Pengertian Wawasan Wiyata Mandala Yang Lengkap Dan Komprehensif

Diposting pada

Pengertian dan Pengenalan Wawasan Wiyata Mandala di Sekolah

Pengertian
Secara harfiah, Wawasan Wiyata Mandala sanggup diartikan sebagai pandangan atau sikap hidup yang mendalam terhadap sekolah sebagai lingkungan pendidikan. Lingkungan sekolah yang harus dipahami secara mendalam bukan saja lingkungan secara fisik, tetapi juga lingkungan sosialnya.
Proses seorang siswa untuk sanggup mempunyai wawasan wiyata mandala harus melalui tiga tahap. Tahap yang pertama yaitu mengetahui, yang kedua yaitu mengenal, yang ketiga yaitu mencintai.
Wawasan Wiyata Mandala yaitu Pengenalan Terhadap Lingkungannya

Mengetahui

Lingkungan fisik sekolah adalah

lingkungan yang sanggup diketahui melalui pancaindra. Contohnya  mengetahui daerah ruang guru di mana. Mengetahui letak  perpustakaan di mana. Mengatahui kemudahan apa saja yang ada di sekolah.

Mengenal
Setelah mengetahui, letak sebuah lingkungan fisik, siswa harus mengenalnya. Berarti memahami seluk beluknya. Misalnya sesudah mengetahui letak perpustakaan, harus dikenali perpustakaan tersebut. Apa saja yang ada di perpustakaan, dan bagaimana fungsi dan cara memanfaatkan koleksi perpustakaan.

Lihat Juga : Beberapa Kesalahan ketika Menyampaikan Materi Wawasan Wiyata Mandala
Mencintai
Setelah mengenal, tahap selanjutnya yaitu mencintai. Semua lingkungan yang ada di sekolah harus dicintai. Misalnya sudah mengenal perpustakaan, perpustakaan tersebut harus dicintai dengan cara dimanfaatkan, dikunjungi, dan dijaga kebersihannya. 

Ingat, yang harus diketahui tidak hanya perpustakaan, tetapi seluruh lingkungan sekolah mulai dari halaman paling belakang, kelas, sampai gerbang sekolah.
Tahap mengetahui, mengenal, dan menyayangi juga harus dilakukan terhadap lingkungan sosialnya. Mengetahui guru, mengenal guru, kemudian mencitai guru. Mengetahui namanya siapa, mengenal karakternya bagaimana, dan mencintainya dalam wujud takzim, hormat dan patuh terhadap kiprah yang diberikan.

Lihat Juga: Kumpulan Materi MPLS (MOS)
Peran siswa dalam Wawasan Wiyata Mandala
Tidak hanya diwujudkan dalam bentuk pengetahuan yang ada dalam pikiran, wawasan wiyata mandala juga harus diwujudkan dalam sikap sehari-hari di sekolah.
Berikut ini kiprah siswa yang telah mempunyai wawasan wiyata mandala:
1.      Terhadap Sekolah:  menjaga kebersihan, tidak merusak, patuh dan tertib.
2.      Terhadap Kepala Sekolah dan Guru : Hormat, patuh, taat, terhadap kiprah yang diberikan, bertegur sapa dengan guru secara sopan, menghormati selaku orang renta di sekolah.
3.      Terhadap Sesama Teman: Saling menjaga, saling membantu jikalau kesulitan, saling mengingatkan jikalau melaksanakan kesalahan, tidak mengejek, dan tidak menyakiti hati sesama teman.
4.      Terhadap acara sekolah, Yang termasuk dalam acara sekolah mencakup semua acara yang diselenggaran oleh sekolah termasuk acara ekstrakurikuler. Maka siswa harus:
a.      Mengikuti acara dengan sepenuh hati dan
b.      Menjalankan kiprah dalam dengan baik sesuai dengan acara yang diikuti.
c.       Bersikap ramah selama acara dan selama bersekolah.
d.      Menggunakan bahasa Indonesia yang baik serta benar sesuai peruntukannya.
e. Berkata jujur, disiplin, dan bersikap sabar serta  memupuk rasa persaudaraan.