banner 728x250

Panduan Pengelolaan Situs Web Sekolah Dengan Cms Formulasi

  • Share
banner 468x60

Salah satu CMS yang dikhususkan untuk membangun website sekolah yang cukup legendaris yaitu CMS Formulasi, telah lama sekali CMS ini tidak pernah update kembali, mungkin alasannya developernya sudah pensiun, atau sedang sibuk dengan yang yang lain.

Jika anda pengguna CMS Formulasi ini dan masih belum begitu paham cara mengorganisir situs web sekolahnya, silahkan anda ikuti panduan pada artikel ini:

banner 336x280

A. Login / Logout Area Admin

Untuk login ke halaman admin, silahkan anda tuliskan di address bar browser anda  http://www.websekolahanda.sch.id/adminpanel maka akan tampil jendela seperti gambar berikut:

Silahkan Anda masukan username, password dan kode keselamatan yang tampil pada kolom yang tersedia, lalu klik tombol Login, maka akan tampil ADMIN PANEL website sekolah anda.
Daftar hidangan admin panel CMS Formulasi versi 2.07 dikelompokkan menjadi 5 kalangan, yaitu Beranda, Profil Sekolah, Modul Aplikasi, Plugin Premium, dan Setting. Masing-masing Menu berisi submenu yang berlawanan- beda.
  1. Menu Beranda Menu Beranda Admin Panel CMS Formulasi cuma berisi submenu “Halaman Utama” dan Logout. 
  2. Menu Profil Sekolah
    Menu Profil Sekolah yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat submenu Informasi, Lokasi, Profil, Agenda dan Pengumuman. 
  3. Menu Modul Aplikasi Menu Modul Aplikasi yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi memuat submenu Album Galeri, Berita, Buku Tamu, Guru dan Staff, Siswa, PSB Online, dan Pembelajaran. Menu Modul Aplikasi ini akan bertambah jika diinstall modul baru ke dalam CMS Formulasi.
  4. Menu Plugin Premium
    Menu Plugin Premium yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi menampung daftar plugin premium CMS Formulasi. 
  5. Menu Setting
    Menu setting yang terdapat pada Admin Panel CMS Formulasi menampung beberapa submenu. Submenu tersebut yaitu Managemen Admin, Pengaturan, Tema/Tampilan, Blok, Menu, Plugin, Modul, Yahoo Messenger, Survey, Direktori Link, Statistik, dan Backup/Restore. 
Baca juga:  Aplikasi Cetak 4 Label Alamat Paket Kiriman Jualan Online Dengan Microsoft Excel

B. Cara Posting dan Edit Profil Sekolah

Salah satu sajian admin panel cms formulasi yakni Profil Sekolah. Secara lazim, hidangan ini berfungsi untuk menciptakan profil sekolah atau madrasah.


Berikut ini ialah hal-hal yang mampu Anda lakukan dengan hidangan Profil Sekolah:

  1. Informasi Sekolah, meliputi : nama sekolah, tahun bangun, jenjang, nss, npsn, telp, email, nama kepala sekolah, NIP/NIY kepala sekolah, alamat sekolah, dan ganti logo 
  2. Lokasi Sekolah, lewat fitur ini Anda dapat meletakkan lokasi sekolah menurut GMap dengan cara embed script yang diberikan oleh gmap 
  3. Profil, di dalamnya meliputi sambutan kepala sekolah, sejarah, visi misi, sarana prasarana, struktur organisasi, prestasi, ektra kurikuler dan osis 
  4. Agenda, berfungsi untuk meinginformasikan acara kegiatan sekolah/madrasah 
  5. Pengumuman, berfungsi untuk memberikan pengumuman terhadap akseptor asuh atau orang renta/wali maupun masyarakat secara luas. 

Berikut acuan Edit Informasi Sekolah:

Klik Profil Sekolah – Informasi : silahkan anda isi informasi sekolah anda, sehabis tamat jangan lupa klik tombol Update. 

Edit Profil Sekolah: Klik hidangan Profil, pada jendela profil anda mampu pribadi mengedit (klik tombol edit) masing-masing informasi profil yang tersedia seperti sambutan kepala sekolah, sejarah dll. 
Contoh klik edit pada Sambutan Kepala Sekolah
Perhatikan gambar dibawah ini, di hidangan ini anda mampu mengedit, dan menyertakan tulisan perihal sambutan kepala sekolah, jangan lupa klik Update jikalau sudah tamat mengedit dan menambahkan  teksnya.
Untuk menyertakan gambar kedalam area posting caranya klik ikon Image mirip pada gambar  berikut:
Maka akan tampil mirip gambar berikut, anda pilih sajian Upload-Browse dan klik tombol Send it to  the server untuk mengunggah file gambar dari komputer ke server situs web sekolah. 

Selanjutnya anda klik menu Image Info, di jendela ini anda atur lebar gambar, spasi gambar dengan teks, letak gambar, kanan/ kiri, terakhir klik tombol OK.

Cara diatas bisa anda praktikan untuk memposting info/ artikel di website sekolah.

Cara Membuat Gallery Foto

  1. Klik sajian Modul Aplikasi 
  2. Menu Album Galeri perhatkan gambar berikut:

    Pada gambar jendela Album Galeri diatas anda bisa menambahkan gambar-gambar sesuai keperluan dengan sebelumnya anda membuat Nama Album (Misal Kegiatan Siswa), kemudian pada galeri foto anda tambahkan foto-foto pada album Kegiatan Siswa, demikian seterusnya. 

Jasa Pembuatan Website Sekolah

Demo website sekolah yang menggunakan CMS Formulasi mampu anda jalan masuk di alamat http://web.smpn1klw.sch.id , Bagi sekolah yang berminat untuk menciptakan situs web sekolah dengan memakai CMS Formulasi ini, silahkan download ajuan penawaran Mung Bisnis disini.

Selamat Mengelola Website Sekolah.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share