banner 728x250

Review Film Trumbo (2015), Fenomena Narrative Transportation

  • Share
banner 468x60

Trumbo, Film Inspiratif Seorang Penulis Naskah Skenario

banner 336x280

Rumor keterlibatan Trumbo dalam beberapa film tersebut rupayanya membuat media dan orang-orang ingin tau. Puncak dari kesuksesan Trumbo yaitu menulis naskah film Spartacus yang diadaptasi dari Novel Exodus. Tahun 1958, Trumbo mengakui bahwa beliau di balik semua film hebat yang mendapat penghargaan tadi. Kemudian besoknya harinya, di halaman depan majalah New York Times sutradara Film Spartacus menunjukkan balasan siapa penulis film mahir tersebut. “Otto Preminger Announces “Exodus” Written by Dalton Trumbo”, begitu judul yang diberitakan oleh majalah New York Times.

Film Trumbo kalau dikaitkan dengan estetika film, tidak hanya selaku alat isu tapi juga sebagai alat propaganda dan alat politik. Estetika selaku pijakan pisau analisis suatu karya seni (film), bersahabat kaitannya dengan komponen-unsur yang melekat pada karya tersebut untuk menangkap maksud dan tujuan (nilai-nilai) yang terkandung di dalamnya.

Film kalau dilihat dari estetikanya selalu memberikan kesan tersendiri. Alur yang dimainkan dalam film membawa ihwal dan misi tersendiri, bila itu dikaitkan dalam perspektif film selaku praktik sosial. Namun, sebagai orang dalam melihat estetika film seperti peran pemeran seperti “saya” dalam suatu film. Hal ini disebut sebagai fenomena Narrative transportation, ialah sebuah keadaan di mana penonton merasa sangat terlibat dalam alur sebuah dongeng. Dalam beberapa keadaan, fenomena ini bisa memengaruhi perilaku dan perilaku seseorang di dunia nyata setelah simpulan membaca atau menonton suatu film.

Narrative transportation atau angkutannarasi terjadi dikala penonton membayangkan plot kisah terjadi dalam kehidupan. Saat penonton menonton sebuah film, kadang dia membayangkan huruf dan sikap para tokoh adalah diri sendiri. Hal ini menjadikannya bisa merasa tenggang rasa terhadap huruf suatu tokoh.

Nilai narrative transportation yang terjadi ketika saya menonton film Trumbo yakni kegigihannya dalam berkarya, walaupun dalam beberapa kondisi dia menjadi anonim dalam karya-karyanya. Selain itu, Trumbo juga memberikan penyadaran bahwa keluarga adalah rekan kerja yang bagus kalau di manajemen dengan baik.

bubuk yandi

banner 336x280
Baca juga:  Tes Kecepatan Mengetik 10 Jari Anda Disini
banner 120x600
  • Share