Perjalanan Bakti Pramuka Pandega

Diposting pada

Input penerima didik  racana pandega :

  • Pramuka Penegak yang sudah berusia 20 tahun, 11 bulan, 30 hari dan berniat untuk melanjutkan pendidikan kepramukaan ke jenjang Pramuka Pandega.
  • Pemuda Indonesia yang bersusia  21 – 23 tahun yang berniat ikut dan masuk ke pendidikan kepramukaan jenjang Pandega, Usia 23 tahun yakni usia ideal sehingga yang bersangkutan bisa mengikuti masa pendidikan Pandega selama 2 tahun sebelum hasilnya menjadi  anggota dewasa, meski demikian tidak tertutup pula bagi cowok Indonesia yang berusia 24 tahun lebih untuk masuk menjadi anggota racana dengan resiko tidak sanggup optimal mengikuti proses pendidikan pramuka pandega.
  • Calon Pandega pindahan dari Racana lain oleh alasannya yakni satu dan lain hal dan bukan lantaran cacat moral, cacat janji  maupun lantaran pelanggaran tata budpekerti di racana yang lama.

Tahap Calon Pandega :

  • Calon Pandega dipersiapkan untuk menjadi pemimpin dan pembina pramuka yang cakap, jujur dan bertanggungjawab.
  • Selama menjadi calon pandega mereka berkewajiban menuntaskan SKU tingkat pandega melalui kegiatan praktek bakti satuan, bakti masyarakat dan bakti lingkungan.
  • Para calon pandega diberi kesempatan untuk berbagi kepribadian, kepemimpinan dan tanggungjawab sosialnya di tengah masyarakat.
  • Lama menjadi calon pandega sedikitnya 6 bulan.

Tahap Pandega

  • Pandega ialah calon pandega yang telah menuntaskan SKU Pandega dan telah mengambarkan diririnya mentaati tata budpekerti racana secara konsekuen dan bertanggungjawab.
  • Perpindahan status dari calon pandega ke pandega dilakukan dengan upacara sederhana, khidmat, penuh makna yang ditandai dengan renungan dan dialog-dialog mengandung pendidikan antara calon pandega dengan anggota racana lainnya.
  • Pandega diperlukan sudah mempunyai kepribadian, kepemimpinan yang berpengaruh dan jiwa sosial yang tinggi untuk mendukung kegiatan bakti simpulan di tengah-tengah masyarakat.
  • Pandega diperlukan sudah mempunyai perilaku tidak mengutamakan kepentingan individu dan kelompoknya di atas kepentingan umum dan bangsanya.
  • Pandega diperlukan sudah mempunyai perilaku dan pemahaman yang mendalam untuk menjadi fasilitator dan motivator kelompok-kelompok masyarakat untuk menuju kehidupan yang lebih baik di banyak sekali bidang contohnya : lingkungan, kesehatan, wirausaha, dll.
  • Pandega diperlukan bisa meningkatkan ketrampilan, pengetahuan dan sikapnya secara berdikari sebagai bekal pengabdiannya terhadap kemajuan Gerakan Pramuka.
  • Pandega harus bersedia memposisikan dirinya sebagai sobat sepengabdian bagi para pembina pramuka di gugusdepan maupun satuan.
  • Pandega harus terus berlatih dan melaksanakan banyak sekali kegiatan dengan menerapkan sistem pendidikan partisipatif dan pendidikan orang remaja (andragogi), dengan cara :

    Rajin mengikuti pendidikan bagi orang remaja baik yang dilesenggarakan oleh Gerakan Pramuka, Instansi Pemerintah, Instansi Pendidikan Tinggi, Instansi Pendidikan Non Formal maupun banyak sekali pendidikan lain yang dilaksanakan oleh banyak sekali forum sebagai bekal meingkatkan ketrampilan dan pengetahuannya.

    Berperanserta dalam menyelenggarakan latihan dan kegiatan di tingkat kwartir  dan menawarkan proteksi kepada kwartir untuk menambah jumlah Pembina Pramuka.

Terus aktif untuk melakukam bisa satuan di internal Gerakan Pramuka serta aktif mencari banyak sekali kegiatan bakti masyarakat.

Pelepasan Pandega
Anggota Racana yang telah berusian 25 tahun 11 bulan 30 hari, maka harus melepaskan masa kepandegaannya dengan dua pilihan pengabdiannya yaitu tetap mengabdi di Gerakan Pramuka atau mengabdi di tengah-tengah masyarakat.

Sumber : Rujukan KPDK DIY tahun 1988 dengan revisi seperlunya – admin.


 hari dan berniat untuk melanjutkan pendidikan kepramukaan ke jenjang Pramuka Pandega Perjalanan Bakti Pramuka Pandega Print this page