banner 728x250

Perayaan HUT RI ke-76, Bendera Raksasa Melintas di Atas Istana Merdeka – Nasional – lagikepo.com – LAGIKEPO

  • Share
Perayaan HUT RI ke-76, Bendera Raksasa Melintas di Atas Istana Merdeka - Nasional Katadata.co.id
banner 468x60



LAGIKEPO |

Setiap tanggal 17 Agustus Indonesia memperingati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan. Pada peringatan HUT RI ke-76 yang jatuh besok, Selasa (17/8), TNI Angkatan Udara memberikan persembahan bendera merah putih raksasa berukuran 20×30 meter yang melintas di atas Istana Merdeka, Jakarta.

banner 336x280

“Ada helikopter yang membawa bendera merah putih raksasa melintasi Istana Merdeka dari arah barat ke timur,” kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada Katadata, akhir pekan lalu (13/8).

Heru menerangkan bahwa Menurutnya, helikopter yang membawa bendera tersebut akan diapit oleh dua helikopter lainnya di sisi kiri dan kanan. Selain itu, sekitar delapan pesawat jet tempur juga bakal melintasi Istana Merdeka. “Tapi terbangnya selisih sekian menit dengan helikopter,” ujar dia.

Nantinya, jet tempur itu akan melintas dari arah utara ke selatan Istana Merdeka. Helikopter dan jet tempur tersebut akan diterbangkan usai aubade. “Jadi jauh setelah detik-detik proklamasi,” ujar dia.

Penerbangan Bendera Merah-Putih Raksasa ini merupakan atraksi pertama kali dalam sejarah. “Ini merupakan momen bersejarah karena untuk pertama kalinya bendera raksasa berwarna Merah-Putih dikibarkan oleh helikopter TNI AU,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah seperti dikutip dari berita TNI AU.

Terkait upacara detik-detik proklamasi, Heru memastikan sebagian besar tamu akan menghadiri secara virtual. Upacara di Istana Negara hanya diikuti oleh petugas upacara serta sembilan ketua lembaga seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Mahkamah Agung, hingga Komisi Yudisial.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengikuti upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan upacara penurunan bendera merah putih pada sore harinya. “Acara lainnya ada lomba untuk masyarakat di Rumah Digital,” ujar dia.

Baca juga:  Jokowi Lepas Serentak Ekspor Komoditas Pertanian di 17 Pintu Pelabuhan - Perdagangan - lagikepo.com - LAGIKEPO

Sebelumnya, TNI AU Telah melaksanakan gladi bersih Garuda Flight dan Nusantara Flight di Lanud Halim Perdanakusuma pada Minggu (15/8).

Gladi bersih ini melibatkan delapan pesawat tempur F-16 yang lepas landas dari Lapangan Udara Iswahjudi, Magetan, untuk melaksanakan misi penerbangan flypast dengan formasi Arrow Head pada ketinggian 1.000 kaki diatas Istana Merdeka.

Misi penerbangan dengan call sign “Garuda Flight” ini dipimpin oleh Letkol Pnb. Agus Dwi Aryanto yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi. Pesawat tersebut akan melaksanakan manuver “bomb burst” tepat di atas Istana Merdeka pada saat Upacara Peringatan HUT RI ke-76.

Sedangkan misi penerbangan Bendera Merah-Putih Raksasa dengan call sign “Nusantara Flight” dibawah pimpinan Letkol Pnb. Akhmad M. Mulyono melibatkan enam pesawat helikopter yang terdiri dari satu helikopter jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dan tiga helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, serta dua helikopter NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma.

2021-08-16 02:15:00

Source link

banner 336x280
banner 120x600
  • Share