Perkembangan Politik Dan Ekonomi Indonesia Pasca Ratifikasi Kedaulatan

Diposting pada
Perkembangan Politik dan Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan Perkembangan Politik dan Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan

Perkembangan Politik dan Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan | Kalian tentu sudah pernah melihat sapu lidi. Sapu lidi yang baik antara lain terdiri dari banyak lidi, besar dan panjang lidi hampir sama, serta diikat dengan tali yang kuat. Kalian sanggup membayangkan, bagaimana jikalau sapu lidi kurang dari sepuluh dan tidak diikat. Dapatkah dipakai untuk menyapu? Tentu tidak bukan? Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sanggup kita ibaratkan sebagai sapu lidi, jikalau bab dari negara bercerai berai sanggup dipastikan kehidupan bernegara tidak sanggup dilaksanakan dengan baik.

Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka dan berdaulat dengan wilayah mencakup bekas tempat jajahan Belanda, telah tercabik-cabik oleh politik devide et impera yang dilaksanakan oleh Belanda. Namun atas dasar semangat persatuan dan kesatuan NKRI tetap terwujud, meskipun sehabis akreditasi kedaulatan terjadi peristiwa-peristiwa politik maupun ekonomi.
Agenda yang masih harus diselesaikan oleh pemerintah RIS pada awal tahun 1950 yakni reorganisasi dalam badan Angkatan Perang. Selain harus mengatasi persoalan tersebut, kabinet RIS di bawah Hatta juga dihadapkan pada persoalan inflasi dan defisit dalam anggaran belanja. Pemerintahan kabinet RIS yang dibuat tanggal 20 Desember 1949 harus mengatasi kebobrokan bangsa akhir perang kemerdekaan dan banyak sekali persoalan nasional lainnya, mirip penyelesaian sengketa Irian Barat. Namun, belum sempat membuahkan hasil, desakan untuk kembali ke dalam bentuk negara kesatuan semakin menguat. Akhirnya, kabinet RIS di bawah pimpinan Drs. Moh. Hatta resmi dibubarkan pada tanggal 17 Agustus 1950.
Rangkuman bahan mengenai Perkembangan Politik dan Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan sanggup teman download di dalam bentuk power point di bawah ini.
Demikian sedikit share mengenai bahan Perkembangan Politik dan Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan, semoga sanggup bermanfaat. Jika ada link yang rusak atau gagal download silahkan bekomentar semoga kami sanggup memperbaikinya.
Sumber rujukan:
Agung Feryanto, dkk. 2019. Ilmu Pengetahuan Sosial : Kelas IX untuk SMP/MTs. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Danang Endarto,dkk. 2019. Ilmu Pengetahuan Sosial 3 : Untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Endar Wismulyani, dkk. 2019. IPS : untuk SMP dan MTs Kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Nurhadi, dkk. 2019. Jelajah Cakrawala Sosial 3 : Ilmu Pengetahuan Sosial; Untuk Kelas XI Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sanusi Fattah, dkk. 2019. Ilmu pengetahuan sosial : untuk SMP/MTs kelas IX. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.