Scouting For Boys : Disiplin Diri Sendiri (Kepatuhan & Ketertiban)

Diposting pada

CERITA API UNGGUN No.21 :  DISIPLIN DIRI SENDIRI

  • Kehormatan
  • Kepatuhan & Ketertiban
  • Keberanian
  • Kegembiraan

KEPATUHAN & KETERTIBAN

Kepatuhan dan ketertiban ialah sama pentingnya dengan keberanian bagi seorang pramuka maupun prajurit.
Birkenhead ialah sebuah kapal pengangkut yang memuat tentara. Kapal itu mengangkut 630 orang prajurit beserta keluarganya dan 130 orang pelaut. Pada suatu malam, di bersahabat Tanjung Harapan kapal itu menabrak watu karang dan mulai pecah.
Para prajurit segera berbaris di atas dek. Beberapa orang diperintahkan mengeluarkan perahu-perahu penolong dan memasukkan wanita serta bawah umur ke dalamnya. Sedangkan yang lain diperintahkan melepaskan kuda dari sangkar dan menurunkan mereka ke laut, sehingga hewan-hewan itu sanggup berenang ke pantai. Ketika itu semua perintah telah dilaksanakan, namun ternyata tidak ada bahtera untuk mengangkut para lelaki, jadi mereka itu diperintahkan biar tinggaI di tempatnya masing-masing.
Kemudian kapal itu patah menjadi dua dan mulai tenggelam. Kaptennya berteriak kepada anak buahnya biar meloncat ke dalam air dan menyelamatkan diri, tetapi opsir yang berkuasa, Kolonel Seaton, berkata: “Tidak, tinggal di tempatmu masing-masing!” Sebab ia tahu, bahwa kalau mereka itu berenang ke perahu-perahu penolong yang penuh dengan para wanita dan bawah umur dan mencoba masuk ke dalamnya, mungkin sekali mereka akan menenggelamkan perahu-perahu tersebut.
Demikianlah, orang-orang itu tetap tinggal di tempatnya masing-masing dan dikala kapal itu terguling dan tenggelam, mereka itu bersorak dan ikut karam pula. Dari seluruh 760 orang penumpang yang ada dikapaI itu, hanya 192 orang yang sanggup tertolong, tetapi mereka itu mungkin akan lenyap pula andaikata tidak demi kepatuhan serta dari orang-orang lain.
Sebuah kapal instruktur lnggris, Fort Jackson, penuh dengan ditabrak sebuah kapal, tetapi menyerupai juga pada kapal Birkenhead, tanpa ada kebingungan atau teriakan, anak buah kapal itu segera mengenakan alat penolong mereka, dan dengan hening serta kesungguhan hati menghadapi ancaman dan tak seorangpun yang lenyap.
Kesederhanaan
Kesederhanaan ialah salah satu hal yang dibiasakan oleh kesatria. Meskipun mereka itu umumnya lebih unggul daripada orang lain dalam peperangan ataupun dalam serangan, mereka tak pernah sombong. Oleh sebab itu janganlah sombong.
Dan janganlah mengira, bahwa kau di dunia ini memiliki banyak sekali macam hak. Hak yang kau miliki ialah hak yang kau peroleh dari dirimu sendiri. Kamu berhak dipercaya oleh orang lain, apabila hak itu kau peroleh sebab selalu berbicara secara benar, dan kau masuk ke dalam penjara kalau hak itu kau peroleh dengan mencuri.
Banyak sekali orang berteriak meminta hak-haknya, namun mereka pernah berbuat sesuatu untuk memperoleh hak ini atau hak itu. Jalankanlah kewajibanmu terlebih dahulu, biar kau kemudian akan mendapat hak-hakmu.

Lihat Entry/Topik Terkait

Sumber :

“Scouting For Boys”, Baden Powell –  “Memandu untuk Putera” Alihbahasa Kwarnas Gerakan Pramuka, 1988