banner 728x250

Sedekah Daging Kurban Dompet Dhuafa Yakni Jalan Ninjaku

  • Share
banner 468x60
Tanggal 31 Juli 2020 ditetapkan selaku perayaan Idul Adha 1441 H. Alhamdulillah, itu artinya dalam waktu dekat kaum muslimin dari banyak sekali penjuru dunia akan merayakan hari keagamaan paling besar kedua setelah Idul Fitri. Yeay!
Di satu sisi kita merasa senang. Namun di sisi lain kita juga merasa murung. Adanya pandemi covid-19 semenjak Maret lalu menciptakan pelaksanaan Idul Adha tahun ini terasa lebih berat dibanding tahun-tahun sebelumnya.
Suasana pemotongan binatang kurban Dompet Dhuafa di Desa Jampang, Bogor pada 2019 (dokpri)
Tak mampu dipungkiri, penyebaran wabah corona mengakibatkan banyak penduduk terdampak ekonomi. Tak cuma mengakibatkan seseorang mengalami penurunan pendapatan, tetapi juga berdampak pada hilangnya pekerjaan dan bahkan kebangkrutan.
Virus corona emang enggak kelihatan. Namun efek yang dihasilkan kan maen. Dampak ekonomi yang terasa juga turut membuat geliat penduduk untuk berkurban pada tahun ini menjadi menyusut. Boro-boro untuk berkurban. Bisa bertahan hidup di tengah-tengah penurunan pendapatan, PHK dan kebangkrutan saja sudah hebat.
Bagi yang tinggal di kota-kota besar khususnya Jakarta, menerima kanal kurban setiap tahunnya sih hal biasa. Bahkan bisa jadi jumlah kurbannya selalu keunggulan. Namun bagi yang tinggal di daerah pelosok, bukan tak mungkin hewan kurban ialah hal langka. Apalagi berdasarkan data IDEAS (Indonesia Development Islamic Studies) Dompet Dhuafa pada 2019, masih banyak masyarakat di wilayah luar Jakarta yang belum mencicipi hewan kurban alasannya adalah keterbatasan ekonomi.
Hewan kurban Dompet Dhuafa pada 2019 (dokpri)
Ironis memang. Sebelum pandemi, jumlah penduduk di Indonesia yang belum mencicipi binatang kurban saja masih banyak. Apalagi ketika pandemi. Tapi apakah kita tetap membiarkan jumlah orang yang enggak kebagian hewan kurban pada tahun ini makin bertambah?

Tentu enggak mau dong? Kalau ada uang buat berkurban sih alhamdulillah. Namun jikalau belum mampu, maka hanya ada satu caranya:

Tunjukkan jalan ninjamu dengan berzakat daging di Dompet Dhuafa! 

Kenapa Sedekah Daging Kurban?

Seperti dibahas di awal, periode pandemi seperti kini adalah masa-periode yang sulit bagi semua orang. Nah, berangkat dari itulah Dompet Dhuafa kemudian mengeluarkan terobosan berupa program sedekah daging kurban. Hal itu karena Dompet Dhuafa percaya bahwa masih banyak orang baik di negeri ini.
Sesuai namanya, acara sedekah daging tergolong pada ibadah sedekah. Meskipun nantinya nominal sedekah akan dikonversikan menjadi hewan, niat dan akadnya yakni komitmen untuk berzakat, bukan janji kurban.
Ini sesuai dengan isi surat At Thalaq ayat 7 yang berbunyi, “Dan orang yang disempitkan rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak memikulkan beban terhadap seseorang melainkan (sekadar) apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan menawarkan kelapangan sesudah kesempitan.”
Tujuan utama dari acara sedekah daging ialah untuk mengakomodir keinginan dan niat baik masyarakat yang bergotong-royong ingin berkurban namun tidak jadi dikerjakan alasannya terkendala biaya balasan pengaruh covid-19. Selain itu, program ini juga bermaksud untuk menghemat terjadinya pengurangan distribusi hewan kurban ke berbagai kawasan pelosok di Indonesia karena pandemi. Intinya sih, jangan hingga pandemi menyurutkan jumlah penyaluran hewan kurban dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Simbolis penyerahan daging kurban Dompet Dhuafa di Desa Jampang, Bogor pada 2019 (dok. Dompet Dhuafa)
Lalu berapa nominalnya? Bicara nominal, jumlahnya terjangkau banget! Hanya dengan mengeluarkan sedekah/bantuan minimal Rp100.000, kau pun sudah bisa ikutan sedekah daging dan membuatnya sebagai jalan ninjamu untuk menunjukkan ketaqwaan terhadap Allah! 
Donasi yang terkumpul nantinya akan dikonversi menjadi binatang kurban yang lalu akan disalurkan ke pelosok nusantara. Enggak perlu cemas sama penyalurannya. Dompet Dhuafa sudah terpercaya sejak 1993 dan bahkan sempat penghargaan Ramon Magsaysay 2016.
Bagi yang ingin ikut serta, caranya gampang. Cukup dengan mendatangi link berikut ini kemudian donasi sesuai nominal yang kau inginkan, kau pun sudah turut berkontribusi dalam penyebaran daging kurban.
Yuk berinfak daging di Dompet Dhuafa!
Jika Naruto, bapaknya Borutu berkata bahwa “Aku tak akan menawan kembali kata-kataku sebab itu jalan ninjaku”. Maka sekarang tak ada salahnya bagimu untuk berkata,
“sedekah daging kurban yakni jalan ninjaku untuk menunjukkan ketaqwaan terhadap Allah.”
banner 336x280
Baca juga:  Gb Sanitary Bikin Upgrade Rumah Jadi Makin Gampang
banner 120x600
  • Share