Standar Kompetensi Lulusan Dalam Kurikulum 2019 (K13)| Ranah Dan Pengertiannya

Diposting pada
Standar Kompetensi Lulusan dalam Kurikulum 2019 (K13)| Ranah dan Pengertiannya
Standar Kompetensi Lulusan alias SKL yang diperlukan dalam muatan Kurikulum 2019 meliputi tiga ranah. Yaitu setiap siswa mempunyai kecakapan dalam ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan.
SIKAP
Pengertian Sikap
Meliputi Sikap Spiritual dan Sikap Sosial. Sikap spiritual ialah ranah kompetensi yang dimiliki oleh lulusan yang bisa mememiliki rasa kepercayaan dan ketaatan (ketakwaan) sesuai dengan pedoman agama yang dianut.

Sikap Sosial ialah kecakapan atau kompetensi yang diperlukan dimiliki oleh lulusan yang berkaitan dengan kekerabatan dengan sesama manusia. Sesama teman dan orang lain. Contoh perilaku sosial antara lain, menghargai perbedaan, saling tolong menolong, dan sebagainya.
Meskipun dalam aplikasinya, tidak bisa dibedakan secara mutlak antara perilaku sosial dan perilaku spiritual. Keduan saling beririsan. Misalnya, perilaku tanggung jawab, seorang hamba Tuhan harus bertanggung jawab terhadap diri sendiri juga terhadap orang lain, sesuai dengan pedoman agama.
RANAH PENGETAHUAN
Ranah pengetahuan dalam SKL Kurikulum 2019 meliputi empat jenis pengetahuan yaitu Pengetahuan Faktual; Pengetahuan Konseptual; Pengetahun Prosedural; Pengetahuan Metakognitif.
Pengetahuan ialah kemampuan berpikir yang berkaitan dengan kecerdasan koginitif. Yaitu pengetahuan perihal konsep dan teori perihal konsep.
Pengertian Pengetahuan Faktual
Pengetahuan faktual ialah pengetahuan yang berkaitan dengan fakta sekitar penerima didik. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia misalnya, penerima didik harus diberikan fakta-fakta yang sanggup dirasakan eksklusif oleh penerima didik. Misalnya pembelajaran perihal Teks Laporan Hasil Observasi, maka mereka (peserta didik) harus diberi teks LHO secara langsung.
Pengertian Pengetahuan Konseptual
Pengetahuan konseptual ialah pengetahuan yang berkaitan dengan teori-teori perihal fakta yang sebelumnya sudah dipelajari. Misalnya dalam pembelajaran bahan Teks Cerita Fantasi, maka teori-teori perihal teks Cerita Fantasi merupakan pengetahuan konseptual. Pengertian konsep perihal teks yang sedang dipelajari.
Pengertian Pengetahuan Prosedural
Pengetahuan Prosedural ialah pengetahuan perihal cara melaksanakan sesuatu. Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pengetahuan prosedural meliputi pengetahuan perihal ciri dan cara membuat. Misalnya cara menulis teks deskripsi, itu termasuk pada pengetahuan prosedural.
Pengertian Pengetahuan Metakognitif
Pengetahuan Metakognitif berkaitan dengan pemahaman perihal diri. Yaitu perihal kelemahan dan kelebihan diri sendiri perihal pengetahuan sesuatu.  Maksudnya, pengetahuan metakognitif ialah pengetahuan diri sendiri untuk bisa melaksanakan sesuatu. Pengetahuan metakognitif bekerjasama akrab dengan keterampilan konkret.
KETERAMPILAN
Keterampilan ialah kemampuan untuk melaksanakan sesuatu dan berbuat sesuatu. Maka dari itu, orang yang bisa menciptakan beberapa hal atau suatu hal disebut dengan orang yang terampil. Maka dari itu, keterampilan berkaitan dengan kemampuan gerak motorik.
Jenis keterampilan yang perlu didapat oleh siswa di sekolah untuk memenuhi standar kompetensi lulusan ialah keterampilan konkret dan keterampilan abstak.
Keterampilan Konkret
Keterampilan konkret ialah keterampilan yang berkaitan dengan tindakan gerak badan secara langsung. Misalnya kemampuan memainkan alat musik, merupakan keterampilan konkret. Keterampilan untuk membaca puisi dengan baik ialah keterampilan konkret.
Keterampilan Abstrak
Keterampilan aneh ialah keterampilan yang berkaitan dengan tindakan aneh yang bisa dilakukan oleh siswa. Hal ini sulit diukur. Misalnya keterampilan untuk berpikir mudah yang tidak berbelit. Hal ini merupakan keterampilan aneh yang memang cara mengukurnya sangat sulit untuk dilakukan. Berbeda dengan keterampilan konkret yang bisa eksklusif dipraktikkan dan disimulasikan.
Demikian klarifikasi mengeni SKL alias Standar Kompetensi Lulusan yang diperlukan tercapai dalam Kurikulum KTSP 2019 yang lebih dikenal dengan nama K13.

Salam Pustamun!