banner 728x250

Patokan Kompetensi Lulusan Menurut Permendikbud No 20 Tahun 2016

  • Share
banner 468x60

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) baik ditingkat Pendidikan Dasar maupun tingkat Menengah digunakan selaku contoh utama dalam pengembangan standar isi, persyaratan proses, patokan evaluasi pendidikan, kriteria pendidik dan tenaga kependidikan, patokan fasilitas dan prasarana, patokan pengelolaan, dan juga standar pembiayaan.

SKL sebagaimana dimaksud mencakup:

a. Kompetensi Lulusan Sekolah Dasar/MI/SDLB/Paket A;
b. Kompetensi Lulusan SMP/MTs/SMPLB/Paket B; dan
c. Kompetensi Lulusan Sekolah Menengan Atas/MA/Sekolah Menengah kejuruan/MAK/SMALB/ Paket C.

banner 336x280

Pada saat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mulai diberlakukan, Peraturan Menteri Pendidikan dengan nomor 54 Tahun 2013 Tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah resmi dicabut dan dinyatakan tidak berlaku kembali.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mulai berlaku semenjak tanggal ditetapkan adalah pada tanggal 6 Juni 2016 dan disyahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anis Baswedan.

Ruang Lingkup yang terdapat pada permendikbud no 20 tahun 2016 ini tentang Standar Kompetensi Lulusan, yang terdiri atas standar kualifikasi kesanggupan akseptor asuh yang dibutuhkan dapat dicapai setelah menuntaskan abad belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah seperti Sekolah Dasar, SMP, Sekolah Menengan Atas.

Setiap lulusan satuan pendidikan dasar dan menengah mempunyai kompetensi pada tiga dimensi yaitu sikap, pengetahuan, dan kemampuan.
Lulusan Sekolah Dasar/MI/SDLB/Paket A; Sekolah Menengah Pertama/MTs/SMPLB/Paket B; dan SMA/MA/ SMALB/Paket C memiliki kompetensi pada dimensi sikap selaku berikut.

DIMENSI SIKAP

DIMENSI PENGETAHUAN

DIMENSI KETERAMPILAN

Gradasi untuk dimensi perilaku, pengetahuan, dan kemampuan antar jenjang pendidikan memperhatikan:

  1. Perkembangan psikologis anak; 
  2. Lingkup dan kedalaman; 
  3. Kesinambungan; 
  4. Fungsi satuan pendidikan; dan 
  5. Lingkungan
Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda download permendikbud no 20 tahun 2016 ihwal Standar Kompetensi Lulusan di bawah ini:
banner 336x280
Baca juga:  Cara Mudah Tambah Jumlah Like Halaman Fanpage Facebook Dengan Undang Teman
banner 120x600
  • Share