banner 728x250

Tak Butuh Modal Besar, Ini 11 Ide Bisnis Rumahan – Keuangan – lagikepo.com – LAGIKEPO

  • Share
Tak Butuh Modal Besar, Ini 11 Ide Bisnis Rumahan - Keuangan Katadata.co.id
banner 468x60



LAGIKEPO |

Di masa pandemi, ide-ide bisnis rumahan dengan modal kecil semakin dicari. Beberapa bisnis jenis ini perlahan berkembang dan menarik minat para calon pebisnis lainnya. Terlebih, beberapa kebijakan yang membatasi mobilitas masyarakat, peluang menjalankan bisnis rumahan semakin terbuka.

banner 336x280

Namun, seperti bisnis pada umumnya, membangun usaha rumahan juga memerlukan strategi dan perencanaan yang matang dan akurat. Riset pasar diperlukan untuk dapat menjangkau dan mempertahankan pelanggan. Eskalasi bisnis rumahan juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, seperti media sosial sebagai media promosi.

Berikut Katadata rangkum 11 ide bisnis rumahan:

1. Jualan online

Jualan online masih bertahan meski dilanda pandemi Covid-19.  Sebagian besar orang memilih berbelanjan online karena lebih praktis serta pilihan produk dan harga yang beragam.

Untuk berjualan online, Anda bisa menjual berbagai hal, mulai dari baju, aksesoris handphone, kue, cemilan, spare part, dan masih banyak lagi. Selain itu, Anda bisa menjadi mitra dari beberapa marketplace yang telah berjalan.

Berjualan online juga bisa dilakukan dengan menjadi dropship melibatkan pihak ketiga (dropshipper) sebagai perantara antara produsen (supplier) dan konsumen.

2. Agen pembayaran elektronik

Menjadi agen pembayaran elektronik di sekitar rumah Anda juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Berbagai jenis pembayaran elektronik seperti listrik, air, pulsa telepon, asuransi kesehatan, selalu dibutuhkan dan dekat dengan kehidupan masyarakat.

Menjadi agen pembayaran elektronik tidak perlu modal besar, rumah Anda bisa dijadikan tempat untuk berbisnis agen pembayaran.

3. Rental

Apabila Anda memiliki beberapa peralatan yang mahal dan dibutuhkan oleh masyarkat, membuka usaha rental mungkin bisa dijadikan pilihan. Banyak barang yang bisa disewakan, seperti kamera dan perlengkapannya, playstation, laptop, perlengkapan mendaki, sepeda, motor, hingga mobil.

Baca juga:  Bos BCA Ramal Hanya 3 Bank Digital Besar di RI, Alasannya? - LAGIKEPO

4. Penjahit

Punya skill menjahit, manfaatkan keahlian Anda agar menghasilkan uang dengan membuka bisnis jasa menjahit di sekitar tempat tinggal Anda. Selain itu, jasa permak juga sering dicari orang  agar pakain mereka lebih cocok di badan.

Bisnis menjahit juga ada kalanya bakal ramai pengunjung, khususnya saat menjelang tahun ajaran baru dan hari raya.

5. Laundry

Bukan cuma anak kos, bisnis laundry juga banyak dicari oleh mereka yang memiliki kesibukan yang padat sehingga tidak punya banyak waktu untuk melakukan kegiatan domestik, seperti mencuci pakaian.

Bisnis laundry juga bisa mencakup beberapa pilihan jasa yang diinginkan pelanggan, seperti cuci setrika, cuci kering, cuci bed cover, dan sebagainya. Yang terpenting, jangan lupa untuk selalu menjaga pakaian yang dititipkan oleh pelanggan agar selalu dalam keadaan baik.

6. Jasa Penitipan Hewan

Tak bisa dimungkiri, beberapa orang yang memelihara hewan peliharan tidak punya cukup waktu untuk merawat hewan kesayangan mereka. Untuk itu, jasa perawatan hewan begitu dibutuhkan baik dari segi perawatan, makanan, atau sekadar menjadi tempat penitipan hewan peliharaan.

7. Jasa Potong Rambut

Jasa potong rambut tentu akan selalu dibutuhkan masyarakat, baik pria maupun wanita. Apabila Anda cukup mahir memotong rambut, tidak ada salahnya membuka bisnis barber shop Anda sendiri di rumah, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau ketimbang salon.

8. Desain Grafis

Profesi desain grafis termasuk salah satu profesi yang dibutuhkan di segala bidang usaha. Hasil kerjanya pun tak hanya digunakan untuk media cetak, tapi juga digital. Menjadi seorang desainer grafis memang butuh skill yang mumpuni, tak jarang para desainer grafis memiliki latar belakang desain komunikasi visual. Namun, ada juga yang mempelajarinya secara otodidak.

Baca juga:  Catat! QRIS Antarnegara Mulai Beroperasi Komersial Q1-2022 - LAGIKEPO

Ada beberapa software yang umum digunakan para desainer grafis, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Corel Draw. Beberapa toko buku hingga platform belajar online juga sudah banyak yang memberi panduan mengenai penggunaan aplikasi desain tersebut.

9. Youtuber

Konten youtube sudah menjadi konsumsi harian masyarakat, baik muda maupun tua. Bahkan, beberapa orang beranggapan konten youtube mampu menyaingi konten televisi. Tak hanya itu, penghasilan para kreator youtube juga bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Anda bisa menentukan beragam pilihan konten yang Anda minati. Apabila Anda punya hobi atau pengetahuan tertentu mengenai suatu bidang, Anda bisa menumpahkannya dengan membuat konten video youtube.

10. Penulis Konten Online

Di era informasi saat ini, semakin banyak agensi atau perusahaan yang membutuhkan suatu artikel untuk dimuat di laman mereka. Dari sini, Anda bisa menawarkan jasa menulis artikel kepada perusahaan yang membutuhkan.

Selain itu, pekerjaan ini juga hanya membutuhkan peralatan yang simple, seperti laptop dan koneksi internet. Terlebih sudah banyak platform tersedia untuk Anda bisa menawarkan jasa, salah satunya Sribulancer.

11. Service Handphone

Jika punya keahlian memperbaiki handphone, bisnis rumahan ini mungkin cocok untuk Anda. Modal yang diperlukan juga tidak terlalu besar, cukup sediakan peralatan-peralatan kerja, seperti obeng, lem, solder, dan sebagainya. Selain itu, Anda bisa menawarkan jasa secara online melalui sosial media.

2021-08-14 00:00:00

Source link

banner 336x280
banner 120x600
  • Share