banner 728x250

Surat Edaran No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Planning Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp)

  • Share
banner 468x60

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) menurut Surat Edaran No 14 Tahun 2019 akan disederhanakan, tentunya ini menjadi isu yang sungguh membahagiakan para Guru di Indonesia, karena selama ini cenderung terbebani dengan hukum dan format RPP yang begitu rincian, memerlukan berpuluh-puluh halaman dalam pembuatan RPP ditiap pertemuannya.

Berikut isi surat edaran resmi dari mendikbud yang baru Nadiem A Makarim yang disampaikan pada tanggal 10 Desember 2019 di Jakarta. Tembusan surat edaran ini disampaikan kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota di seluruh Indonesia.

banner 336x280
  1. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dikerjakan dengan prinsip efisiensi, efektif, dan berorientasi pada murid.
  2. Bahwa dari 13 (tiga belas) unsur RPP yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 ihwal Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yang menjadi komponen inti yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah (acara) pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran (assessment) yang wajib dilakukan oleh guru, sedangkankomponen lainnya bersifat pelengkap.
  3. Sekolah, kalangan guru mata pelajaran sejenis dalam sekolah, Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), dan individu guru secara bebas mampu menentukan, membuat, menggunakan, dan mengembangkan format RPP secara mampu berdiri diatas kaki sendiri untuk sebesar-besarnya bagi kesuksesan mencar ilmu murid.
  4. Adapun RPP yang sudah dibuat guru dapat dipakai dan dapat pula diadaptasi sesuai poin 1, 2, dan 3.

Demikian Surat Edaran No 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), supaya bermanfaat.

banner 336x280
Baca juga:  Cara Download Video Di Facebook Gampang Dengan Tool Online Gratis
banner 120x600
  • Share