Pengertian Grafiti, Graffiti, Graffity, Dan Graffito

Diposting pada

Berikut ialah pengertian Grafiti dari banyak sekali sumber:

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa edisi keempat tidak ada lema grafiti, graffiti, ataupun graffity. Kamus dwi-bahasa Inggris-Indonesia yang disusun Hasan Sadily juga tidak memuat lema tersebut. Kata grafiti (ditulis graffito dan bentuk lainnya graffiti) tercantum dalam Oxford English Dictionary (1991:732) dengan definisi a drawing or writing scratched on wall or other surface.
Dalam Ensiklopedi Nasional jilid 6 grafiti diartikan “tulisan atau gambar yang dicorat-coretkan pada tembok, pohon, pagar dsb. Tulisan ini sanggup berupa semboyan seperti: sekali merdeka tetap merdeka.” Dalam Wikipedia[1] grafiti dijelaskan sebagai coretan-coretan pada dinding yang memakai komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang dipakai pada kurun sekarang biasanya cat semprot kaleng.

Coretan-coretan tersebut tidak hanya berupa benda yang kering makna. Grafiti juga memperlihatkan ruang untuk membuat banyak sekali bentuk penafsiran dari sisi visual dan ideologi. Grafiti merupakan simbol-simbol sosial yang tersirat dari pedoman dan tindakan selama proses berkarya (Anugra, 2019).  Meskipun hanya coretan, grafiti bukan coretan yang biasa. Grafiti ialah coretan yang berkembang sebagai media ekspresi yang bertujuan (Indriyati, 2019:9).
Jadi, coretan yang ada pada kolam truk juga merupakan grafiti. Coretan tersebut sanggup berupa teks, maupun adonan antara teks dan gambar. Seiring kemajuan teknologi, grafiti tidak hanya diproduksi dengan mencoretkan atau menyemprotkan cat, tetapi ada yang diproduksi secara digital. Coretan-coretan tersebut diproduksi menurut tujuan tertentu.

DAFTAR PUSTAKA

Anugra, Qomar Febri. 2019. “Makna Grafiti (Studi Kasus wacana Komunitas Graffiti di Jember dan Surabaya).” Tidak Diterbitkan. Skripsi. Jember: PS Sosiologi FISIP Universitas Jember.
Indriyati, Rias Fitriana. 2019. Politik dan Grafiti. Yogyakarta: JPP Fisipol UGM & Polgov.

Simpson, J.A.; Weiner, E.S.C. 1991. The Oxford English Dictionary. Second Edition Volume VI. UK: Oxford University Press.


[1]www.id.wikipedia.org/wiki/grafiti diakses pada 27 Jauari 2019.