Shortcut Menulis Arab Otomatis, Merubah Saw Dengan ﷺ Sholawat (Arab)

Menulis di aplikasi pengolah kata mirip di Ms. Word sering kali kita menyingkat ungkapan-perumpamaan yang sudah dirasa umum, sebagai acuan saat kita menuliskan sholawat di belakang nama Nabi Muhammad, sering kita menyaksikan akronim dari Sholallahu Alaihi Wasalam dengan SAW.
Bagi para pembaca yang malas atau mungkin tidak tau akan kepanjangan singkatan tersebut, tentu akan menghilangkan/ mengabaikan kalimat sholawat terhadap Nabi Muhammad tersebut, disinilah yang tidak diharapkan, oleh hasilnya sangat disarankan kalau kita menulis nama Nabi Muhammad tetap disambung dengan kalimat sholawat Sholallahu ‘Alaihi Wasalam.

Penulisan kalimat sholawat Sholallahu ‘Alaihi Wasalam bisa memakai teks bahasa Indonesia, atau bisa juga menggunakan teks bahasa arab, hanya saja untuk menuliskan dalam bahasa arab membutuhkan waktu lebih usang dan juga ada settingan khusus untuk mengaktifkan keyboard arabicnya.

Baca: Cara Setting Keyboard dan Menambahkan Bahasa Arab pada Komputer

Berikut akan saya hidangkan beberapa shortcut menulis arab otomatis saat mengetik di program aplikasi pengolah kata Ms. Word tanpa harus mensetting terlebih dulu keyboard arabic:
  • Untuk menulis sholawat dalam bahasa Arab (ﷺ) anda cukup ketik “fdfa” lalu tekan kombinasi tombol ALT+X
  • Untuk menulis kata Allah dalam bahasa Arab (ﷲ)  anda cukup ketik “fdf2” lalu tekan variasi tombol ALT+X.
  • Untuk menulis kata Muhammad dalam bahasa arab (ﷴ) anda cukup ketik “fdf4” lalu tekan variasi tombol ALT+X
Demikian Shortcut Menulis Arab Otomatis dikala menulis di acara aplikasi pengolah kata Ms. Word, agar berfaedah.