banner 728x250

Pendekatan Baru Untuk Mengidentifikasi Protein Di Otak Yang Hidup

  • Share
protein di otak
banner 468x60

LAGIKEPO: Dalam upaya untuk memahami jutaan protein di otak, para ilmuwan dari Northwestern University dan University of Pittsburgh telah mengembangkan pendekatan baru untuk melihat cara kerja protein. Akibatnya, pendekatan ini dapat membantu para ilmuwan memahami penyakit otak yang kompleks seperti Parkinson dan Alzheimer

Para ilmuwan telah merancang virus untuk mengirim enzim ke lokasi yang tepat di otak tikus hidup. Enzim bekerja secara genetik menandai protein tetangganya di lokasi yang telah ditentukan.

banner 336x280

Untuk memvalidasi pendekatan mereka, para ilmuwan melakukan pencitraan otak dengan mikroskop fluoresensi dan elektron. Mereka menemukan bahwa teknik mereka mengambil snapshot dari seluruh rangkaian protein (atau proteome) di dalam neuron hidup.

Yevgenia Kozorovitskiy dari Northwestern, penulis senior studi tersebut, mengatakan, “Pekerjaan serupa telah dilakukan sebelumnya dalam kultur seluler. Tetapi sel-sel dalam piringan tidak bekerja dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan di otak . Juga, mereka tidak memiliki protein yang sama di tempat yang sama melakukan hal yang sama. Jauh lebih menantang untuk melakukan pekerjaan ini di jaringan kompleks otak tikus. Sekarang kita dapat mengambil kehebatan proteomik itu dan memasukkannya ke dalam sirkuit saraf yang lebih realistis dengan daya tarik genetik yang sangat baik.”

Vasin Dumrongprechachan, Ph.D. .D. kandidat di laboratorium Kozorovitskiy dan penulis pertama makalah, mengatakan

, “Dengan pendekatan kami, kami dapat mulai memetakan proteome dari berbagai sirkuit otak dengan presisi dan spesifisitas yang tinggi. Kami bahkan dapat menghitungnya untuk melihat berapa banyak protein yang ada di berbagai bagian neuron dan otak.”

“Sekarang sistem baru ini telah divalidasi dan siap digunakan . Oleh karena itu, kami dapat menerapkannya pada model tikus untuk penyakit untuk lebih memahami penyakit saraf.”

Baca juga:  Dogecoin Disebut Uang Kripto Terkuat Pesaing Dolar Cs - LAGIKEPO

“Kami berharap untuk memperluas pendekatan ini untuk mulai mengidentifikasi modifikasi biokimia pada protein saraf yang terjadi selama pola aktivitas otak tertentu atau dengan perubahan yang disebabkan oleh obat neuroaktif untuk memfasilitasi kemajuan klinis.”

Referensi Jurnal:
  • Dumrongprechachan, V., Salisbury, RB, Soto, G. et al. Pelabelan kedekatan APEX2 spesifik kompartemen tipe sel dan subseluler mengungkapkan dinamika proteom nuklir yang bergantung pada aktivitas di striatum Nat Commun 12, 4855 (2021). DOI: 10.1038/s41467-021-25144-y
banner 336x280
banner 120x600
  • Share