banner 728x250

Sembuh! Pengalaman Cara Obati Penyakit Mata Ikan Sampai Hilang

  • Share
banner 468x60

Halo apa kabar? Kali ini aku akan sharing pengalaman aku dalam mengobati mata ikan. Baru kali ini dalam hidup aku, aku mengalami sakit pada kulit jari tangan yang tenyata itu ialah mata ikan. Awalnya dikala menggenggam aku mencicipi nyeri dan dikala aku perhatikan nyeri tersebut berasal dari tangan jari telunjuk kanan. Pada jari telunjuk itu ada titik seperti nanah dan saya pikir itu hanya nanah biasa alasannya bentuknya sekilas terlihat mirip nanah kebanyakan namun tenyata sehabis diperhatikan titik putihnya berbeda. Titik putih pada mata ikan cuma terdapat titik putih di bagian tengah dan pada bagian di sekitarmatanya bening yang jika dilihat nampak seolah-olah mirip bola mata.

 Kali ini saya akan sharing pengalaman saya dalam mengobati mata ikan Sembuh! Pengalaman Cara Obati Penyakit Mata Ikan Sampai Hilang
Mata Ikan (Klavus atau Clavus)

Mengobati Mata Ikan

Ada beberapa langkah yang saya jalani untuk menetralisir mata ikan dari cara medis sampai cara yang tidak diduga atau tak umumbahkan mampu di bilang cara alami. Apa saja yang saya kerjakan semoga sembuh dari mata ikan?

1. Pergi ke dokter

Pertama yang saya kerjakan adalah pergi ke dokter. Dan ternyata benar saja, berdasarkan dokter yang menilik saya, benjolan pada tangan di jari telunjuk aku ialah clavus atau mata ikan.
Gejala mata ikan yaitu bagian kulit menjadi menebal mengeras (bukan kapalan) timbul berupa benjolan yang mau terasa nyeri saat tersentuh atau frustasi.
Apakah asuransi BPJS Kesehatan mengcover atau melayani penyakit mata ikan?
Menurut sang dokter, mata ikan tidak ada dalam progam atau layanan BPJS kesehatan.
Sebelumnya saya pikir saya mampu sembuh dari mata ikan menggunakan layanan BPJS dan ada langkah-langkah operasi kecil untuk mengangkat mata ikan. Ternyata di BPJS tidak ada layanan obat ataupun operasi untuk mengangkat mata ikan.
Karena mata ikan tidak ada di layanan BPJS maka dokter cuma menawarkan salep yang berjulukan OXYTETRACYCLINE HCI. Dokter juga mengatakan bahwa mata ikan tidak akan membengkak dan cuma sebatas atau sebesar itu saja.

2. Memakai obat mata ikan yang dijual bebas

Selain menunjukkan salep, dokter juga menyarankan saya untuk membeli obat lazim mata ikan di luar (di apotik atau toko obat) yang dijual bebas yang berjulukan Callusol.
 Kali ini saya akan sharing pengalaman saya dalam mengobati mata ikan Sembuh! Pengalaman Cara Obati Penyakit Mata Ikan Sampai Hilang
Mata ikan pada jari tangan
Setelah saya mengoleskan salep dari dokter, saya merasa mata ikan makin membengkak dan terasa nyeri (sesuai kata dokter, bukan bab inti lingkaran mata ikannya yang membengkak tetapi lingkaran di sekitarmata ikan yang membengkak / meluas). Maka berdasarkan hal tersebut aku menetapkan untuk membeli Callusol.
 Kali ini saya akan sharing pengalaman saya dalam mengobati mata ikan Sembuh! Pengalaman Cara Obati Penyakit Mata Ikan Sampai Hilang
Mata ikan di jari tangan
Baca juga:  Hoax Atau Fakta Wudu Mampu Menciptakan Kita Kebal Dari Virus Covid-19?

Callusol yang saya beli berupa obat cair dalam kemasan botol di mana ditutup botolnya pada bagian dalam terdapat gagang sampai ke dasar botol. Pada ujung gagang tersebut terdapat kuas berwarna hitam untuk mengoleskan cairan obat ke bab kulit yang akan diobati. Jika cairan dioleskan ke kulit maka cairan tersebut yang tadinya berwarna bening akan berubah menjadi putih dan mengeras (mungkin sebab terkena udara ya).
Setelah menggunakan Callusol, sekeliling lingkaran luar mata ikan kulitnya menjadi putih dan menebal mirip gunung. Beberapa hari lalu lapisan kulit bagian atas dan sekelilingnya tersebut mengelupas. Ya, Callusol sepertinya bekerja dengan cara mengikis kulit sedikit demi sedikit sampai akibatnya nanti sampai meraih ke pusat mata ikannya.
Namun mata ikan yang saya alami terasa sungguh lama sembuhnya. Bagian tengah bulat mata ikan masih tetap ada walau memakai Callusol.
Pada ketika ganti kulit sebab imbas obat Callusol, bab tengah bulat mata ikan terbuka dan mirip pecah-pecah. Saya putuskan untuk menarik keluar kulit di bab lingkaran mata ikan yang pecah-pecah tersebut. Ada bagian di bulat mata ikan yang menjadi bolong karena kulit yang pecah-pecah itu aku tarik keluar. 
Kemudian aku cari di internet kegunaan dari salep OXYTETRACYCLINE HCI. Fungsi salep OXYTETRACYCLINE HCI salah satunya adalah menghalangi pertumbuhan basil. Langsung saja saya putuskan untuk memasukkan salep OXYTETRACYCLINE HCI ke bagian yang bolong atau retak di bulat mata ikan. Setelah saya masukkan salep tersebut bagian bundar pusat mata ikan menjadi menghitam. Selain memakai salep, tetap mata ikan aku lumuri cairan obat Callusol agar kulit cepat berganti atau terkikis.
Beberapa waktu kemudian esok harinya bulat mata ikan kembali terbuka seiring bergantinya kulit (catatan, ganti kulit berdasarkan aku pribadi tidak mengapa bila ditarik dikelupas secara sengaja selama tidak menjadikan rasa sakit alasannya adalah jika menjadikan sakit maka akan menimbulkan pendarahan). Saya lalu mempesona keluar bab-bagian dalam bulat mata ikan yang retak-retak dan ternyata mampu saya keluarkan mata ikannya (berupa titik putih mirip pada foto).
Mata ikan yang berhasil aku keluarkan ternyata berbentuk seperti biji wijen tetapi sungguh kecil. Sewaktu masih di dalam kulit, biji mata ikan itu akan bercahaya bila disorot lampu senter, seperti layaknya bulir titik air yang terkena cahaya.
Kalau kata orang dan dokter bahwa mata ikan memiliki akar saya rasa mungkin benar alasannya ada bab yang aku cabut aku rasakan dan aku lihat berbentukbatang kecil kurang lebih sepanjang 2mm sebanyak dua atau tiga buah berwarna kuning gelap. Saya tidak memperoleh akar yang lain. Mungkin jikalau memang akar mata ikannya banyak tampaknya telah rusak sebab dihancurkan oleh Callusol di bagian yang kecil-kecil saya tarik keluar tadi.

3. Obati mata ikan memakai lilin

Karena mata ikan ini sungguh menggangu aktifitas, menyebabkan nyeri saat jari terkena sesuatu atau jari ditekuk atau dalam keadaan membisu pun juga terasa nyut-nyutan dan juga lama sembuhnya, saya coba untuk menghilangkan mata ikan di jari tangan aku ini menggunakan lilin.
(Kondisi jari saya ketika itu mata ikan di bagian tengahnya sudah tidak ada alasannya bagian bulat tengah mata ikan telah aku tarik keluar. Maka mata ikan di jari saya hanyalah lingkaran putih dengan lingkaran bolong mata ikan di tengah layaknya mirip kawah gunung berapi.)
Saya nyalakan lilin dan aku meneteskan cairan lilin ke sentra lingkaran mata ikan yang bolong dan ke lingkaran di luar pusat mata ikan. Panas tetesan lilin pada bab kulit telapak masih dapat ditahan alasannya adalah bab telapak tangan kulitnya lebih tebal dibanding bab kulit yang lain.
Setelah berulang kali saya teteskan lilin dalam beberapa hari, lingkaran luar mata ikan yang tebal, luas dan putih kesudahannya mampu mengelupas. Begitupun dengan bab tengah dasar di inti bundar mata ikannya juga dapat mengelupas.
Walau kulit sudah mengelupas semua, jari masih agak nyeri sedikit saat ditekuk. Namun lama kelaman sehabis rutin meneteskan lilin dan kulit bekas imbas Callusol mengelupas, jari tidak terasa nyeri lagi dikala ditekuk ataupun dikala bersinggungan dengan benda lain.
Saat postingan ini aku tulis, Alhamdulillah mata ikan (baik bundar kawah inti dan bulat gunung di luarnya) yang ada di jari tangan telunjuk saya telah rata alias telah tidak ada lagi cuma tinggal sisa-sisa ganti kulit. Insya Allah semoga beberapa hari ke depan kulitnya sudah wajar kembali.
Pertanyaan yang muncul

banner 336x280

Apakah jika mata ikan telah sembuh atau hilang akankah dapat tumbuh/timbul kembali?
Jawabannya adalah bisa. Yang aku alami timbul kembali didekat atau di sekitar mata ikan sebelumnya.
Apakah meneteskan lilin efektif membasmi mata ikan?
Mungkin ada sebagian orang yang betul-betul efektif. Pernah aku membaca pada suatu artikel yang menceritakan pengalaman seseorang yang dapat sembuh dari mata ikan tanpa operasi dengan meneteskan lilin saja. Namun di pengalaman saya sendiri, lilin merupakan santunan kedua sehabis obat Callusol di mana Callusol berfungsi mengelupas kulit (bab keras akhir mata ikan) kemudian lilin selaku sumbangan berikutnya (lilin bukan yang utama).

4. Obati mata ikan memakai madu dan kunyit

Saat mata ikan timbul kembali, saya menjajal mengolesinya dengan Callusol. Setelah beberapa usang lalu kulit di sekeliling mata ikan menjadi memutih.
Saya browsing di internet, ada cara mengobati mata ikan yang gampang yakni dengan mengoleskan adonan madu dengan kunyit.
Cara menciptakan adonan madu dan kunyit selaku obat mata ikan adalah
  • Siapkan wadah
  • Tuang madu secukupnya
  • Tuang debu kunyit
  • Campur madu dengan kunyit hingga kental di mana jika madu ditaruh pada mata ikan maka madunya tidak menetes  
Baca juga:  Cara Order Domain Premium, .Com, .Net, .Xyz, .Id, .Web.Id , .Sch.Id

Cara mengobati mata ikan dengan adonan madu dan debu kunyit ialah dengan mengoleskan adonan madu dan kunyit pada mata ikan. Untuk berapa kalinya, saya waktu itu sesering mungkin terus menempelkan adonan madu dan kunyit pada mata ikan jika sudah hilang alasannya terkena air wudu, cuci tangan, atau mandi.

Yang aku alami, dengan adonan madu dan kunyit tersebut, kulit yang memutih karena Callusol menjadi mengecil areanya dan kulit menjadi terkelupas seperti ganti kulit.
Ajaibnya, mata ikannya ikut terkelupas bersama dengan kulit yang mengelupas seolah mata ikan terpotong dari samping ikut ketika kulit aku tarik untuk aku kelupas. Setelah mata ikan ikut terkelupas maka kulit menjadi higienis.
Untuk memastikan mata ikannya benar-benar hilang maka bab di mana mata ikan muncul tersebut berulang kali tetap saya coba oleskan campuran madu dan kunyit.
Catatan:
  • Madu yang aku gunakan adalah madu rasa sachet, mungkin madu murni lebih baik hasilnya
  • Bubuk kunyit tersedia di warung, mini market ataupun tukang sayur
  • Oleskan adonan madu dan kunyit di sekitar mata ikan saja alasannya kalau lebih dari itu maka kemungkinan besar area yang terkena adonan madu dan kunyit juga akan ikut terkelupas
 
Disclaimer
  • Saya (penulis) hanya sharing (bercerita) perihal pengalaman bagaimana cara mengobati untuk menetralisir penyakit kulit mata ikan di kulit.
  • Penulis tidak mengusulkan atau menyarankan untuk mengikuti dan melaksanakan apa yang penulis terapkan.
  • Penulis tidak bertanggung jawab atas kerugian dan akibat apapun baik material, fisik dan yang lain yang ditimbulkan atas artikel “mengobati mata ikan” yang ditulis ini.
Semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat.
banner 336x280
banner 120x600
  • Share