Proses Kehidupan Insan Di Zaman Praaksara

Diposting pada
Proses Kehidupan Manusia di Zaman Praaksara | Masa sebelum memasuki masa sejarah disebut masa prasejarah atau masa pra-aksara. Zaman pra-aksara disebut juga zaman Nirleka. Masa pra-aksara tidak sanggup dilacak menurut sumber tulisan, alasannya pada masa tersebut belum ada goresan pena atau belum dikenal aksara. Namun, perkembangan kebudayaan insan masa tersebut sanggup dilacak menurut sumber-sumber yang berupa fosil yakni sisa-sisa makhluk hidup yang hidup pada zaman tersebut dan telah membatu, serta artefak yakni alat-alat yang dipakai pada masa tersebut.
Proses Kehidupan Manusia di Zaman Praaksara Proses Kehidupan Manusia di Zaman Praaksara
Pembabakan kehidupan insan pada masa pra-aksara sanggup dibagi menjadi beberapa zaman menurut teknologi yang digunakan. Pembabakan kehidupan insan di zaman praaksara yaitu sebagai berikut.
a. Zaman Batu Tua
Zaman kerikil renta disebut juga paleolitikum atau masa berburu dan meramu. Pada zaman ini, kehidupan insan masih sangat tergantung pada alam dan berpindah-pindah (nomaden). Makanan didapat dari sumber masakan yang ada di sekitar daerah tinggal. Tempat tinggal insan pada masa ini biasanya erat dengan sumber air yang berpohon banyak dan berelief datar. Alat-alat yang dipakai masih sangat sederhana bentuknya dan terbuat dari kerikil atau tulang.
b. Zaman Batu Tengah
Zaman kerikil tengah disebut juga mesolitikum atau masa berburu dan meramu tingkat lanjutan. Pada zaman ini, insan hidup di gua-gua dan masih berpindah-pindah. Makanan didapat dengan cara berburu hewan-hewan liar dan buah-buahan dari pepohonan yang ada di hutan. Manusia masih memakai alat-alat terbatas yang terbuat dari kerikil dan tulang dengan bentuk yang lebih baik. Sumber daya alam masih bisa memenuhi kebutuhan hidup manusia.

c. Zaman Batu Baru

Zaman kerikil gres disebut juga neolitikum atau masa bercocok tanam. Pada zaman ini, insan mulai mengenal bercocok tanam secara berladang dan tinggal menetap di erat ladang-ladang yang mereka buat sesudah membabat hutan dengan sistem ladang berpindah. Setelah berkali-kali panen dan kesuburan ladang berkurang, mereka akan berpindah dan membuka ladang gres di tanah yang masih subur. Pada masa ini, insan mulai memelihara binatang ternak dan hidup dalam kelompok-kelompok besar serta mulai mengenal kepemimpinan secara terbatas. Peralatan yang dipakai masih terbuat dari kerikil yang berbentuk lebih baik dan diasah sampai halus.
d. Zaman Logam
Zaman logam disebut juga masa perunggu dan besi atau masa perundagian. Pada zaman ini, insan telah menetap dan mulai mengenal pembagian kerja menurut keahlian tertentu. Karena itu, kehidupan masyarakat pada zaman ini telah mengenal adanya pembagian status menurut jumlah kekayaan yang dimiliki. Manusia pada zaman ini juga telah mengenal peralatan yang terbuat dari logam tertentu yang gampang didapat ibarat perunggu dan besi.
Demikian pembahasan mengenai Proses Kehidupan Manusia di Zaman Praaksara, biar sanggup bermanfaat.
[Sumber referensi : Suprihartoyo, Djuminah, Esti Dwi Wardayati. 2019. Ilmu Pengetahuan Sosial 1 : untuk Sekolah Menengah Pertama dan MTs Kelas VII. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
bse.kemdikbud.go.id]