banner 728x250

Reptil Terbang Terbesar Di Australia Ditemukan

  • Share
Reptil Terbang Terbesar Di Australia
banner 468x60

Ilmuwan dari University of Queensland telah menemukan rahang pterosaurus di Wanamara Country, dekat Richmond di North West Queensland. Pterosaurus ini, bernama Thapunngaka shawi, diyakini sebagai reptil terbang terbesar di Australia.

Pterosaurus memiliki panjang sekitar tujuh meter lebar sayap. Menurut para ilmuwan, ia pasti membubung seperti naga di atas laut pedalaman yang luas dan kuno.

banner 336x280

Analisis mengungkapkan bahwa Thapunngaka shawi milik sekelompok pterosaurus yang dikenal sebagai anhanguerians. Mereka memiliki tulang berdinding tipis dan relatif berongga.

Tim Richards, dari Lab Dinosaurus di Sekolah Ilmu Biologi UQ, mengatakan, hal terdekat yang kita miliki dengan naga kehidupan nyata. Pterosaurus baru dengan mulut seperti tombak dan lebar sayap sekitar tujuh meter.”

“ Itu pada dasarnya hanya tengkorak dengan leher panjang, dibaut pada sepasang sayap panjang. Hal ini akan menjadi sangat biadab.”

“Sebelumnya, itu akan membuat membayangi beberapa dinosaurus

kecil yang gemetaran yang tidak akan mendengar mereka datang sampai terlambat.”

“Tengkorak itu sendiri akan memiliki panjang lebih dari satu meter, berisi sekitar 40 gigi, sangat cocok untuk menangkap ikan pemangsa besar yang diketahui menghuni Laut Eromanga di Queensland yang sudah tidak ada lagi. Meskipun pterosaurus bisa terbang, mereka tidak seperti burung atau bahkan kelelawar.”

“Mengingat adaptasi ini, sisa-sisa fosil mereka jarang dan sering kurang terpelihara. Fosil hewan-hewan ini benar-benar ada.”

“Dengan standar dunia, Catatan pterosaurus Australia buruk, tetapi penemuan Thapunngaka berkontribusi besar pada pemahaman kita tentang keanekaragaman pterosaurus Australia.”

Dr. Steve Salisbury, rekan penulis makalah dan Ph.D. supervisor, mengatakan

, “Yang paling mencolok dari spesies anhanguerian baru ini adalah ukuran tulang yang sangat besar. jambul di rahang bawahnya, yang mungkin juga ada di rahang atas.”

“Lambang-lambang ini mungkin memainkan peran dalam dinamika penerbangan makhluk-makhluk ini, dan mudah-mudahan, penelitian di masa depan akan memberikan jawaban yang lebih pasti.”

Baca juga:  Seperti Apa Obat Covid-19 yang Sesuai Saat Isolasi Mandiri? - Nasional - lagikepo.com - LAGIKEPO

Referensi Jurnal:

    1. Timothy M. Richards dkk. Spesies baru pterosaurus jambul (Pterodactyloidea, Anhangueridae) dari Kapur Bawah (Albian atas) di Richmond, Queensland Barat Laut, Australia. DOI: 10.1080/02724634.2021.1946068

 

banner 336x280
banner 120x600
  • Share