Strategi Kreatif Meningkatkan Profit

Diposting pada

Hakikatnya semua perusahaan, besar maupun kecil, didirikan dengan satu tujuan, yakni memperoleh profit atau keuntungan maksimal buat perusahaan. Profit perusahaan adalah suatu ukuran dalam persentase umum dipakai untuk menilai sejauh mana perusahaan bisa menghasilkan keuntungan pada tingkat yang sanggup diterima juga meliputi pengertian tidak ada pemborosan di kegiatan produksinya.

Kemampuan dalam memperoleh keuntungan yakni profitabilitas perusahaan akan dilihat menurut peningkatan angka maupun nilai menurut investasi, pendapatan per saham, dan penjualan sebelum atau sehabis pajak.

Tentu bukan kasus gampang untuk meningkatkan pendapatan (profitabilitas) dalam usaha, apalagi persaingan perjuangan atau bisnis yang semakin ketat. Dibutuhkan cara maupun taktik administrasi sempurna semoga sanggup meningkatkan profit berfokus kepada produktivitas perusahaan itu sendiri.

 yakni memperoleh profit atau keuntungan maksimal buat perusahaan Strategi Kreatif Meningkatkan Profit
Gambar: Meningkatkan profit perusahaan

Hal ini juga harus dilakukan melalui cara yang sempurna serta mengikutsertakan semua sumberdaya dalam organisasi. Sebelum memilih strategi, ketahui terlebih dahulu apa itu pemborosan (waste) berdampak pada meningkatnya biaya produksi sehingga mengakibatkan penurunan terhadap profit perusahaan. Dengan begitu akan lahir administrasi strategis inovatif. Manajemen strategis yakni seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan lintas usahanya (Hoshin Kanri). Berikut beberapa uraiannya:

Kenali Pemborosan

 yakni memperoleh profit atau keuntungan maksimal buat perusahaan Strategi Kreatif Meningkatkan Profit

Dalam penerapan lean manufacturing di bisnis, Anda akan mendengar istilah pemborosan (bahasa Inggris: Waste), yang diidentifikasi menjadi 7 jenis pemborosan atau 7 waste. 7 Pemborosan yakni macam serta jenis pemborosan umumnya terjadi dalam proses produksi perjuangan baik manufaktur ataupun layanan bahkan jasa, yaitu transportasi, inventori, gerakan, menunggu, proses berlebihan, produksi melebihi permintaan, barang rusak/cacat.


Memang setiap perjuangan akan mempunyai bidang bisnis yang berbeda, akan tetapi Toyota Production System (TPS) adalah sebuah sistem sosio-teknis terpadu, dikembangkan oleh Toyota, terdiri dari filosofi dan praktik manajemennya dalam meningkatkan Profit. Sudah banyak perusahaan mempraktekkan prinsip-prinsip dasar TPS ini dalam mengidentifikasi penyebab meningkatnya biaya operasional produksi, bukan hanya manufaktur.

Terapkan Lean Management System

Lean atau Lean Manufacturing yakni metode serta filosofi untuk meminimalkan pemborosan (Muda) dalam sistem perjuangan tanpa mengorbankan produktivitas. Lean juga memperhitungkan limbah yang dihasilkan melalui overburden (Muri) dan limbah yang tercipta melalui ketidakrataan beban kerja (Mura).

Baca juga: Pengertian Mura, Muri Dan Muda

Lean Management System adalah sebuah pendekatan untuk menjalankan sebuah organisasi yang mendukung konsep perbaikan terus-menerus (continuous improvement), melalui pendekatan jangka panjang dalam bekerja secara sistematis berusaha mencapai perubahan kecil dan sedikit demi sedikit terutama proses bertujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas.

Metode ini sanggup dipakai sebagai filosofi administrasi dalam mengatur taktik semoga menjadi kreatif. Strategi administrasi ini sebagian besar berasal dari Toyota Production System (TPS). Istilah “lean” pertama kali diperkenalkan di jurnal “Triumph of the Lean Production System” oleh John Krafcik pada tahun 1988.

Menghilangkan kegiatan tidak bernilai tambah (Non-Value Added) termasuk Non-Utilized talent yakni menempatkan orang yang tidak terlibat pribadi dalam proses menjadi kegiatan yang tidak bernilai tambah (Non-Value Added), yang kemudian dikenal dengan 8 Waste, menjadi fokus dan tujuan utama sistem lean management.

Silahkan baca:

Tentu saja ini harus dilakukan sebagai langkah langkah untuk meningkatkan keuntungan perusahaan. Langkah terbaik dengan menerapkan prinsip dasar lean merupakan tindakan faktual untuk meningkatkan profit ketika membangun taktik menghilangkan kegiatan tidak bernilai tambah (NVA) dengan meningkatkan nilai (Value) bagi pelanggan. Anda sanggup mensinkronisasi sistem administrasi lean dengan six sigma (6 sigma) atau umum dikenal dengan lean six sigma.

Artikel terkait: Sinergi Lean dan Six Sigma untuk Operational Excellence

Motivasi Karyawan

Jangan pernah lupa bahwa tingkat keberhasilan perusahaan ketika menjalankan roda bisnis yakni karyawan. Keikutsertaan pekerja dalam meningkatkan produktivitas perusahaan semoga tercapai profitabilitas maksimal, sudah niscaya juga berada pada kepemimpinan yang sanggup merangkul semua elemen dari banyak sekali level anggota organisasi.

Karyawan akan mempunyai motivasi membantu perkembangan perjuangan apabila adanya suatu penghargaan serta dorongan besar lengan berkuasa didukung dari atasan yang bisa memberi motivasi. Motivasi karyawan yakni sangat penting diberikan semoga sanggup meningkatkan keuntungan usaha.

Memotivasi bukan wacana bagaimana menekan pekerja, akan tetapi lebih kepada kepemimpinan dalam organisasi, dimana kepemimpinan dalam organisasi merupakan sebuah proses pemimpin mensugesti dan menunjukkan teladan kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi. Dari sini dorongan harus diberikan untuk melibatkan pekerja (employees engagement), salah satu teladan penerapan lean manufacturing di perusahaan dengan taktik manajemen, yaitu kegiatan Kaizen.

Kaizen ialah istilah dari bahasa Jepang yang mendefiniskan kata “Kai” artinya perubahan dan “Zen” artinya baik. Pada umumnya motivasi akan timbul ketika pekerja merasa “memiliki” perusahaan, maka keterlibatan karyawan dalam melaksanakan peningkatan produktivitas melalui kegiatan Kaizen ini tentu akan membantu bisnis untuk berkembang. Tidak jarang konsep Kaizen berubah fungsi, atasan memaksa karyawan melaksanakan perbaikan akan tetapi tidak diikuti dengan motivasi serta proteksi besar lengan berkuasa dari stakeholders.

Konsep kaizen merupakan pembelajaran bagi semua pihak termasuk pemangku jabatan tertinggi, alasannya prinsip dasar nya yakni menuntaskan permasalahan dengan cepat menurut fakta atau umum dikatakan dengan gemba, gembutsu, genjitsu Kaizen.

Komunikasi dua arah, keterlibatan karyawan, penghargaan merupakan motivasi terhadap karyawan yang sanggup diberikan atasan kepada pengikutnya. Perlu diketahui bahwa perusahaan bukan hanya wacana stakehilders ataupun top level akan tetapi bagaimana cara membangun tim kerja. Adanya sekat, memperburuk keadaan apabila dipimpin secara otoriter, alasannya perilaku otoritatif tersebut tidak akan menghasilkan peningkatan.

Strategi yang dibangun secara komunikatif dan difahami semua elemen organisasi, tentu merupakan cara kreatif dalam meningkatkan profit perusahaan Anda. Lakukan dan buat A3 report dalam melaksanakan langkah-langkah untuk mendapat keuntungan perusahaan.

Semoga sukses!!

Artikel terkait