Tiga Kata Yang Menyelamatkan Insan Di Dunia

Diposting pada

Tiga Kata yang Menyelamatkan Manusia di Dunia

Tulisan ini terinspirasi dari status twitter alias ocehan  salah satu teman yang sudah usang kenal. Dia menyebutkan tiga kata yang sanggup menyelamatkan insan di dunia yaitu maaf, tolong, dan terima kasih.
Maaf  dalam kamus mempunyai tiga makna yaitu:

1 pembebasan seseorang dari eksekusi (tuntutan, denda, dan sebagainya) alasannya yaitu suatu kesalahan; ampun; makna yang kedua,  2 ungkapan undangan ampun atau penyesalan: contoh : Maaf, aku tiba terlambat; makna yang ketiga 3 ungkapan undangan izin untuk melaksanakan sesuatu.

Jika ada orang yang salah, maka diberi maaf ia niscaya akan selamat. Sebaliknya, jikalau merasa punya salah maka segera meminta maaf maka akan sanggup meredakan duduk kasus meskipun tidak serta merta duduk kasus tersebut akan terselesaikan. Minimal sudah mereda.
Tolong bermakna permohonan dukungan kepada orang lain. Jika memakai kata tolong, itu bentuk perendahan diri kita kepada orang lain. Sebenarnya, kata tolong merupakan bab dari perintah. Tetapi bentuk perintah yang sangat halus. Dengan memakai kata tolong orang yang dimintai dukungan tidak akan merasa direndahkan. Justru akan merasa terhormat alasannya yaitu sanggup membantu orang lain.
Terima Kasih adalah bentuk ungkapan rasa syukur. Rasa syukur terhadap orang yang telah berbuat sesuatu kepada kita. Jika perbuatan itu baik, maka pantaslah diberi ucapan terima kasih. Jikapun tindakan orang lain merupaka tindakan yang tidak baik dan menjahati kita, sanggup juga diberi ucapan terima kasih. Berterima kasih telah menguji kesabaran. Jika ada orang lain menghardik kita misalnya, kita ucapkan saja terima kasih telah diingatkan tentu itu akan menjadi ucapan penenang. Tentu duduk kasus tidak akan bertambah.
Ketiga kata tersebut juga sanggup menyelamatkan insan di alam abadi juga. Jika kita berdoa (minta tolong) kepada Tuhan. Memohon maaf kepada Tuhan (dalam Islam: beristigfar), serta bersyukur (berterima kasih) kepada Tuhan. Kalau Tuhan sudah memperlihatkan maaf apa yang tidak?
Semoga goresan pena ini bermanfaat, silahkan berikan jawaban melalui komentar. Jangan lupa juga dibagikan ya…

Salam Pustamun!