Permainan Pramuka Berkebutuhan Khusus : Roda Kilat

Diposting pada

NAMA PERMAINAN
RODA KILAT

KATEGORI
Permainan untuk Pramuka Tuna Daksa

TUJUAN
Permainan ini bertujuan untuk menghafalkan Dasa Darma Pramuka.

SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini penerima bisa :

  • Menyebutkan isi Dasa Darma
  • Melakukan motorik berangasan dan motorik halus
  • Menggunakan dingklik roda dengan terampil

METODE
Permainan

PESERTA
Pramuka Penggalang dan Penegak

WAKTU
45 menit, dengan rincian :

  • 10 menit Pengantar dan briefing
  • 25 menit Proses
  • 10 menit Debriefing

TEMPAT
Di luar – di dalam ruangan

PERALATAN

  • Kertas putih sejumlah Peserta
  • Alat tulis
  • Meja 1 buah diletakkan ditengah lingkaran

PELAKSANAAN

Pengantar dan briefing (10 menit)

  • Pembina mengumpulkan penerima dan membentuk lingkaran.
  • Pembina mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berdoa.
  • Pembina mengajak penerima melaksanakan tepuk Pramuka dan satu macam tepuk lainnya.
  • Pembina menjelaskan cara permainan sebagai berikut : (1)    Setiap penerima membawa selembar kertas dan alat tulis. (2)    Setelah mendengar aba-aba, setiap penerima menuliskan Darma kesatu di kertas dan mengayun dingklik rodanya ketengah bundar untuk meletakkan kertas tersebut dimeja, kemudian kembali ke daerah semula. Pembina akan menyembunyikan satu kertas. (3)    Setelah mendengar aba-aba, setiap penerima berusaha mengambil kertas di meja dan menuliskan Darma kedua. (4)    Permainan dilanjutkan dengan cara yang sama hingga penulisan Darma ke sepuluh. (5)    Di setiap penulisan Darma akan terdapat penerima yang tidak mendapat kertas/gugur. Pemenang ialah penerima yang sanggup menuliskan lengkap isi- Dasa Darma.

Proses (25 menit)

  • Pembina meminta seluruh kelompok bersiap ditempat dan memberi aba-aba/dengan suara peluit tanda permainan dimulai. Aba-aba akan dilakukan disetiap tahapan penulisan isi Dasa Darma.
  • Peserta melaksanakan permainan sesuai hukum selama 25 menit.
  • Pembina mengamati proses permainan untuk melihat kemungkinan terjadinya kesalahan dalam permainan.
  • Setelah permainan selesai, pembina mengumpulkan seluruh penerima dan mengumumkan pemenangnya.
  • Peserta yang telah gugur harus melaksanakan satu atraksi sebagi hadiah bagi penerima yang berhasil.

Debriefing (10 menit)

  • Pembina menanyakan perasaan penerima sesudah mengikuti permainan.
  • Pembina membimbing penerima untuk mengucapkan isi Dasa Darma secara lengkap dan benar biar penerima hafal.
  • Pembina menutup kegiatan dengan bernyanyi dan berdoa bersama.
PENILAIAN
  • Ukuran : Proses permainan meliputi ranah emosional, sosial, intelektual, dan acara fisik yang menitikberatkan pada pengembangan intelektual dan fisik.
  • Cara : Mengamati proses permainan serta sanggup menuliskan dan menyebutkan isi Dasa Darma dengan benar.
CATATAN
  • Pembina sanggup memodifikasi hukum permainan diadaptasi dengan jumlah dan kondisi peserta.
  • Bagi penerima yang mengalami kesulitan menulis sanggup dibantu oleh pembina.

Selamat Memandu. Salam Pramuka

Sumber :
Permainan Pramuka Luar Biasa Tuna Daksa, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 2019