banner 728x250

Permudah Guru Menulis Buku, Aplikasi Voice To Text Menjadi Jawabanya

  • Share
banner 468x60

Belum mampu mengetik cepat memakai komputer, dikala ini tidak lagi menjadi alasan dan kendala Guru dalam menciptakan suatu buku. Kegiatan penulisan Buku, penulisan karya ilmiah untuk Guru sangat berbagai diadakan diberbagai kawasan, aneka macam Organisasi Guru, perusahaan percetakaan yang berhubungan dengan perorangan, saling berlomba menyelenggarakan banyak sekali acara dengan tema literasi dan penulisan buku. Namun bagaimana balasannya? Apakah yang telah mengikuti acara penulisan buku telah terbit?

Berbagai argumentasi timbul, mirip tidak adanya waktu luang dalam mulai menulis buku, tidak arif mengetik di komputer, belum mendapatkan good mood, dan aneka macam argumentasi lain yang berakibat belum terbitnya buku Guru.

banner 336x280

Khusus alasan atau hambatan tidak berilmu mengetik di komputer, pada postingan ini akan aku jelaskan bagaimana cara mengoperasikan ponsel pintar yang setiap saat ada digenggaman tangan Anda, menjadi suatu senjata ampuh dan akan sungguh membantu tercapainya impian menerbitkan suatu buku, ialah mempergunakan aplikasi Gboard (Google Keyboard) untuk menulis dengan lisan.

Merubah suara menjadi teks (Voice to Text) atau menulis dengan ekspresi ini akan sungguh menolong dan mempercepat proses pengetikan naskah buku Guru. Dengan aplikasi Gboard yang terpasang di ponsel pintar ini, dimanapun dan kapanpun tidak mesti didepan laptop, Anda mampu mulai menulis draft buku Anda.

Instalasi Aplikasi

Untuk proses instalasi atau pemasangan aplikasi sama seperti proses instalasi aplikasi android kebanyakan, anda cuma perlu membuka aplikasi PlayStore, kemudian ketikan kata kunci Gboard, tekan tombol pasang/ install aplikasi, dan proses instalasi akan berjalan, silahkan tunggu beberapa ketika hingga muncul tombol Buka, mengambarkan aplikasi sukses terpasang.

Pengaturan Awal

Setelah proses instalasi akhir dilakukan, selanjutnya adalah pengaturan permulaan aplikasi Gboard supaya bisa dipakai sesuai keinginan kita.

Baca juga:  Mantab! G-Suite Education Gratis Dari Kemendikbud, Begini Cara Gampang Mendapatkannya

Pada jendela Bahasa dan Masukan, centang pada opsi Gboard,

Akan timbul jendela yang berisi peringatan terhadap pengguna: “Metode ini mampu mengumpulkan semua teks yang aAnda masukkan, kecuali kata sandi, termasuk data langsung dan nomor kartu kredit. Berasal dari aplikasi Gboard. Tetap gunakan?” Silahkan anda pilih OK.

Selanjutnya pada Langkah 1, Anda tekan tombol Aktifkan dalam Setelan,

lalu pada Langkah 2, tekan tombol Pilih Metode Masukkan,

selanjutnya aplikasi Gboard telah mampu Anda gunakan.

Pengaturan selanjutnya yakni Anda mampu menyertakan bahasa lain, misal dalam teladan ini aku akan menyertakan Bahasa Arab, Anda tekan tombol Tambahkan Keyboard.

Cara Penggunaan Aplikasi Gboard

Penggunaan aplikasi Gboard untuk mulai menciptakan draft Buku, sangatlah gampang, anda mampu gunakan aplikasi pengolah kata, Fast notepad atau color notes untuk proses pengetikan naskah bukunya.

Untuk mulai memakai fitur voice to text untuk mulai menulis dengan mulut, Anda tekan icon microphone kecil hitam, dan mulailah mengatakan dengan bahasa Indonesia, kalau hendak mengganti ke bahasa Arab, Anda tekan lama pada tombol spasi guna memilih opsi bahasa Arab, akibatnya mirip pada gambar berikut:

Sebagai suplemen tulisan ini, anda bisa mendengarkanvideo bimbingan yang sudah aku sediakan di chanel youtube Mung Media: http://bit.ly/gboard18

Demikian, supaya bermanfaat.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share