Tanda Jabatan Majelis Pembimbing

Diposting pada

Tanda Jabatan Majelis Pembimbing untuk semua jajaran Gerakan Pramuka dari tingkat nasional hingga gugusdepan dibentuk dari logam, berbentuk segi sepuluh beraturan, bergaris tengah 4,5 cm, cembung dengan sinar-sinar yang memancar dari pusatnya, membentuk bintang bersudut sepuluh, berawarna emas.

Dasar bundar tunas kelapa di tengah, diberi warna sebagai berikut :

  • Mabinas     :   kuning emas
  • Mabida      :   merah
  • Mabicab    :   hijau
  • Mabiran     :   coklat tua
  • Mabisa      :   ungu
  • Mabigus    :   biru

Tanda Majelis Pembimbing sanggup dibentuk dari kain, berbentuk bujur sangkar, dengan panjang sisi masing-masing 5 cm, berwarna dasar coklat tua, ukuran, bentuk dan warna sama ibarat bentuk logam di atas.

Makna kiasan Tanda Majelis Pembimbing berbentuk segi 10 beraturan dengan sinar memancar dari sentra bundar keluar, 10 buah sinar besar menopang 10 segi beraturan tersebut. Sinar tersebut memancar dari tunas kelapa yang dilingkari 61 butir butir pada yang bernas. Semuanya mengiaskan bahwa anggota Majelis Pembimbing ialah Anggota Gerakan Pramuka yang memiliki kewajiban memperlihatkan proteksi (10 sinar pendukung) kepada seluruh jajaran Gerakan Pramuka di daerahnya untuk mengelola Gerakan Pramuka yang didirikan tahun 1961 (61 butir padi melingkar) dalam rangka menyebarluaskan jiwa Pramuka (tunas kelapa) dan mengamalkan dasar darma (segi 10 beraturan).

Sumber :
Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No. 202 tahun 1988
Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Jabatan Gerakan Pramuka

Tanda Jabatan Majelis Pembimbing untuk semua jajaran Gerakan Pramuka dari tingkat nasional Tanda Jabatan Majelis Pembimbing Print this page