banner 728x250

Mengevaluasi Update Pergeseran Algoritma Seo Pencarian Google Search Modern

  • Share
banner 468x60

Bagaimana agar postingan yang ada di dalam blog atau website muncul pada peringkat atas di halaman pertama pada hasil penelusuran Google? Sudah banyak yang membahas tips atau cara untuk merealisasikan hal tersebut mulai dari memberi kata kunci pada permulaan dan tamat artikel, mempelajari keyword, memberi backlink dan masih banyak lagi hal lainnya.

Perubahan algoritma Google lama hingga yang terbaru

Google selalu mengupdate / memperbaharui algoritma pencarian mereka. Beberapa hal di bawah ini ialah pengalaman browsing aku di mana hasil penelusuran/pencariannya merupakan pergeseran algoritma Google search dari waktu ke waktu.
Bagaimana supaya artikel yang ada di dalam blog atau website muncul pada peringkat atas di Menganalisa Update Perubahan Algoritma SEO Pencarian Google Search Terbaru
Mempelajari pergeseran algoritma pencarian Google search

Banyak Link

Pada era tahun 1998 sampai tahun 2000an permulaan, saat saya browsing di internet kala itu, yang timbul di hasil pencarian Google ada yang berupa website yang memiliki berbagai link baik di beranda situs web atau pada halaman artikelnya.
Apakah hasil pencariannya sempurna atau relevan? Menurut aku masih belum pas karena ketika hasilnya saya klik ya itu tadi, banyak link-link di halaman postingan atau homepage websitenya sedangkan konten artikel atau informasi yang saya cari tidak menyanggupi keperluan saya atau mampu dibilang kontennya sedikit.
Banyak link di sini tujuannya adalah banyak sekali link biru dalam postingannya pola saat aku mencari buku ihwal SEO di Google search dan ketika Google menunjukkan hasil pencariannya lalu saya klik salah satu hasilnya maka di halaman website yang aku tuju itu terdapat banyak link biru mirip ini Buku SEO murah Buku SEO bermutu Buku SEO dan seterusnya (tentu saja link yang aku buat ini hanya link contoh ya bukan link aktif, hanya karakter atau teks yang diberi garis biru dan warna biru).

Nama Domain

Dahulu keyword pada nama domain besar lengan berkuasa pada hasil penelusuran. Contoh kalau mengetik nama toko online maka sangat besar kemungkinan domain tokoonline.com akan timbul di hasil pencarian. Namun saat ini kata kunci pada nama domain sudah tidak besar lengan berkuasa banyak. Jika diketik di penelusuran Google dengan keyword “toko online” maka yang muncul dikala artikel ini ditulis ialah nama domain yang tidak ada keyword di dalamnya sama sekali mirip lazada.co.id, tokopedia.com, shopee.co.id, bukalapak.com, jd.id dan yang lain.
Bagaimana nama domain yang tidak memiliki keyword di dalamnya bisa timbul di atas di halaman permulaan penelusuran Google? Tentu hal itu di karenakan situs web-website tersebut memakai tehnik SEO (Search Engine Optimization / meningkatkan secara optimal mesin telusur).
Catatan, misalkan sebuah website hari ini berada di halaman satu di hasil pencarian, belum tentu di era yang hendak tiba tetap berada di posisi yang sama. Banyak hal yang menyebabkan hal tersebut terjadi, pertama adanya perubahan algoritma Google dan juga penerapan SEO yang dilakukan oleh pengurus website atau blog di mana masing-masing pengelola situs web atau blog saling berlomba-kontes untuk menempati posisi ranking halaman satu di pencarian Google.

Trik SEO

Beberapa trik atau cara penggunaan SEO biar website atau blog muncul di halaman pertama pencarian di antaranya
– Menulis postingan yang panjang (lebih dari 500 kata)
– Membuat permalink yang panjang
– Menggunakan top level domain (.com, .id, .net dll alias bukan blog gratis misal blogspot.com atau wordpress.com)
Namun ternyata untuk saat ini pemakaian trik SEO di atas itu tidak 100% akan muncul di halaman pencarian.
Dalam pengalaman aku melaksanakan penelusuran di Google, saat-ketika sekarang ini sampai postingan ini aku tulis, pernah akibatnya saya mendapatkan ada sebuah blog gratis blogspot, artikelnya sudah cukup usang diterbitkan, bukan situs web dengan top level domain, artikel di dalamnya tidak panjang, dan permalinknya juga tidak panjang.

Kesimpulan

Apa yang mampu kita pelajari dari semua hal tersebut di atas?
Selain mengutamakan aspek SEO, Google ternyata juga tetap memunculkan suatu blog atau website untuk diusulkan/dimunculkan di halaman pertama hasil pencarian selama isi kontennya berhubungan walau artikelnya tidak panjang, tidak mempunyai permalink yang panjang, dan bhkan bukan top level domain alias cuma blog gratis blogspot. 
Apa yang mesti kita lakukan selaku seorang konten kreator / penulis / blogger?

  • Bisa dibilang tidak semua konten postingan akan awet tetap di halaman satu penelusuran Google dan tetap akan ada di urutan yang itu-itu saja namun hasil pencariannya akan selalu naik turun bahkan ada juga website atau blog yang hilang ke halaman hasil penelusuran yang lebih dalam. Tetaplah menulis postingan mirip umumdengan konten original yang bermanfaat untuk hadirin blog atau situs web dan biarkan algoritma Google yang melakukan pekerjaan membaca dan menimbulkan konten blog atau situs web kita di hasil pencariannya. Selama konten yang kita tulis berafiliasi atau berkaitan dengan keyword yang dicari oleh pengguna internet dan dirasa oleh Google memang konten itu berfaedah untuk para pencari / pengguna maka Google akan menimbulkan web/blog kita di hasil penelusuran.
  • Tetap memakai tehnik artikel yang panjang tetapi juga tidak ada salahnya bila memang artikelnya tidak panjang tetap dipublish. Pengalaman aku, ada postingan di blog ini yang kalimatnya tidak panjang namun tidak mengecewakan menerima banyak kunjungan alasannya dianjurkan oleh Google alasannya adalah dianggap berhubungan oleh Google. Jika artikel Anda ketika ini sepi hadirin, mungkin lain kali akan dimunculkan oleh Google ke hasil pencarian.
Demikian tulisan saya kali ini, agar bermanfaat ya. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan tuliskan di kolom komentar
banner 336x280
Baca juga:  Koreksi Otomatis Pengetikan Kata Dengan Autocorrect Di Microsoft Word
banner 120x600
  • Share