Pengertian Sosiologi Berdasarkan Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Sosiologi berdasarkan Para Ahli | Banyak para hebat yang memperlihatkan pengertian sosiologi, mari kita analisa tolong-menolong lalu buatlah kesimpulannya. Beberapa definisi sosiologi berdasarkan para ahli:
 Banyak para hebat yang memperlihatkan pengertian sosiologi Pengertian Sosiologi berdasarkan Para Ahli
Ilustrasi : kompasiana.com
1. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi
Dalam bukunya berjudul Setangkai Bunga Sosiologi; Sosiologi sebagai ilmu masyarakat mempelajari wacana struktur sosial yakni keseluruhan jalinan sosial antara unsur-unsur sosial yang pokok, menyerupai kaidah-kaidah sosial, ke-lompok-kelompok dan lapisan-lapisan sosial. Sosiologi juga mempelajari proses sosial yaitu imbas timbal balik antara pel-bagai segi kehidupan bersama. Contoh hubungan timbal balik antara kehidupan agama dan kehidupan politik, hubungan timbalbalik antara kehidupan agama dan segi kehidupan ekonomi.

2. P.J. Bouman (Belanda)
Dalam bukunya Sociologie Begrien en Problemen, sosiologi yakni ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial antar sesama insan (individu-individu), antar individu dengan kelompok, sifat dan perubahan-perubahan, lembaga-lembaga serta ide-ide sosial.
3. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff
Sosiologi yakni penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial yaitu hubungan timbal balik antara perorangan dengan per-orangan, perorangan dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Hasilnya yaitu organisasi sosial.
Sumber rujukan: Elisanti,Tintin Rostini. 2019. Sosiologi 1. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional