banner 728x250

Pertanyaan Dan Balasan Penting Terkait Mapel Informatika

  • Share
banner 468x60

Berikut Pertanyaan (Q) dan Jawaban (A) Penting Terkait Mapel Informatika yang aku dapatkan dari group telegram Informatika:

Q : Apakah dasar aturan/payung hukumnya ?
A : Permendikbud 35 dan 37 Tahun 2018 (Sekolah Menengah Pertama) dan Permendikbud 36 dan 37 Tahun 2018 (SMA)

banner 336x280

Q : Bagaimana implementasinya ?
A : Untuk SMP “Prakarya dan/atau Informatika”, Sekolah mampu memilih Prakarya semua atau menentukan Informatika semua atau sebagian rombel menentukan Informatika dan sebagian rombel lainnya menentukan Prakarya.
Untuk jenjang SMA dalam bentuk pilihan Lintas Minat.

Q : Berapa jumlah jam nya ?
A : Untuk SMP kelas VII sebanyak 2 JP dan Sekolah Menengan Atas kelas X sebanyak 3 JP. Sebaiknya diterapkan secara bertahap, untuk tahun pertama dimulai dari kelas VII (SMP) dan X (Sekolah Menengan Atas).

Q : Apakah Permendikbud 68 Tahun 2014 dan Permendikbud 45 Tahun 2015 masih berlaku ?
A : Permendikbud 68 dan 45 masih berlaku yang menertibkan Gurunya dan Permendikbud 35,36,37 Tahun 2018 mengatur perihal Mata Pelajarannya. Permendikbud 68 / 45 akan tetap berlaku sampai dengan dikeluarkannya permendikbud gres yang mengontrol perihal Guru Informatika.

Q : Apakah kelas VIII dan IX (SMP) serta XI dan XII (SMA) masih bisa memakai Permendikbud 68 / 45 ?
A : Ya, untuk kelas VIII, IX, XI dan XII mampu menggunakan peraturan lama sedangkan kelas VII dan X memakai Permendikbud 35, 36, 37.

Q : Apakah ada silabus, rpp dll mengenai Informatika ?
A : Secara resmi PUSKURJAR cuma akan mempublikasikan MODEL Silabus, RPP dan Bahan Ajar dalam bentuk Repository untuk Guru mampu mengembangkannya sebab bahan informatika perkembangannya begitu cepat sehingga perlu senantiasa di update. Perlu kreatifitas lebih dari guru dalam mengembangkannya.

Q : Bolehkah kami tetap menggunakan permendikbud 68/45 untuk kelas VII dan X untuk tahun pedoman 2019/2020 ?
A : Boleh. Untuk tahap permulaan ini hanya sekolah-sekolah yang telah memenuhi syarat kecukupan sarana dan prasarana serta tenaga pendidik/guru yang mampu melakukan mata pelajaran informatika. Mata pelajaran Informatika akan secara bertahap dipraktekkan dan akan secara menyeluruh pada tahun 2021 mendatang. Mestinya sekolah dengan pengukuhan A, pelaksana UNBK Mandiri dan tersedia guru TIK sudah menyanggupi syarat kecukupan untuk penerapan Informatika. Pilihannya menjadi pioner/model atau menjadi follower.

Baca juga:  Apa Relevansinya Algoritma Dengan Flowchart?

Q : Apakah telah bisa masuk dapodik dan erapor ?
A : Untuk masuk dapodik tentu butuh waktu dan sedang dalam proses, alasannya adalah dapodik akan menyesuaikan dengan peraturan modern. Begitu juga dengan eraport sedang dalam proses integrasi. Pastinya tidak akan usang lagi karena payung hukumnya sudah ada.

Q : Persiapan apa yang harus dilaksanakan guru Informatika ?
A : Mengaktifkan lagi MGMP Sekolah dan MGMP di Zonanya masing-masing. Menganalisis KI/KD Informatika, Melakukan Evaluasi diri Siswa di kelas VII dan X, berbagi Silabus, Membuat Prota/Prosem, Mengembangkan RPP, Mengembangkan Bahan Ajar dan Penilaian Informatika.
Persiapan Guru Informatika : Bagian Ke 1 ihwal Analisis KI/KD Informatika
Persiapan Guru Informatika : Bagian Ke 2 wacana Evaluasi Diri Siswa

Q : Kapan ada training guru Informatika ?
A : GTK akan menyelenggarakan pembinaan guru Informatika melalui P4TK, LPMP, Komunitas Guru Pembelajar (MGMP) dan juga lewat Dinas Pendidikan setempat. Saat ini juknisnya sedang dalam finalisasi. Tentunya sekolah-sekolah pelaksana Informatika akan mendapatkan prioritas.

Q : Apakah sekolah boleh mengajukan diri ?
A : Saat ini sedang dijalankan screening data dapodik untuk memfilter sekolah-sekolah yang menyanggupi syarat sebagai pelaksana informatika dan hasil screening akan diserahkan ke direktorat terkait untuk diteruskan ke dinas pendidikan lokal selaku dasar prekomendasi dan penetapans ekolah pelaksana informatika. Sekolah juga mampu melakukan secara mampu berdiri diatas kaki sendiri mata pelajaran Informatika sepanjang menyanggupi syarat yakni kecukupan sarana dan prasarana, kecukupan pendidik/guru nya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share