Tips Mengambil Gambar Video Memakai Smartphone

Diposting pada
Cara memegang smartphone dikala pengambilan gambar video

Mengambil video dengan camcorder atau handycam sekarang sudah jarang dilakukan terutama bagi mereka yang sudah mempunyai smartphone. Kini banyak orang yang hanya dengan mengusapkan jari pada layar smartphone sudah bisa pribadi mengambil video secara cepat dan jadinya yang sangat mengagumkan dengan kemampuan rekam video 4K. 

Sebagai pemula yang hobi dengan sinematografi, tentu tidak bisa pribadi menghasilkan video dengan hasil yang sempurna, tetapi harus melalui serangkaian ujicoba untuk mendapat hasil yang terbaik. Selain itu kita juga bisa berguru dari orang lain melalui tips-tipsnya yang bermanfaat. 

Berikut tips mengambil gambar video memakai smartphone : 

  1. Mengambil gambar dengan cara horisontal, bukan secara vertikal atau tegak. Jika Anda ingin orang lain bisa menonton video Anda dalam ukuran penuh pada monitor atau layar televisi, maka cara terbaik yaitu dengan cara merekam video secara horisontal atau menyamping bukan vertikal atau tegak. 
  2. Tangan harus stabil. Cara memegang smartphone pada dikala mengambil video sangat penting. Smartphone Anda yang kecil dan ringan harus stabil dikala mengambil video. Caranya yaitu dengan memakai kedua tangan, dan mengunci siku Anda ke perut Anda untuk menjaga stabilitas dari kamera smartphone. Sehingga video yang diambil tidak bergetar dan jadinya mengagumkan. Jangan sekali-kali mengambil video dengan tangan satu, lantaran jadinya akan goyang. 
  3. Gunakan komposisi klasik. Untuk menghasilkan hasil video yang bagus, maka harus memakai hukum komposisi yang dirancang untuk menarik mata pemirsa ke bab tertentu dari tempat kejadian. Beberapa smartphone memungkinkannya dengan mengatur pada aplikasi kamera. Sekarang Anda tidak akan kesulitan dikala mengambil video bahkan Anda bisa mengaturnya secara otomatis. 
  4. Mengatur cahaya. Cahaya bisa menjadi teman bisa juga menjadi musuh dikala pengambilan gambar video. Jika Anda ingin merekam video lebih baik, Anda perlu mengetahui cara kerja cahaya yang tersedia dikala mengambil gambar. Ketika berada di luar rumah, cobalah untuk mengambil gambar video secara merata tanpa ada bayangan atau cahaya matahari yang tidak merata lantaran jadinya kurang baik. Jika beberapa bab dari tempat pengambilan gambar yang terlalu terperinci atau terlalu gelap, biasakan mengubah posisi Anda dan menemukan sudut yang lain yang memungkinkan Anda untuk tetap mencapai hasil yang menawan. 
  5. Mencampur. Meskipun video terdiri dari satu klip tetapi bisa mengatakan apa yang Anda inginkan, video yang diambil bisa terdiri dari banyak klip pendek. Oleh lantaran itu Anda bisa mengambil gambar sebanyak mungkin biar video yang diambil lebih banyak variasi dan sanggup menangkapnya dari banyak sekali sudut. 
  6. Mengatur Exposure dan fokus ecara manual. Tidak semua aplikasi smartphone melaksanakan hal ini, tetapi Anda mencoba menekan dan menahan di atas layar untuk mengaktifkan fungsi AE / AF Lock. Dengan smartphone, yang paling penting yaitu AE (Auto Exposure) Lock lantaran Anda tidak ingin smartphone terus berubah-ubah eksposurnya dikala Anda sedang syuting. Makara coba mengunci eksposur pada kawasan yang memberi Anda eksposur yang baik untuk seluruh adegan. 
  7. Merekam audio yang baik. Audio yang jelek sanggup merusak bab besar dari video, dan hanya lantaran smartphone Anda sanggup merekam sulih bunyi yang layak dalam lingkungan yang tak terkendali. Jika Anda ingin videonya ada bunyi seseorang yang berbicara, pastikan mereka bisa mendengarkan video tersebut. 
  8. Gunakan Aksesoris smartphone. Ada beberapa aksesoris yang fantastis di luar sana yang sanggup mengubah ponsel Anda menjadi mesin pembuat video. Anda bisa memakai tripod smartphone atau stabilizer untuk bisa menghasilkan video dengan kualitas yang baik. 
  9. Mengetahui kemampuan smartphone. Jika Anda ingin merekam video lebih baik dengan memakai smartphone, sehingga sebelum Anda mulai menembak, itu baik untuk mengetahui apa keterbatasan yang. Periksa jumlah memori yang tersedia dan daya tahan baterai, lantaran Anda tidak mempunyai memori card. Smartphone yang tidak mempunyai lensa zoom, dan fitur zoom digital akan mengurangi kualitas gambar, sehingga tujuan untuk menemukan posisi di mana Anda cukup erat untuk subjek Anda untuk mengisi frame. 
  10. Edit dan Share Video. Jika Anda sudah mengambil gambar video melalui smartphone pengguna bisa mencari perangkat lunak untuk editing video. Selain mengedit video banyak pula yang membagikan videonya dan ditonton oleh orang banyak.