Tanda-Tanda Jejak

Diposting pada

Pengantar

Tanda jejak digunakan sebagai salah satu bahan dalam sebuah permainan besar (wide game). Wide game yakni permainan penjelajahan di alam terbuka dalam bentuk mencari jejak (orienteenering) dengan memakai gejala jejak, menciptakan peta, mencatat banyak sekali situasi dan dibagi dalam pos-pos. Setiap pos berisi kiprah atau acara menuntaskan soal baik dengan menggunakan  morse, semaphore, sandi, tali temali, PPPK maupun banyak sekali jenis acara lainnya.
Tanda jejak juga sanggup digunakan dalam sebuah acara pengembaraan, penjelajahan, hiking, mendaki gunung, dan banyak sekali jenis acara di alam bebas lainnya. Tanda jejak  yakni tanda untuk memperlihatkan sesuatu, apakah itu arah, jalan atau bahkan hal-hal lain wacana peristiwa/kejadian. Dalam ke permukaan tanda jejak selalu bersifat rahasia. Untuk menciptakan tanda jejak, sanggup digunakan batu, kayu, ranting, goresan, rumput dan benda-benda lain-lain benda yang sanggup dijadikan sebagan tanda.

Sebagai alat pendidikan penguasaan terhadap gejala jejak sanggup digunakan untuk menumbuhkan kreativitas, tanggungjawab terhadap sesama, ketelitian dalam bertindak, kejujuran dalam memperlihatkan informasi, kerjasama regu, kewaspadaan, cinta alam dan sanggup memanfaatkan sumberdaya/kekayaan alam dengan penuh tanggungjawab.

Tanda-tanda Jejak yang Menunjukan Arah 

Tanda-tanda Jejak yang Menunjukan Situasi/Keadaan tertentu


Selamat Mengembara. Salam Pramuka