Mendefinisikan Bullying Dalam Bahasa Indonesia

Diposting pada
Istilah bullying kembali menyeruak sehabis perkara yang menimpa Sonya Depari menghiasi pemberitaan media sosial, media internet, media elektronik, sampai media cetak. Bahkan Jawa Pos menimbulkan perkara tersebut sebagai salah satu gosip di halaman utamanya dengan judul Sonya Korban Bully Brutal Media Sosial.
Hampir semua orang mengetahui dan memahami konsep bully, mungkin pernah jadi pelaku, mungkin juga pernah jadi korban. Entah korban yang parah, maupun yang tidak begitu parah.
Bullying merupakan bahasa inggris turunan dari kata bully yang berarti menggertak. Sementara itu, dalam Wikipedia berbahasa Indonesia, bullying disamaartikan dengan penindasan. Penindasan dijelaskan merupakan tindakan penggunaan kekerasan untuk mengintimidasi pihak yang terdomonasi. Sementara itu, media lain juga memakai istilah pelecehan untuk mengartikan kata bullying. Juga ada kata menggertak yang digunakan untuk menyebut istilah bahasa Indonesia Bullying.

Memang, acapkali terjadi kesulitan dalam proses penerjamahan atau pembentukan istilah dalam bahasa Indonesia yang berasal dari bahasa asing. Karena keseringan digunakan istilah asingnya, maka ada kecenderungan lebih suka memakai istilah absurd tersebut dalam bahasa Indonesia. Maka, jadilah istilah bullying digunakan sebagai bahasa Indonesia, pada umumnya.
Penggunaan kata menggertak tidak sesuai dengan arti bullying karena dalam bahasa Indonesia, menggertak berarti menggunakan bunyi yang nyaring untuk mengancam atau menakut-nakuti. Penggunaan istilah penindasan (oleh penerjemah Wikipedia) juga tidak relevan alasannya yakni penindasan berarti proses memperlakukan orang lain dengan diktatorial . Istilah lain yang digunakan sebagai terjemahan bullying adalah pelecehan, kata tersebut juga tidak sempurna alasannya yakni hanya berarti meremehkan atau menganggap rendah (menghina) pihak lain.
Istilah menggertak, penindasan atau menindas, dan pelecehan tidak sesuai digunakan sebagai padanan kata bullying karena tidak meliputi keseluruhan isi dan maksud istilah bullying. Bullying adalah tindakan berulang-ulang untuk melecehkan orang lain dengan memakai kekuatan (dominasi) kepada pihak lain yang lebih lemah. Bentuk pelecehan tersebut dapat berupa penggunaan kata-kata kasar, kata-kata yang merendahkan, sampai dengan memakai kekerasan fisik.

Ada istilah yang paling sempurna untuk istilah bullying dalam bahasa Indonesia, yaitu: perundungan. Rundung dalam bahasa Indonesia mengganggu, mengusik terus-menerus, dan menyusahkan.

Terjemahan kata rundung di atas mewakili istilah bullying yang niscaya mengganggu korbannya, mengusiknya terus-menerus korban yang sama. Berulang-ulang bahkan korbannya mengalami depresi. Saking terus-menerusnya, acara bullying alias perundungan juga dilakukan oleh orang lain juga ikut-ikutan merundung.

Mungkin ada baiknya mulai diubah penggunaan bullying dengan perundungan. Untuk juga menunjukkan bahwa istilah tersebut juga membahayakan belum dewasa Indonesia, dan terjadi di Indonesia.