Regu Penggalang : Regumu Rumahmu

Diposting pada

Regumu Rumahmu

Janganlah adik bangga terhadap regumu jikalau anggotamu merupakan Pramuka-pramuka yang baik, sopan dan perwira, rajin dan ulet hanya dalam latihan Pramuka dan selagi mereka mengenakan pakaian seragam dan gejala Pramuka saja! Berbanggalah, jikalau anggotamu di rumah masing-masing dan di mana saja mereka berada, merupakan bawah umur yang baik, etika dan perwira, rajin dan giat! Berbanggalah adik, jikalau mereka tahu akan kewajibannya di rumah dalam memelihara keindahan rumah dan kebersihah pekarangannya, terutama dalam hal membantu pekerjaan ibu dan ayahnya sehari-hari!
Berbanggalah adik, jikalau mereka menyayangi rumahnya, menyayangi kedua orang tuanya dan keluarganya, terutama dalam hal taat dan mengabdi kepada kedua orang renta di rumahnya masing-masing. Berbangga dan berbesar hatilah adik, jikalau mereka juga tunduk dan taat serta mengabdi kepada Tuhan dengan jalan taqwa dan melaksanakan ibadahnya terhadap Tuhan berdasarkan fatwa agamanya masing-masing!
Selaku PINRU, adik juga harus sanggup pertanda kepada para anggotamu, bahwa adik pun sama menyerupai mereka memiliki kewajiban dan perjuangan ke arah itu. Sebab teladan yang baik bagi anggota-anggota itu ialah bahwa adik juga melaksanakan itu semua. Adik harus sanggup menjadi teladan dan suri teladan bagi mereka! Bila adik tidak berusaha dan tidak ikut serta melaksanakan apa yang adik banggakan menyerupai di atas tadi, maka akan lainlah pandangan para anggotamu terhadap dirimu itu. Apalagi Kakak Pembinamu.
Kaprikornus usahakanlah biar adik juga menyerupai mereka, bahkan adik dahululah yang harus bertindak berlaku sopan, baik, tahu kewajiban dan lain sebagainya sesuai dengan harapan Dasa Darma Pramuka. Untuk itu, adik sanggup mengaadakan kunjungan anjangsana kepada teman-temanmu di rumah masing-masing, pada waktu luang. Adik sanggup melihat dari erat dan mengetahui bagaimana anggotamu bertingkah laris dirumahnya. Benarkah tingkah laris mereka itu sudah sesuai dengan Dasa Darma Pramuka? Seandainya belum, maka kewajibanmu pulalah untuk membawa dan membina mereka biar itu semua sanggup ditepati dan dilaksanakan oleh para anggotamu. Usahakanlah dan berlatihlah dengan baik di rumah, alasannya yaitu rumahlah daerah satu-satunya untuk melatih diri mencapai harapan kita menjadi seorang Pramuka Indonesia yang setia dan berguna!

Regumu dan Sekolah

Sebagai seorang pemimpin regu, adik boleh merasa bangga dan riang hati jikalau para anggota regumu sanggup dikatakan orang : “mereka yaitu pramuka-pramuka penggalang yang baik, tahu kewajiban di rumah dan di sekolahnya”.Artinya, di rumah mereka selalu memperhatikan kewajibannya dengan jalan memelihara kebersihan dan keindahan rumah dan pekarangannya, tunduk dan taat kepada ayah dan ibu serta melaksanakan ibadah terhadap Tuhan, dan semua itu dilakukan dengan baik dan sempurna pada waktunya.
Di sekolah, mereka tahu akan kewajiban sebagai seorang murid dan berusaha serta memperlihatkan dirinya rajin dan ulet mengikuti semua mata pelajaran dan aktivitas sekolah. Mereka juga taat kepada peraturan sekolah yang dibentuk oleh sekolah atau yang ditentukan oleh ibu dan bapak gurunya. Mereka menghargai dan menghormati ibu dan bapak gurunya sebagai orang yang lebih tahu menyerupai kedua orang tuanya di rumah dan Kakak Pembina dalam Pasukan. Mereka rukun dalam pergaulan dengan sesama sobat di sekolah. Mereka juga saling bersama-sama dalam hal kesulitan pelajaran, bersama-sama dalam krida sekolah. Menolong sobat yang ndeso dalam pelajarannya, yaitu kewajiban utama berdasarkan hati mereka. Karena itu mereka selalu mempelajari semua pelajaran sekolah dengan baik dan bersama-sama. Mereka menjaga kehormatan nama baik sekolahnya dan kelasnya, menyerupai dalam regu dan pasukannya. Itulah pandangan dari orang terhadap kita sebagai seorang Pramuka yang setia.
Bila adik mengetahui, bahwa di antara anggota regumu ada yang menerima angka yang kurang pada salah satu mata pelajaran atau lebih, selaku PINRU adik harus bijaksana dengan memperlihatkan dorongan padanya untuk mengejar kekurangan dan keterbelakangan pelajarannya itu. Misalnya dengan cara mempersilahkan anggotamu itu untuk sementara waktu tidak mengikuti latihan itu dipakai untuk mencar ilmu dengan tekun guna mengejar keterbelakangan atau nilai yang kurang dari mata pelajarannya di sekolah. Bila ternyata di kemudian hari ia sanggup mempelajari pelajaran sekolahnya dengan nilai yang baik kembali, maka ia dipersilahkan lagi untuk mengikuti latihan dan pertemuan regu. Selaku PINRU adik harus selalu waspada terhadap anggotamu, tidak hanya memperhatikan latihan Pramuka saja, sedang soal sekolah dan rumahnya diabaikannya!
Kepada anggota yang demikian itu, adik harus sanggup memperlihatkan peringatan dan nasihat-nasihat yang sanggup dimengerti olehnya. Perbuatan yang demikian itu tidak dibenarkan oleh Gerakan Pramuka, jangan adik lupa pula, bahwa selaku PINRU adik harus menjadi teladan langsung yang faktual bagi setiap anggota regumu itu. Perbuatan, sikap ucapan dan itikadmu harus faktual kelihatan oleh teman-temanmu sebagai citra sikap seorang Pramukas sesuai isi dan makna Dasa Darma. Dengan demikian adik akan dicontoh oleh teman-temanmu seregu atau juga oleh teman-temanmu sesekolah. Usahakanlah dirimu lebih dahulu menaati tata tertib di sekolahmu, di rumah dan di Gerakan Pramuka.
lman harus dinyatakan dengan amal yang soleh
Setialah pada kewajibanmu dan hiduplah sesuai dengan Dasa Darma Pramuka
Lihat entri/topik terkait :
Sumber :
“Penuntun Bagi Pemimpin Regu”, TA Soebandi MT. Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta 1988.