Seragam Pramuka (Pengertian, Fungsi, Tujuan, Target Dan Cara Pemakaian)

Diposting pada
 

Pengertian.

  1. Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka selanjutnya disebut Pakaian Seragam Pramuka yakni pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang bentuk, corak, warna, dan tata  cara pemakaiannya ditentukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka.
  2. Warna Pakaian Seragam Pramuka yakni warna coklat muda dan coklat tua. Warna tersebut dipilih dari salah satu warna yang banyak digunakan oleh para pejuang kita di masa perang kemerdekaan (1945-1949)  antara lain warna coklat, hijau, dan wulung. Dari ketiga warna tersebut dipilih warna  yang sanggup diserasikan dengan warna bendera kebangsaan Merah Putih, yang digunakan untuk setangan leher dan pita  leher pramuka.
  3. Pakaian Seragam Harian, yakni pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka pada waktu melaksanakan kegiatan kepramukaan harian. Pakaian seragam harian juga digunakan  pada waktu mengikuti upacara.
  4. Pakaian Seragam Kegiatan yakni pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka pada dikala mengikuti kegiatan tertentu dalam perkemahan, semoga lebih gampang melaksanakan aktivitas  yang diperlukan.
  5. Pakaian Seragam Khusus yakni pakaian yang dikenakan oleh sebagian anggota Gerakan Pramuka secara khusus, sebab adanya pertimbangan tertentu, misalnya: agama.
  6. Pakaian Seragam Khus Upacara yakni pakaian yang dikenakan oleh anggota cukup umur Gerakan Pramuka yang diperuntukan bagi para Andalan dan Mabi pada tingkat Kwartir Nasional, Kwartir  Daerah, dan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka yang pemakaiannya secara khusus untuk upacara memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI, Hari Pramuka, Pelantikan Pengurus Kwartir/Mabi,  menghadiri upacara di mana Tentara Nasional Indonesia menggunakan seragam PDU 4 dan program resmi kepanduan di luar negeri, serta kegiatan-kegiatan tertentu yang ditetapkan oleh Kwarnas Gerakan Pramuka.
  7. Pakaian Seragam Tambahan yakni pakaian yang diharapkan pada waktu-waktu tertentu, ketika menghadiri/mengikuti acara-acara resmi yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka, pemerintah atau  organisasi lain termasuk apabila mengikuti kegiatan di luar negeri.

Fungsi.

Pakaian seragam dalam Gerakan Pramuka berfungsi sebagai sarana atau salah satu alat pendidikan bagi anggota-anggotanya, untuk meningkatkan gambaran Gerakan Pramuka. Setiap anggota Gerakan Pramuka, yang mengenakan pakaian seragam dan atau atribut Gerakan Pramuka bertanggung jawab untuk berakhlak sesuai dengan Satya dan Darma Pramuka untuk menjunjung tinggi harkat, martabat, dan jiwa korsa sebagai anggota Gerakan Pramuka.

Tujuan.

Pakaian seragam dalam Gerakan Pramuka bertujuan semoga para anggota Gerakan Pramuka yang mengenakannya mempunyai jiwa korsa, berdisiplin, patriotis serta rasa kebanggaan

Sasaran.

  1. Menumbuhkembangkan jiwa persatuan dan kesatuan serta jiwa pramuka.
  2. Meningkatkan perilaku disiplin dan rasa tanggung jawab.
  3. Menanamkan cara hidup sederhana, tertib, indah, bersih, dan sopan.
  4. Memupuk rasa kebanggaan

Tata cara pemakaian seragam pramuka.

  1. Seorang calon anggota Gerakan Pramuka yang belum dilantik/dikukuhkan hanya dibenarkan menggunakan pakaian seragam, tanpa tutup kepala, tanpa setangan leher dan tanpa menggunakan tanda pengenal Gerakan Pramuka lainnya.
  2. Seorang anggota Gerakan Pramuka yang telah memenuhi syarat dan dilantik/dikukuhkan atau menerima perestuan, berhak menggunakan Pakaian Seragam Pramuka lengkap dengan setangan leher dan tutup kepala serta tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan ketentuan yang bekerjasama dengan usia golongan, tingkat, dan jabatannya.
  3. Pakaian Seragam Pramuka harus dikenakan oleh mereka yang berhak,secara lengkap. rapih, bersih, dan benar, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, lebih-lebih si pemakai melaksanakan kegiatan di depan  umum.
  4. Pakaian Seragam Pramuka dikenakan hanya bilamana yang bersangkutan bertindak sebagai anggota  Gerakan Pramuka yang melaksanakan kiprah atau kegiatan kepramukaan.
  5. Pada dikala anggota Gerakan pramuka sebagai anggota organisasi lain yang sedang melaksanakan kiprah atau kegiatan organisasi tersebut, tidak dibenarkan menggunakan pakaian seragam pramuka dan atau tanda  pengenar Gerakan Pramuka.
  6. Seorang anggota Gerakan pramuka yang secara langsung menjadi anggota organisasi masa atau    organisasi  politik dihentikan keras menggunakan seragam Gerakan Pramuka dan atau tanda pengenar  Gerakan pramuka pada -saat melaksanakan kiprah atau kegiatan organisasi masa atau organisasi politik  tersebut dan sebaliknya.
  7. Untuk menjaga harkat dan martabat Gerakan pramuka, maka setiap anggota Gerakan Pramuka yang menggunakan pakaian Seragam Gerakan Pramuka, bertanggungjawab atas nama baik Gerakan  pramuka  dan harus bersikap atau bertindak sesuai dengan Satya dan Darma pramuka.
  8. Pakaian Seragam Pramukajuga digunakan pada saatseorang anggota Gerakan Pramuka atas nama  Gerakan pramuka, mengikuti upacara-upacara Hari Besar Nasional, pacara dan kegiatan lainnya yang diselenggarakan Pemerintah atau organisasi lain.
  9. Pakaian kegiatan, bakti atau orahraga hanya digunakan serama mengikuti kegiatan tersebut.
  10. Kwartir atau Satuan Gerakan pramuka, dan setiap anggota Gerakan Pramuka berkewajiban untuk saling mengingatkan dan saring membetulkan cara mengenakan pakaian seragam pramuka yang tidak  sesuai dengan ketentuan dalam petunjuk penyelenggaraan ini dengan cara santun.

Lihat  Entri/Topik Terkait :
Seragam Harian Pramuka Siaga Putra & Putri,
Seragam Harian Penggalang Putra & Putri, Seragam Harian Penegak Pandega Putra & Putri,
Seragam Kegiatan, Seragam Khusus Pramuka Puteri,
Seragam Khusus Pramuka Putera,
Seragam Harian Pembina dan Andalan,
Seragam Khusus Upacara.

Sumber :
Keputusan Kwarnas Gerakan Pramuka No 226 tahun 2007
Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Seragam Anggota Gerakan Pramuka

Pakaian Seragam Anggota Gerakan Pramuka selanjutnya disebut Pakaian Seragam Pramuka yakni Seragam Pramuka (Pengertian, Fungsi, Tujuan, Sasaran dan Cara Pemakaian) Print this page