Strategi Examples Non Examples

Diposting pada
Kajian Mengenai Strategi Examples non Examples | Kajian teorinya dimulai dari Pengertian strategi, Pengertian taktik Examples non Examples, Manfaat penerapan strategi Examples non Examples, Kendala-kendala penerapan taktik Examples non Examples, Kelemahan-kelemahan taktik Examples non Examples, Kelebihan-kelebihan taktik Examples non Examples, Langkah-langkah penerapan taktik Examples non Examples. ialah sebagai berikut:

Kajian Mengenai Strategi Examples non Examples Strategi Examples non Examples
 sumber gambar: posterweb.blogspot.com
a. Pengertian strategi. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 41 Tahun 2007 wacana Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menegah dinyatakan bahwa “Strategi ialah pendekatan menyaluruh yang berupa padoman umum dan kerangka acara untuk mencapai suatu tujuan dan biasanya dijabarkan dari pandangan falsafah atau teori tertentu”.
b. Pengertian taktik Examples non Examples. Setyawan (2019) menyatakan bahwa Examples non Examples ialah taktik yang memakai media gambar dalam penyampaian bahan pembelajaran yang bertujuan mendorong siswa untuk berguru berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan yang terkandung dalam contoh-contoh gambar yang disajikan. Kiranawati (2007) menyatakan bahwa “Examples Non Examples ialah metode berguru yang memakai contoh-contoh. Contoh-contoh sanggup dari masalah / gambar yang relevan dengan KD”. Berdasarkan pengertian di atas, sanggup disimpulkan bahwa Examples non Examples ialah taktik pembelajaran yang memakai media gambar yang berupa contoh-contoh untuk mendorong siswa berguru berfikir kritis dengan jalan memecahkan permasalahan-permasalahan terkait contoh-contoh tersebut.
c. Manfaat penerapan taktik Examples non Examples. Kiranawati (2007) menyatakan bahwa manfaat dari penerapan metode Examples non Examples, yaitu:
1) Meningkatkan kemapuan siswa dalam menganalisa gambar.
2) Membuat siswa mengetahui aplikasi dari bahan berupa teladan gambar.
3) Siswa diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya.
Buehl (dalam Setyawan, 2019) menyatakan bahwa manfaat penerapan metode Example non Example, yaitu:
1) Memperluas pemahaman konsep yang mendalam dan lebih komplek.
2) Keterlibatan siswa dalam satu proses inovasi yang mendorong mereka untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari teladan bukan contoh.
3) Siswa diberi sesuatu yang berlawanan untuk mengeksplorasi karakteristik dari suatu konsep dengan mempertimbangkan pecahan bukan teladan yang dimungkinkan masih terdapat beberapa pecahan yang merupakan suatu huruf dari konsep yang telah dipaparkan pada pecahan contoh.
Berdasarkan uraian di atas, sanggup disimpulkan bahwa manfaat penerapan taktik Example non Example ialah sebagai berikut:
1) Meningkatkan kemapuan siswa dalam menganalisa gambar.
2) Membuat siswa mengetahui aplikasi dari bahan berupa teladan gambar.
3) Melatih ketrampilan siswa dalam mengemukakan pendapat.
4) Meningkatkan pemahaman siswa wacana konsep-konsep.
5) Mendorong siswa untuk membangun konsep secara progresif melalui pengalaman dari Example non Example.
d. Kendala-kendala penerapan taktik Examples non Examples. Setyosari (1998:55) menjelaskan bahwa kendala-kendala penerapan taktik Examples non Examples, yaitu taktik ini sulit diterapkan pada siswa yang kurang mempunyai kemampuan menganalisis.
e. Kelemahan-kelemahan taktik Examples non Examples. Kiranawati (2007) menyatakan bahwa kekurangan-kekurangan dari metode Examples non Examples, yaitu tidak semua bahan sanggup disajikan dalam bentuk gambar dan membutuhkan waktu yang usang untuk penerapannya.
f. Kelebihan-kelebihan taktik Examples non Examples. Setyawan (2019), menyatakan bahwa kelebihan-kelebihan taktik Examples non Examples, yaitu:
1) Meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep.
2) Mendorong siswa untuk menuju pemahaman yang lebih mendalam mengenai bahan yang ada.
Mahrim (2019:16) mengemukakan bahwa model Examples non Examples mempunyai beberapa keunggulan, yaitu:
1) Mendorong siswa semoga bisa menumbuhkan memotivasi diri untuk bisa membangun pengetahuan sendiri yang sudah berada di dalam diri mereka sendiri.
2) Membangun kerjasama antar sesama siswa sehingga mereka bisa saling mengemukakan dan meluruskan kompetensi pembelajaran.
3) Dengan contoh-contoh dan media gambar akan bisa mengakibatkan daya tarik, mempermudah pemahaman yang bersifat aneh sehingga bisa mempercepat akseptor didik membentuk pemahaman diri terhadap suatu konsep.

Berdasarkan uraian di atas, sanggup disimpulkan kelebihan-kelebihan taktik Examples non Examples ialah sebagai berikut:
1) Meningkatkan kemapuan siswa dalam memahami konsep.
2) Menumbuhkan motivasi pada diri siswa.
3) Membangun kerjasama antar sesama siswa.
4) Materi pembalajaran menjadi lebih menarik.
5) Mengkonkritkan bahan yang masih bersifat abstrak.

g. Langkah-langkah penerapan taktik Examples non Examples. Widayati (2019) memaparkan langkah-langkah penerapan taktik Examples non Examples, yaitu:
1) Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2) Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
3) Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
4) Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5) Tiap-tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
6) Mulai dari komentar hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan bahan sesuai tujuan yang ingin dicapai
7) Kesimpulan
Daftar Pustaka sanggup dilihat pada Sumber Rujukan strategi Examples non Examples.