Pembahasan Soal Try Out Un Bahasa Indonesia Smp Dispendik Jember 2019

Diposting pada
Dinas Pendidikan Kabupaten Jember menyelenggarakan Try Out UN (Ujicoba UN) untuk seluruh sekolah setingkat Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Jember. Try Out tersebut dilaksanakan pada 11-14 April 2019. Berikut ini merupakan pembahasan soal bahasa Indonesia. Adapun soal Try Out UN Bahasa Indonesia yang dibahas di sini dengan arahan soal 1.1.
Soal Nomor 1
Bacalah teks beriktu dengan seksama!
Dengan bahasa Arab yang dipelajarinya, Hamka mendalami sejarah Islam dan sastra secara otodidak. Kembal ke tanah air, Hamka merintis karier sebagai wartawan sambil bekerja sebagai guru agama sementara waktu di medan.
Makna kata otodidak pada teks tersebut adalah
a. berguru di sebuah pesantren
b. berguru dengan cara memanggil guru
c. memakai buku-buku dari luar negeri
d. berguru sendiri tanpa bersekolah
Jawaban: D

Makna kata bisa dilihat di kamus.
Tips Mengerjakan:
oto maknanya sendiri. Contoh kata lain otobiografi adalah biografi yang ditulis sendiri. berarti belajar sendiri ialah berguru sendiri. Jawaban yang paling sempurna ialah berguru sendiri.
Bacaan untuk nomor 2 dan 3
Sejumlah tempat wisata di Jogjakarta dan sekitarnya merupakan tujuan favorit yang ada dalam daftar tempat wisata di Indonesia. Tempat wisata tersebut telah populer di kalangan turis domestik hingga mancanegara. Jogjakarkta mempunyai kawasan wisata dengan pelbagai keunikan dan kekayaan budaya yang memesona. Selain itu, wilayah yang dipimpin oleh seorang sultan ini juga mempunyai keindahan alam yang memikat serta kehidupan masyarakat lokal yang unik. Di Jogjakarta dijumpai dua tempat wisata yang dinyatakan UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia yaitu Borobudur dan Candri Prambanan. Candi Borobudur merupaka satu keajaiban dunia. Sementara Candi Prambanana, candi Agama Hindu termegah yang ada di Indonesia dan terbesar di kawsan Asia Tenggara.
Soal Nomor 2
Informasi yang terdapat pada teks tersebut adalah….
a. Banyak tempat wisata menarik di Jogyakarta dan sekitarnya
b. Jogjakarta dan sekitarnya mempunyai kekayaan alam melimpah.
c. Objek wisata di Indonesia berpusat di Jogjakarta dan sekitarnya.
d. UNESCO menetapan Jogjakarta sebagai kota wisata di dunia
JAWABAN: A
Teks di atas membahas perihal beberapa tempat wisata di Jogjakarta. Objek wisata mencakup keunikan masyarakatnya dan peninggalan bersejarah mencakup candi Borobudur dan Prambanan.
Soal nomor 3
Simpulan teks tersebut adalah….
a. masyarakat Jogjakarta populer keramahannya.
b. Objek wisata di Jogjakarta populer hingga luar negeri.
c. Jogjakarta penyumbang devisa terbesar di Indonesia.
d. Sultan menjadi penguasa Jogjakarta ditunjuk oleh Presiden.
JAWABAN: B
Jawaban yang paling sesuai dengna teks bacaan di atas ialah B karena disebutkan sudah populer di kalangan turis domestik dan mancanegara. Mancanegara mengatakan turis asing dari manca(luar) negeri. Jawaban a, c, dan d berkaitan dengan bacaan tetapi tidak disebutkan perihal keramahan, devisa, dan ditunjuk presiden.
Bacaan untuk soal nomro 4 dan 5
Lingkungan alam merupakan lingkungan yang telah ada hasil ciptaan Tuhan tanpa ada campur tangan manusa. Pada dasarnya, lingkungan yang alam ini dibagi menjadi dua yaitu lingkungan daratan dan perairan.
Daratan ialah potongan dari permukaan bumi yang secara tetap tidak tertutup oleh air laut. Secara umum istilah yang banyak dipakai ialah darat daripada daratan kerean daratan lebih difkuskan pada batasan geografis. Sebenarnya, potongan permukaa bumi yang tertutup oleh air menyerupai rawa, sungai dan danau juga menjadi potongan dari daratan, namun secara umum tidak disebut sebagai darat.
Soal nomor 4
Ide pokok paragraf pertama teks tersebut adalah….
a. lingkungan daratan
b. lingkungan perairan
c. lingkungan ciptaan Tuhan
d. terbentuknya lingkungan alam
JAWABAN: C
ide pokok berada di kaliamat utama. Kalimat utama paragraf di atas ada di awal. Tanda bahwa kalimat kedua merupakan kalimat penjelas ialah adanya frasa lingkungan ini, berarti kalimat tersebut merupakan kalimat klarifikasi bagi kalimat pertama. Inti kalimat utama ialah lingkungan ciptaan Tuhan tanpa campur tangan manusia.
Soal nomor 5
Informasi tersurat paragraf kedua pada teks tersebut adalah….
a. Darat lebih luas daripada lautan
b, Hal terpenting dari permukaan bumi
c. Manusia membuat lingkungan
d. Penjelasan darat dan daratan
JAWABAN: D
Paragraf kedua teks di atas membahas perihal daratan yang dibedakan dengan darat. Sama sekali tidak membahas perihal bedanya luas daratan hal penting dari daratan.
Soal nomor 6
(1) Orang bau tanah mengizinkan anak di belum dewasa mnggunakan motor dengan alasan utama, butuh alat transportas. (2) Penggunaan motor bagi pelajar menghemat biaya dan waktu. (3) Data Ditlantas olda Metro Jaya jumlah anak di belum dewasa yang menjdi pelaku kecelakaan melonjak 11,11%. (4) Anak di belum dewasa yang belum mempunyai SIM sikap berkendaranya belum stabil. (5) Terlepas dari itu, pemerintah sebaiknya menyediakan alat transportasi yang murah dan sempurna waktu.
Pendapat yang mendukung pada teks tersebut ditandai nomor….
a. (2)
b. (3)
c. (4)
d. (5)
JAWABAN: A
Meskipun soal dalam nomor 6 ini kurang terperinci karena tidak disebutkan mendukung apa, tetapi kalau ditelaah, yang dimaksud ialah mendukung kalimat pertama. Pernyataan yang mendukung kalimat pertama ialah kalimat yang kedua, yaitu alasan mengapa penggunaan motor oleh siswa diizinkan yaitu: menghemat biaya dan waktu. Sementara kalimat 3, 4, dan 5 mengatakan kontradiksi terhadap kalimat pertama.
Soal nomor 7
Pemerintah kawasan dituntut memberi solusi bagi kebutuhan akseptor didik dalam urusan trasportasi. Kehadiran bus sekolah yang selama ini digulirkan rasanya masih belum bisa mengkomodasi seluruh pergerakan siswa. Kita berharap ada jalan keluar untuk problem yang satu ini.
Di sisi lain, para orang bau tanah biar lebih peka serta melindungi si buah hatinya supaya tidak terjebak oleh petaka di jalan raya. Kita berharap juga pihak sekolah bisa meningkatkan pengawasan. Bukan mustahil, ketika sekolah melarang siwa membawa kendaraan bermotor ke sekolah, lokasi parkir bergeser ke sekitar sekolah.
Ringkasan teks tersebut adalah….
a. Pemerintah kawasan menyiapkan transportasi bagi masyarakat, tetapi mereka juga diminta untuk mengawasinya.
b. Pemerintah kawasan akan mengusahakan perkara transportasi pelajar, tetapi orang bau tanah dan sekolah harus mengawasi.
c. Transportasi untuk anak sekolah sudah disiapkan pemerintah daerah, orang bau tanah berkewajiban untuk menyiapkan kebutuhan lainnya.
d. Masalah transportasi untuk anak sekolah menjadi urusan pemerintah daerah, sementara orang bau tanah dan pihak sekolah melaksanakan pengawasan.
JAWABAN: D
Jawaban D ialah tanggapan yang paling memungkinkan yang sesuai dengan teks bacaan. Dalam tanggapan D, disebutkan bahwa transportai anak sekolah menjadi urusan pemerintah daerah. Sementara tanggapan yang lain. Jawaban A membahas transportasi bagi masyarakat. Jawaban B menyebutkan bahwa pemerintah kawasan AKAN menyiapkan padahal dalam bacaan masih dituntut, berarti belum menyediakan dan belum akan. Jawaban C malah menyebutkan SUDAH, padahl masih belum tersedia.
Soal nomor 8
Teks I
Tamannya tidak besar, tetapi cukup asri. Pertama masuk, bunga bougenvile berjajar di kanan dan kiri. Lima meter kemudian jalan berjabang. Di sebelah kanan ada kolam kecil. Ikan koki merah, kuning, dan hitam berenang-renang lucu, sedangkan di sebelah kiri tumbuhan kumis kucing. Tanaman yang dipakai untuk obat alternatif beberapa penyakit. Lurus dari sana ada anggrek yang digantung di pohon mangga.
Teks II
Taman itu tidak terlalu luas sehingga untuk menatanya memerlukan perhitungan yang matang. Kalau penanaman pohon dilakukan secara sembarangan, maka taman yang tidak terlalu luas akan menyerupai tumpukan bunga-bunga. Sebaliknya, bila tanamannya berupa tumbuhan kecil yang cepat tumbuh dan akarnya tidak menjalar ke mana-mana, tumbuhan itu terkesan luas.
Perbedaan contoh penyajian kedua teks tersebut adalah….
TEKS I
TEKS II
a.
Urutan waktu
Urutan ruang
b.
Urutan ruang
Sebab-akibat
c.
Sebab-akibat
Akibat-sebab
d.
Sebab-akibat
Urutan waktu
JAWABAN: B
Teks I contoh penyajiannya memakai urutan ruang. Tanda urutan ruang ialah dipakai kata tempat. Dalam teks di atas dipakai kata di kanan, di kiri, di sebelah kemudian  ada pula kata lurus dari sana ialah kata yang mengatakan perpindahan ruang atau tempat yang dijelaskan.
Teks II contoh penyajian karena akibat. Pola terebut ditunjukkan dengan penggunaan kata sehingga pada kalimat pertama. Pada kalimat kedua dan ketiga ditandai dengan penggunaan kalimat majemuk, ditandai dengan penggunan kata kalau. Ini mengatakan karena akibat. Logikanya, sebab penanaman pohon sembarangan mengakibatkan taman menyerupai tumpukan bunga-bunga. Begitu juga dengan kalimat ketiga Teks II, sebab tumbuhan kecil dan akarnya tidak menjalar mengakibatkan tanaman terkesan luas.
Soal nomor 9
(1) Novel pertama Dwitasari yang berjudul “Raksasa dari Jogja” ini menceritakan kehidupan seorang gadis, Bianca Dominique yang berada dalam ketidakharmonisan keluarga. (2) Novel yang diterbitkan tahun 2019 ini menampilkan cover yang unik dan alur kisah yang menarik. (3) Sayang bahasanya sulit dimengerti karena banyak kalimat-kalimat yang kurang efektif. (4) pada final kisah terkesan menggantung. (5) Padahal awalnya alur ceritanya menarik. (6) Kualitas kertas yang diggunakan pun kurang bagus. (7) Buku ini cocok untuk para cukup umur dan mahasiswa karean menceritakan kehidupan cukup umur di Sekolah Menengan Atas hingga masuk ke sekolah tinggi tinggi.
Hal yang menyatakan keunggulan pada teks tersebut terdapa pada kalimat….
a. (2) dan (5)
b. (3) dan (4)
c. (4) dan (5)
d. (4) dan (6)
JAWABAN: A
Kalimat kedua menyebutkan cover unik dan alur kisah yang menarik. Hal ini mengatakan keunggulan buku. Kalimat kelima menyebutkan alur ceritanya menarik. Hal ini mengambarkan keunggulan buku. Sementara itu kalimat-kalimat yang lain justru mengambarkan kekurangan buku atau hal-hal yang kurang dari buku.
Bacaan untuk soal nomor 10 dan 11
Tiap kali Larasati diminta menyanyikan macapat, entah itu Dandanggula, Kinanti, atau Maskumambang, hatinya selalu resah. Hal ini karena ia menolak dorongan Romo yang ingin menjadikannya seorang dalang.
Mestinya, Mbak Citra atau Mas Samba yang meneruskan Dinasti Sastrowijaya menjadi dalang. Akan tetapi, karena pengkhianatan mereka berdua, Larasati yang jadi korban. Padahal, Larasati seorang perempuan.
Sebetulnya, bukan karena perempuan, Larasati tidak mau menjadi dalang, melainkan karena ia tidak suka panggung, membenci tebalnya bedak, tidak betah ketika kulit kepalanya tertusuk jepit rambut ketika sanggul dipasang, ketatnya korset yang membuatnya tidak bisa berkutik, dan terutama, ia benci pria penonton yang sering tak bersopan-santun.
Soal nomor 10.
makna kata korban pada paragraf ke-2 teks tersebut adalah….
a. seseorang yag dipersembahkan
b. sesorang yang menerima musibah
c. seseorang yang menanggung pekerjaan
d. seseorang yang diberi tanggung jawab
JAWABAN: C
Jawaban A dan B merupakan makna lain dari korban. Tetapi dalam konteks teks di atas, Larasati menjadi korban untuk menjadi dalang. Dalang ialah sebuah pekerjaan, kemudian yang dimaksud korban adalah karena orang lain (kakaknya) tidak mau menjadi dalang, maka dialah yang harus menanggung pekerjaan tersebut.
Soal nomor 11
Maksud kalimat kedua, paragraf pertama pada teks tersebut adalah….
a. Larasati menolak cita-cita Romo menjadi dalang.
b. Dalang merupakan cita-cita Larasati semenjak kecil.
c. Larasati menolak menyanyikan tembang jawa.
d. Setiap menembang, hati Larasiti selalu resah.
JAWABAN: A
Kalimat kedua paragraf pertama berbunyi: Hal ini karena ia menolak dorongan Romo yang ingin menjadikannya seorang dalang.
Menolak dorongan berarti menolak. Yang ditolak ialah dorongan untuk menjadi dalang. Berarti Larasi menolak untuk menjadi dalang.
Sementara pembahasan soal Bahasa Indonesia Try Out Dispendik Kabupaten Jember 2019 ini hingga nomor 11. Hal ini karena masih keterbatasan waktu.
Jika ada rekan-rekan guru yang tidak sependapat dengan tanggapan ini silakan beri tanggapan melalui komentar biar sekaligus menjadi perbaikan bagi rekan-rekan yang lain.
Terima kasih, semoga pembahasan soal bahasa Indonesia ini memberi manfaat. Insyaallah akan diperbarui dan ditambah pembahasan soalnya hingga 50 soal.
Salam Pustamun!