Pengertian Budaya Politik Berdasarkan Para Ahli

Diposting pada
Pengertian Budaya Politik Menurut Para Ahli | Budaya politik sanggup dipandang sebagai landasan sistem politik yang memberi jiwa atau warna pada sistem politik atau yang memberi arah pada peran-peran politik yang dilakukan oleh struktur politik. Banyak para sarjana politik yang telah berupaya merumuskan makna budaya politik. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut.
  • Gabriel Almond dan Sidney Verba (1966). Budaya politik yakni sikap orientasi warga negara terhadap sistem politik dan aneka ragam bagiannya dan sikap terhadap peranan warga negara di dalam sistem itu.
  • Kay Lawson (1988). Budaya politik yakni terdapatnya satu perangkat yang mencakup seluruh nilai politik yang terdapat di seluruh bangsa.
  • Larry Diamond (2003). Budaya politik yakni keyakinan, sikap, nilai, ide-ide, sentimen, dan penilaian suatu masyarakat wacana sistem politik negeri mereka dan tugas individu masingmasing dalam sistem itu.
  • Austin Ranney (1996). Budaya politik yakni seperangkat pandangan wacana politik dan pemerintahan yang dipegang secara bersama, sebuah orientasi terhadap objek-objek politik.
  • Alan R. Ball (1963). Budaya politik yakni susunan yang terdiri atas sikap, kepercayaan, emosi, dan nilai-nilai masyarakat yang berafiliasi dengan sistem politik dan isu-isu politik.
  • Mochtar Masoed dan Colin Mac Andrews (2000). Budaya politik yakni sikap dan orientasi warga suatu negara terhadap kehidupan pemerintah negara dan politiknya.

Dari banyak sekali pendapat di atas, sanggup ditarik tamat sebagai berikut.

  1. Budaya politik tidak menekankan problem pada sikap kasatmata warga negara yang berupa tindakan, melainkan lebih menekankan problem pada sikap nonaktual yang berupa orientasi, contohnya sikap, nilai, pengetahuan, kepercayaan, dan penilaian warga terhadap suatu objek politik.
  2. Budaya politik menggambarkan orientasi politik warga negara dengan jumlah besar bukan perseorangan.
  3. Hal-hal yang diorientasikan dalam budaya politik yakni sistem politik dan objek pembicaraan warga negara yakni kehidupan politik pada umumnya.

Budaya politik merupakan persepsi warga negara yang diaktualisasikan dalam teladan sikap terhadap masalah politik yang terjadi sehingga berdampak terhadap pembentukan struktur dan proses acara politik masyarakat maupun pemerintahan alasannya yakni sistem politik merupakan hubungan antara insan yang menyangkut soal kekuasaan, aturan, dan wewenang. Negara Indonesia menganut sistem politik Demokrasi Pancasila. Demokrasi Pancasila menurut kerakyatan yang dijiwai dan diintegrasikan dengan sila-sila lainnya. Demokrasi Pancasila merupakan perwujudan dan pelaksanaan prinsipprinsip demokrasi yang menurut atas Undang-Undang Dasar 1945.

Sumber acuan : Rini Setyani, Dyah Hartati. 2019. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.