atau minat anak ajar untuk berusaha mempelaiari kecakapan tersebut. Bentuknya segitiga, berukuran panjang 3 cm dan tinggi 2 cm, dengan puncak di bawah.

Jenis SKK & TKK Siaga Bidang Ketrampilan & Pembangunan

SKK Peternak Ulat Sutra
Harus sanggup menanam sedikitnya 5 pohon besaran (murbei) dari stek hingga menjadi flora yang berumur 2 bulan. Dapat memberi makan kepada sedikitnya 100 ulat sutera dari gres menetas keluar dari telur hingga waktu menciptakan kokon

SKK Peternak Kelinci
Harus clapat menciptakan sangkar kelinci yang sederhana. Dapat memelihara sedikitnya seekor kelinci betina.

SKK Peternak Lebah
Harus sanggup mengenal 3 anggota keluarga lebah madu. Dapat mengenal flora pangan lebah madu. Dapat mengenal manfaat hasil lebah madu dan telah membantu memelihara satu keluarga lebah madu selama sedikitnya 2 bulan.

SKK Juru Kebun

Harus sanggup mengenal sedikitnya 2 jenis flora buah-buahan dan 2 jenis tanarnan sayur-sayuran. Dapat memakai pupuk kompos dan telah menanam dan memelihara sedikitnya satu jenis flora hias, flora dan memelihara sedikitnya satu jenis flora hias, flora buah-buahan, flora sayur-sayuran, hingga berbunga, hingga panen atau sedikitnya selama 3 bulan.

SKK Penenun
Harus pernah melihat beberapa macam alat tenun dan tau kegunaannya. Dapat menjalankan ATBM (alat tenun bukan mesin)dan menghasllkan sedikitnya kain blaco 2 meter.

 SKK Juru Bambu

Harus sanggup menciptakan sedikitnya 2 macam hasta karya sederhana, contohnya tabung pensil, jambang bunga/vaas, tempat aburokok dllnya. Tahu macam-macam bambu yang ada disekitarnya dan gunanya, contohnya bambu petung, bambu apus, bambu gendani (dapat untuk pagar hidup). Dapat mengikat dengan tali tutus dari bambu.

SKK Juru Anyam

Harus sanggup menciptakan sedikitnya 3 macam barang anyaman sederhana, contohnya cara menciptakan ketupat, tempat tembakau (slepen: Jawa), keranjang kecil, mainan anak-anak, bleketepe (anyaman daun kelapa atau atap) dan sebagainya dari daun kelapa, merang, jerami, rumput pandan, dan sebagainya. Tahu tempat didapatnya bahan-bahan tersebut dan cara menyiapkan untuk dikerjakannya.
 


SKK Juru Kayu

Harus sanggup memakai gergaji, palu dan pahat. Dapat menciptakan barang-barang dari kayu (bekas peti, dll), contohnya menciptakan kotak kapur, tempat sikat gergaji, tempat surat kabar, sangkar merpati dan sebagainya. Mengenal jenis-jenis kayu yang ada disekitarnya.

SKK Juru Logam

Harus sanggup memelihara alat-alat dari logam supaya tidak gampang berkarat atau bocor. Dapat membersihkan alat-alat dari logam, contohnya dari kuningan, alumunium, tembaga dan sebagainya. Dapat memakai barang-barang bekas dari kaleng dll untuk mainan atau keperluan rumah tangga, contohnya kaleng susu, kaleng mentega untuk bejana kecil, dan sebagainya.

 SKK Juru Kulit

Harus tahu cara dan depat memakai bahan-bahan untuk pemeliharaan barang-barang dari kulit dan pemeliharaan barang-barang itu sendiri, contohnya tas, sepatu dan lain-lain. Tahu jenis-jenis, tanda-tanda, kualitas dan penggunaan macam-macam kulit. Dapat melaksanakan pekeriaan-pekerjaan ringan tukang kulit, contohnya menggambarkan contoh di kulit, mengelem, menciptakan lubang tali dan sebagainya.

Penjilid Buku

Harus sanggup menyusun kertas dan membuatnya menjadi bloknote, atau menjehitnya menjadi buku catatan kecil (notes). Dapat menyusun kertas tebal dan tipis/tembus cahaya menciptakan kulit luar dan menjilidnya menjadi sebuah album foto sederhana. Tahu nama-nama dan mengenal jenis-jenis kertas.  

 SKK Juru Potret

Harus tahu nama/merek ASA/DIN, jumlah eksemplar dan batas laris dari beberapa ienis fitm dan sanggup memasang film di alat pemotret. Dapat mengatur/memasang foto-foto dalam album, dan sanggup menjelaskan alasannya ia mengatur demikian. Dapat memotret dengain film hitam putih dari keadaan perkemahan atau bangun-bangunan.

 SKK Penangkap Ikan

Harus sanggup memakai salah satu alat penangkap ikan, contohnya kail, seser (tampi, saringan) bubu dan sebagainya. Dapat mencari umpan dan tahu umpan untuk jenis ikan masing-masin. Dapat memperlihatkan hasil penangkapan ikan olehnya. Dapat menciptakan petampung kail.

  
SKK Peternak ltik/Angsa/Mentok, dsb

Harus telah memelihara itik sebanyak 10 ekor atau lebih selama sedikitnya 2 bulan. Dapat memperlihatkan perjuangan pemeliharaan itik, contohnya donasi masakan dan kebersihan kandangnya.

 SKK Peternak Ayam

Harus telah memelihara ayam sebanyak 5 ekor atau lebih, selama sedikirhya 2 bulan. Telah memperlihatkan perjuangan pemeliharaan ayam, contohnya donasi masakan dan kebersihan kandangnya.

  

 
SKK Pemelihara Ternak

Harus telah memelihara ternak (sapi, kerbau, domba, babi, dsb)sebanyak 2 ekor atau lebih, selama sedikitnya 2 bulan. Dapat danrajin menggembala ternakny4 dan memandikannya. Telahmenunjukkan usahanya untuk pemeliharaan kebersihan kandang-nya.    

 SKK Pemelihara Merpati

Harus telah memelihara 4 ekor atau lebih, selama sedikitnya 2bulan. Tahu cara mengatur dan memperlihatkan masakan kepada merpati. Tahu cara dan sanggup menangkap, memegang dan mengibaskan sayap burung merpati.  

 SKK Pengumpul

Harus sedikitnya sclama 3 bulan telah menciptakan kumpulan salah satu benda, contohnya : perangko, kartupos bergambar, etikat, kotak korek api, daun-daunan, biji-bijian, dan sebagainya. Telah menyusun kumpulannya dengan rapih menuliskan nama barang itu dan sekedar keterangannya. Mempunyai pengetahuan sekedarnya perihal barang-barang kumpulannya.

SKK Menjahit

Harus sanggup menciptakan sapu tangan atau ganjal meja (taplak) dengan tangan/mesin jahit. Dapat memasang kancing (membuat lubang kancing). Dapat menciptakan tanda barung dari kain dan meniahit tanda barungnya di kain bajunya. Dapat menciptakan pakaian untuk boneka, menciptakan mainan (boneka atau lainnya) dari kain. Membuat pakaian dalam untuk sendiri. Membuat pakaian bayi (popok, gurita, baju dan lain-lainnya). 

SKK Pengendara Sepeda

Harus mempunyai dan telah memelihara dengan baik suatu sepeda sehingga sanggup dipakai sewaktu-waktu tanpa mengalami kesulitan, sedikitnya selama 3 bulan. Mengerti nama, guna dan pentingnya bagian-bagian pokok suatu sepeda. Pernah bersepeda sedikitnya seiauh 12 km untuk putera, 10 km untuk puteri. Mengerti peraturan dan gejala kemudian lintas yang banyak dipergunakan di jalan-ialan di daerahnya.

 SKK Juru Masak

Harus sanggup memasak dan menyiapkan air minum. Bersama seorang temannya sanggup menciptakan masakan basuh mulut, dengan bahan-bahan yang gampang didapat contohnya ubi, singkong, pisang, terigu atau lainnya. Membuat suatu jenis lauk-pauk sederhana digoreng/direbus/dibakar. Mengetahui apa yang dimaksud dengan hidangan 4 sehat 5 sempurna. 

SKK Cinta Dirgantara

Harus tahu nama-nama belahan pokok pesawat terbang. Mengenal type pesawat terbang paling sedikit 3 pesawat. Pernah mengunjungi suatu lapangan terbang di negara kita dan menciptakan catatan apa-apa yang dilihatnya. Dapat menciptakan pesawat terbang dari kertas paling sedikit 2 pesawat dan sanggup terbang dengan baik.

 SKK Pembuat Pesawat Model

Harus sanggup menciptakan pesawat kertas paling sedikit 5 macam dan bisa terbang dengan baik. Dapat menyebutkan bagian-bagian pokok pesawat terbang sanggup menciptakan pesawat yang sanggup meluncur (chuck glider) yang sanggup terbang minimum 10 detik. Dapat menyebutkan bidang-bidang kemudi dari pesawat model.

 SKK Pengenal Cuaca

Harus mempunyai catatan harian perihal temperatur, hujan, angin, keadaan awan/macam yang penting. Mengenal dan sanggup memperlihatkan atau menggambarkan paling sedikit 2 macam awan. Dapat membaca barometer dan tahu gejala hari akan huian.

 SKK Konstruksi Pesawat Udara

Harus sanggup menyebutkan bagian-bagian pokok pesawat terbang. Dapat menyebutkan kegunaan dari bagian-bagian itu. Dapat menyebutkan kegunaan dari bagian-bagian itu. Dapat menyebutkan bidang-bidang kemudi pesawat terbang dan kegunaannya. Dapat menggambar pesawat terbang dengan sederhana. 

 SKK Juru Motor Pesawat Terbang

Harus sanggup membedakan pesawat yang memakai jet engine dan piston engine. Dapat menghitung jumlah engine yang dipasang pada satu pesawat jiika diperlihatkan gambar atau pesawatnya. Dapat menyebutkan tipe pesawat yang memakai engine dipasang di tubuh dan dipasang di sayapnya paling sedikit 2 pesawat. Dapat menyebutkan paling sedlkit 5 pesawat yang memakai jet engine dan piston engine.

SKK Petani Padi

Harus tahu dan mengerti bercocok tanam padi secara sederhana. Tahu dan mengenal sedikitnya 2 jenis padi (lokal/unggul), 2 macam pupuk (buatan/alam), 2 jenis hama/penyakit padi, 2 jenis alat pengolah tanah. Sudah pernah sedikitnya 2 kali bekerja membantu bercocok tanam padi.

SKK Juru Peta

Harus sanggup memakai kompas atau alat lain untuk mencari 4 arah kiblat (Timur, Selatan, Barat, Utara). Dapat memperlihatkan beberapa tempat penting di tempat sekitar tempat tinggalnya, contohnya pasar, bengkel sepeda, rumah dokter, rumah sakit/puskesmas, tempat tinggal Ketua RT/RW/Lurah dan sebagainya

SKK Juru lsyarat Bendera

Harus mengenal benar arahan Morse dan Semaphore. Dapat mengirim sedikitnya 10 aksara arahan Morse atau Semaphore. Dapat mendapatkan arahan dengan bendera aksara yang telah diketahui tersebut di atas.

SKK Pelaut

Harus sanggup berenang/menggunakan alat keselamatan (pengapung). Tahu waktu-waktu pasang surut dan perubahan angin. Dapat mengetahui bagian-bagian pokok bahtera layar/kapal laut. Mengetahui dan sanggup memakai beberapa simpul tali-menali.   

SKK Pengenal Pesawat Terbang

Harus sanggup menyebutkan beberapa banyaknya motor yang ada pada pesawat, bila kepadanya diperlihatkan gambar. Dapat menyebutkan bagian-bagian pokok pesawat terbang. Dapat membedakan pesawat bermotor dengan memakai motor piston dan motor jet. Dapat menjelaskan aksara pengenal pada pesawat paling sedikit dari 5 negara. 
Selamat Memandu. Salam Siaga.
Membahagiakan Siaga, Membahagian Indonesia.

Lihat entri/topik terkait
Tanda Kecakapan Pramuka SiagaCara Menilai & Menguji Kecakapan Pramuka Siaga.