banner 728x250

Mulai Tahun 2021 Guru Hanya Mampu Jadi Pppk, Bukan Pns

  • Share
banner 468x60

Kepala Badan Kepegawaian Negara Bima Haria Wibisana mengatakan bahwa pemerintah akan memperbanyak porsi pegawai pemerintah dengan kontrakkerja alias PPPK.
Salah satunya yaitu untuk keperluan tenaga pengajar atau guru, Bima menyampaikan mulai tahun depan penerimaan guru akan dialihkan menjadi PPPK bukan PNS. Tahun depan sendiri ada penerimaan 1 juta gugusan guru PPPK.

Dia juga menyampaikan ke depannya pemerintah tidak akan mendapatkan deretan guru selaku PNS, tetapi hanya menjadi PPPK. Hal ini juga telah disetujui oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dan Mendikbud Nadiem Makarim.

banner 336x280

“Sementara ini pak Menpan, Mendikbud, dan kami setuju bahwa untuk guru itu beralih ke PPPK jadi bukan CPNS lagi. Ke depan kami tidak akan terima guru selaku CPNS, namun sebgai PPPK,” ujar Bima dalam pertemuan pers virtual, Selasa (29/12/2020).

Dia menyampaikan bagi guru yang dikala ini telah berstatus selaku PNS akan tetap dipertahankan predikatnya sampai pensiun.

“Yang sekarang PNS akan menanti batas usia pensiun, semua yang gres nanti akan jadi PPPK,” ujar Bima.

Dia menyampaikan selain guru, tenaga penyuluh dan tenaga kesehatan pun akan diubah predikatnya menjadi PPPK. “Jadi semua diubah ke PPPK, penyuluh dan tenaga kesehatan juga akan begitu,” katanya.
Bima melanjutkan di banyak negara pun pegawai di instansi negara kebanyakan berstatus setara dengan PPPK. Cuma ada 20% pegawai yang berpredikat PNS.

“Best practices di negara maju juga kerjakan hal yang sama. PPPK itu 70-80% dan PNS cuma 20%. Untuk hal pelayanan pubik penyelenggaranya adalah PPPK, maka ke depan PPPK akan lebih banyak dari PNS,” ujar Bima.

Artikel telah tayang di detik.com dengan judul: “Mulai Tahun Depan Guru Cuma Bisa Jadi PPPK, Bukan PNS”

banner 336x280
Baca juga:  Nilai Merah Raport Guru Di Simpkb Bertambah, Ini Penyebabnya
banner 120x600
  • Share