Regu Penggalang : Melatih Dan Membina Anggota Baru

Diposting pada
 

Sewaktu-waktu regumu akan mendapatkan anggota gres untuk melengkapi dan memperkuat regumu!

Untuk itu adik selaku PINRU dan sebagai Kakak dari bawah umur itu harus sanggup membina dan menunjukkan tuntunan untuk menjadi anggota regumu dan menjadi seorang Pramuka Penggalang yang berwatak dan berkepribadian luhur, cerdas dan tangkas sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Dasa Darma dan Trisatya. Kaprikornus jelaslah, bahwa anak yang gres itu juga harus bersifat ksatria menyerupai adik kini ini.
Pembinaan dan tuntunan yang diberikan kepada anak itu tentu tidak adik lakukan sendiri. Adik sanggup menunjuk salah seorang anggota regumu yang sudah mencapai tingkat Rakit atau Terap atau anak lain sesuai dengan pembagian kiprah dalam regumu. Anggota yang ditunjuk untuk menuntun anak itu bertanggung jawab hingga anak yang gres itu mengenal dan tahu kehidupan dalam regu dengan jiwa regu, tata kehidupan regu dan ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam Gerakan Pramuka, khususnya dalam regumu. Penuntun yang bertangung itu harus berusaha menunjukkan citra positif perihal peri kehidupan Pramuka Penggalang dalam regumu dan harapan setiap anggota Gerakan Pramuka.
Sebelumnya, sudah barang tentu Pembinamu yang mendapatkan anak itu, dan telah diberikan citra positif olehnya. Tapi tidak selengkapnya. Hanya garis besarnya saja. Kepada anak itu harus diberi contoh-contoh yang positif dari langsung kita atau si penuntun itu sendiri, disamping contoh-contoh lainnya. Si penuntun harus sanggup menciptakan anak yang gres itu bahagia dan merasa dirinya kerasan menyerupai berada dalam lingkungan keluarganya sendiri, di dalam regumu itu. lni harus benar-benar sanggup adik usahakan.
Bila anak itu sudah merasa dirinya kerasan dan bahagia dengan cara hidup berpramuka dalam regumu dan ia menentukan jalan untuk menjadi anggota regumu, maka si penuntun melanjutkan tuntunan dan bimbingannya biar anak itu memahami Dasa Darma dan Trisatya Pramuka Penggalang. Sudah barang tentu dibutuhkan waktu cukup lama, alasannya yaitu kita tidak sanggup memberi pengertian itu sekaligus kepada anak yang gres masuk itu. Sebagai PINRU adik juga harus menunjukkan dorongan kepada si anak dan menjelaskan syarat-syarat yang harus ditempuh dan ditaati oleh setiap Pramuka Penggalang. Syarat-syarat itu menyerupai halnya dengan SKU tingkat Penggalang Ramu. (Pelajari buku kecil Menempuh Kecakapan Umum Tingkat Ramu).
Di samping itu adik pun menunjukkan klarifikasi kepadanya, bahwa :

  • Ia sanggup menjadi seorang Pramuka Penggalang yang baik, bila ia mau berusaha dengan ulet dan rajin.
  • Teman-teman seregunya akan membantu dengan lapang dada hati bila diperlukan.
  • Ia sanggup mengemban amanah alasannya yaitu kehormatan dirinya.
  • Ia harus rajin dan ulet mengikuti latihan dan pertemuan yang diadakan oleh regu dengan riang dan gembira.
  • Ia selalu berbuat jasa dan berbakti serta berbuat kebajikan terhadap sesamanya, terutama kepada kedua orang bau tanah di rumah dan kepada guru di sekolahnya.
  • Pramuka Penggalang dikenal orang berkelakuan baik, etika dan perwira, bukan alasannya yaitu seragam dan gejala pramukanya saja.
  • Cita-cita Pramuka lndonesia tersirat dalam Dasa Darma Pramuka yang diminta untuk diamalkan serta ditepati oleh setiap anggota keluarga besar Gerakan Pramuka lndonesia.

Selanjutnya segala sesuatu yang perlu diketahui dan dikuasai oleh anak itu diberikan sambil berjalan di dalam dan di luar pertemuan atau latihan regu/pasukan. Dengan cara beranjang karya ke rumah anak itu atau sebaliknya adik atau si penuntun akan berhasil membina anak itu. Tetapi ingat, bahwa setiap anak atau insan memiliki kesibukan di rumahnya masing-masing. Maka pilihlah waktu yang baik dan senggang untuk melaksanakan anjang karya itu.

Bila anak itu telah memenuhi SKU penggalang Ramu dengan baik, maka anak itu dibina dan diajarkan dalam musyawarah Dewan Kehormatan. Dalam Dewan Kehormatan ini diadakan pembicaraan dan penelitian atas diri anak itu. Maka Pembinamu akan melantiknya, bila sidang Dewan Kehormatan itu menganggap baik dan mendapatkan pengajuanmu itu. Anak itu dilantik oleh Kakak Pembina Pasukan dalam suatu Upacara Pelantikan Pasukan yang sederhana tetapi khidmat dan berkesan bagi si anak yang dilantik, yang dihadiri pula oleh kedua orang bau tanah si anak dan para permintaan lainnya bila diperlukan.
Selaku PINRU berusahalah melatih dan membina serta rnenuntun anak yang gres itu, disamping para anggota regumu. Mintalah saran-saran dan petunjuk-petunjuk dalam hal ini dari Kakak Pembinamu. Sebab sudah barang tentu adik masih banyak kekurangannya, baik di dalam cara maupun di dalam pelaksanaannya. Kakak Pembinamu akan selalu bersedia menerimamu dan menunjukkan petunjuk.

  • Usahakan biar anak yang gres itu mengerti akan adanya kerukunan dan kegotongroyongan dalam regumu.
  • Tanamkan rasa persaudaraan dalam regumu dengan citra positif kepada anak yang gres itu.
  • Doronglah ia biar ia mau bahu-membahu anggota regu lainnya mencapai harapan regu dan harapan Gerakan Pramuka.
  • Ingatkan padanya, bahwa kewajiban utama dalam melangkah menuju hidup, yaitu taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Lihat entri/topik terkait :

Sumber :
“Penuntun Bagi Pemimpin Regu”, TA Soebandi MT. Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta 1988.