Tanda Dewan Ambalan/Racana Dan Dewan Kerja

Diposting pada

Tanda Pengurus Dewan Ambalan berbentuk lencana dengan 10 roda gigi dan dua buah tunas kelapa berpasangan di dalam roda gigi tersebut, yang menyangga sebuah bintang bersudut lima, dengan :

  • Garis tengah bulat luar lencana         :    4,5 cm
  • Garis tengah terluar roda gigi                  :    3,5 cm
  • Garis tengah terdalam roda gigi              :    2,9 cm
  • Garis tengah bintang bersudut lima         :    0,6 cm
  • Warna dasar bulat dalam                 :    biru tua
  • Warna roda gigi, bintang dan tunas kelapa    :    kuning emas   

Lencana dari kain berbentuk belah ketupat dengan panjang sisi masing-masing 5 cm, berwarna dasar biru
tua. Pada beah ketupat ini terdapat gambar roda gigi dengan 10 buah gigi, dan dua buah tunas kelapa berpasangan di dalam roda gigi tersebut yang menyanggak sebuah bintang bersudut lima dengan  gigi dan tunas kela berwarna kuning.

Untuk Pengurus Dewan Racana Pandega lencana dari logam atau lencana dari kain spesifikasinya sama dengan lencana dari logam atau lencana dari kain Dewan Ambalan, hanya saja warna dasarnya ungun.

Tanda Pengurus Dewan Ambalan/Racana berbentuk roda gigi dengan 10 buah gigi, serta bintang bersudut lima, memberi arti kiasan  bahwa Pengurus Dewan Ambalan/Racana bertugas menggerakkan para Pramuka Penegak/Pandega putra dan putri (dua buah tunas kelapa berpasangan) untuk mencapai tujuan Gerakan Pramuka dengan pengamalan dasa darma.

Tanda Dewan Kerja Penegak Pandegadari logam berbentuk roda kemudi dengan 10 pegangan. Di dalam roda kemudi terdapat dua buah tunas kelapa berpasangan menyangga sebuah bintang bersudut lima .

  • Garis tengah bulat luar lencana         :    4,5 cm
  • Garis tengah terluar roda gigi                  :    3,5 cm
  • Garis tengah terdalam roda gigi              :    2,9 cm
  • Garis tengah bintang bersudut lima         :    0,6 cm
  • Warna dasar bulat dalam                :    biru tua
  • Warna roda gigi, bintang dan tunas kelapa    :    kuning emas   

Warna dasar bulat dalam : coklat renta untuk Dewan Kerja Ranting (DKD), hijau untuk DKC, merah untuk DKD dan Kuning untuk DKN. Warna rodak kemudi, tunas kelapa dan bintang : kuning emas.

Lencana dari kain,berbentuk belah ketupat dengan panjang sisi masing-masing 5 cm, dengan warna dasar lingkaran  sesuai dengan yang dijelaskan di atas dan warna roda kemudi, tunas kelapa dan bintang : kuning.

Tanda Pengurus Dewan Kerja Penegak dan Pandega berbentuk roda kemudi dengan 10 pegangan, memberi arti kiasan bahwa Pengurus Dewan Kerja Penegak dan Pandega bertugas mengemudikan roda organisasi Pramuka Penegak dan Pandega Putra dan Puteri (dua buah tunas kelapa berpasangan) supaya sanggup mencapai tujuan Gerakan Pramuka dengan pengamalan dasa darma.

Sumber :
Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No.  202 Tahun 1988
Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Jabatan Gerakan Pramuka

 Tanda Pengurus Dewan Ambalan berbentuk lencana dengan  Tanda Dewan Ambalan/Racana dan Dewan Kerja Print this page