Permainan Pramuka Berkebutuhan Khusus : Kiprah Rahasia

Diposting pada
 

NAMA PERMAINAN
TUGAS RAHASIA

KATEGORI
Permainan untuk Pramuka Tuna Daksa

TUJUAN
Permainan ini bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab terhadap tugas.

SASARAN
Setelah mengikuti permainan ini penerima mampu:

  • Bertanggungjawab memberikan pesan dengan benar
  • Berkomunikasi dengan baik

METODE
Permainan

PESERTA
Pramuka Penggalang dan Penegak

WAKTU
45 menit, dengan rincian :

  • 10 menit Pengantar dan briefing
  • 25 menit Proses
  • 10 menit Debriefing

TEMPAT
Di luar – di dalam ruangan

PERALATAN

  • Kertas.
  • Alat tulis.

PELAKSANAAN

Pengantar dan briefing (10 menit)

  • Pembina mengumpulkan peserta.
  • Pembina mengucapkan salam, memperkenalkan diri, dan berdoa.
  • Pembina mengajak penerima melaksanakan tepuk pramuka/satu macam tepukan lainnya dan satu lagu kepramukaan.
  • Peserta membentuk bulat besar dan merentangkan tangan untuk mengatur jarak.
  • Pembina menjelaskan cara permainan sebagai berikut : (1)    Pesan disampaikan oleh pembina secara berbisik kepada penerima pertama. Peserta pertama harus menuliskan pesan tersebut pada kertas, kemudian kertas dilipat. (2)    Peserta pertama menyerahkan lipatan kertas pesan dan membisikkan pesan ke penerima kedua. Pesan melalui bisikan dan tertulis dalam lipatan kertas disampaikan secara beranting hingga penerima terakhir. (3)    Peserta terakhir memberikan isi pesan yang diterimanya melalui bisikan di depan seluruh peserta, sesudah itu membaca isi pesan dalam lipatan kertas. Seluruh penerima akan membandingkan kedua pesan untuk mengetahui apakah pesan yang disampaikan secara berbisik tersebut tersampaikan atau tidak dengan benar (sama dengan goresan pena pesan).

Proses (25 menit)

  • Pembina meminta seluruh penerima bersiap di kawasan dan memulai permainan.
  • Peserta melaksanakan permainan sesuai hukum selama 25 menit.
  • Pembina mengamati proses permainan untuk melihat kemungkinan terjadinya kesalahan dalam permainan.
  • Setelah permainan selesai, pembina mengumpulkan seluruh penerima dan mengevaluasi proses permainan.

Debriefinng (10 menit)

  • Pembina menanyakan perasaan penerima sesudah mengikuti permainan.
  • Pembina menanyakan manfaat permainan dan memotivasi semoga penerima berusaha mendengarkan, memberikan dan melaksanakan setiap pesan/tugas dengan baik dan benar.
  • Pembina menutup kegiatan dengan bernyanyi dan berdoa bersama.

PENILAIAN

  • Ukuran : Proses permainan meliputi ranah emosional, sosial, intelektual, dan kegiatan fisik yang menitikberatkan pada pengembangan kemampuan fisik.
  • Cara : Mengamati proses permainan dan melihat hasil permainan.

CATATAN

  • Aturan permainan sanggup ditentukan sendiri oleh pembina dengan memperhitungkan jumlah peserta. Bila jumlah penerima dan luas arena kurang sesuai, maka penerima sanggup membentuk satu bulat lagi di bab dalam bulat pertama.
  • Setelah datang di penerima terakhir pada bulat pertama, maka beliau akanmelanjutkannya ke penerima bulat kedua yang berada di depannya.

Selamat Memandu. Salam Pramuka

Sumber :
Permainan Pramuka Luar Biasa Tuna Daksa, Kwarnas Gerakan Pramuka, Jakarta, 2019