banner 728x250

Soal Online Google Form Rasa Chatingan, Lebih Asyik!

  • Share
banner 468x60

PJJ atau Pembelajaran Jarak Jauh dibanyak daerah masih terus diperpanjang, Guru mulai bosan, Siswa berguru dari rumah mulai bosan, apalagi orang tua yang sekarang juga berupaya menjelma guru multitalenta semampunya dengan banyak sekali mata pelajaran putra-putrinya, hal ini sungguh dirasakan penduduk di Indonesia pada utamanya.

Guru terus berupaya meningkatkan kompetensi diri dengan mengikuti banyak sekali aktivitas yang menunjang PJJ supaya lebih inovatif, kreatif, dan tentunya menyenangkan, sehingga siswa tidak cepat jenuh alasannya adalah melihat variasi pembelajaran yang dilakukan oleh Gurunya.

banner 336x280

Pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) juga sudah menggelontorkan anggaran yang cukup mengagumkan untuk memfasilitasi aneka macam keperluan guru dan siswa selama PJJ ini, mulai dari pulsa untuk guru dan siswa setiap bulannya, fasilitas g-suite education untuk guru dan siswa yang bisa didownload melalui situs data kemdikbud (baca disini), dan lain sebagainya.

Salah satu komponen dalam kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yakni pertolongan evaluasi secara online atau biasa saya sebut selaku soal online. Di blog mrmung.com ini telah sering aku bahas terkait aplikasi apa yang dipakai untuk pengerjaan soal online ini, bahkan di chanel youtube Mung Media juga tersedia video tutorial membuat soal online, yang salah satunya ialah pengerjaan soal online memakai google formulir.

Pembuatan soal online memakai google formulir sangatlah mudah dan cepat terlebih google formulir ini juga sudah terintegrasi dengan google kelas (classroom), cuma saja tampilan dari google formulir ini didesain praktis/ sederhana dan sebagian orang menyampaikan tampilannya terlihat kaku.

Nah, untuk mengatasi persoalan penampilan google formulir yang terlihat kaku ini, pada artikel ini akan aku diskusikan wacana bagaimana menciptakan soal online google form ini menjadi lebih asyik sebab seperti sedang chattingan, yakni dengan mempergunakan situs chat-forms.com.

Baca juga:  Apa Saja Tipe-Tipe Desain Penelitian Yang Ada

Sebenarnya chat-forms ini telah tersedia di add-on google formulir, hanya saja pada panduan ini aku akan langsung mempergunakan fitur generate link chat yang telah tersedia di situs chat-forms. Berikut langkah-langkahnya:

1. Siapkan Soal online di drive google, 

Pastikan soal online sudah simpulan anda buat, dan pengaturan yang diperlukan disini yaitu, anda tidak perlu mensetting pembatasan siapa pun yang boleh menjalankan soal, jadi soal diaktifkan untuk bisa diakses oleh siapapun meskipun bukan siswa dan bukan pengguna email gmail/ g-sute education.

2. Dapatkan link file soal online

Masuk di drive.google.com untuk mengcopy link file soal online yang akan anda pakai, klik kanan pada file soal online anda – klik peroleh link.

Rubah settingan supaya file soal online bisa diakses oleh siapapun, kemudian link yang timbul anda salin/ copy.

3. Membuat Link Chat-Forms

Silahkan anda buka situs chat-forms.com – lalu paste/ tempelkan link soal online yang telah anda peroleh pada langkah ke 2 di atas di kotak yang tersedia, lalu anda klik tombol Create Chat.

Setelah proses selesai, maka akan timbul informasi bahwa soal online rasa chatingan telah sukses dibentuk, dan selanjutnya anda mampu langsung membuka atau menyalin link chat soal online anda untuk dibagikan ke siswa.

Contoh link chat soal online yang sudah saya buat ialah sebagai berikut: halaman koleksi soal online.

Jika link di atas dibuka, maka akan tampil seperti gambar berikut:

Soal Online Google Form Rasa Chatingan sudah selesai anda buat, selamat menjajal , agar berguna.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share