banner 728x250

Mencar Ilmu 5 Kosakata Bahasa Inggris Wacana Seks Dari Serial Sex Education

  • Share
banner 468x60

Seks yakni hal yang tabu di Indonesia. Jangankan bagi remaja, bagi orang sampaumur juga kerap kali tabu untuk dibahas. Di satu sisi ketabuan yang ada merupakan segi konkret. Bagaimana pun kita adalah bangsa timur sehingga lebih mengutamakan norma dan kesantunan.  Namun di segi lain, terlalu tabu akan seks menjadi sisi negatif. 

Tak mampu dipungkiri, seks yaitu bab dari kehidupan insan yang tak mampu dipisahkan. Berkat seks, kita dapat lahir ke dunia. Berkat seks pula, insan mampu bereproduksi sehingga mampu menjaga keberadaannya hingga sekarang.

banner 336x280

Seks juga enggak sebatas kegiatan 69 saja. Setiap insan punya alat kelamin sehingga seks juga tentang bagaimana kita mempertahankan kesehatan diri. Itu artinya, seks melekat dalam diri manusia sehingga kita dilarang menutup mata atas berita yang berkaitan dengannya. Nah, ngomongin ihwal seks, ada satu serial Netflix yang rekomen buat ditonton nih alasannya adalah menyebabkan isu seks selaku premis khususnya. Series tersebut berjudul Sex Education dan berasal dari Inggris. Series karya Laurie Nunn ini rilis pertama kali pada Januari 2019. 

 bagi orang dewasa juga terkadang tabu untuk dibahas Belajar 5 Kosakata Bahasa Inggris tentang Seks dari Serial Sex Education
Sex Education, serial original Netflix yang membicarakan berita seks di golongan akil balig cukup akal (dok. Netflix)

Dalam serial tersebut dikisahkan ada dewasa laki-laki bernama Otis Milburn. Di usianya yang sudah menginjak 16 tahun, ia mengalami insekyur karena belum mampu melakukan masturbasi dan belum pernah berafiliasi seksual padahal ibunya, Jean Milburn yaitu seorang terapis seks. 

Di tengah-tengah pencarian jati dirinya, Otis kemudian bertemu dengan Maeve Wiley. Maeve yang sedang memerlukan uang dan tahu bahwa Otis punya wawasan lebih tentang seks lalu melakukan bisnis bareng Otis dengan cara membuka konsultasi seks di sekolah. Maeve yang mengorganisir manajemennya sedangkan Otis yang menjadi konsultannya. Tak disangka, animonya luar biasa! Satu per satu klien pun berdatangan untuk meminta rekomendasi seputar seks dari Otis.

 bagi orang dewasa juga terkadang tabu untuk dibahas Belajar 5 Kosakata Bahasa Inggris tentang Seks dari Serial Sex Education
Otis Milburn dan Maeve Wiley, karakter utama dalam serial Sex Education (dok. Netflix)
Namanya juga series perihal seks, maka obrolan abjad di series tersebut juga enggak jauh dari hal yang berafiliasi dengan seks dong. Nah, ini dia menariknya. Sebagai penonton kita tak cuma bisa mencar ilmu seputar pendidikan seksual saja seperti judulnya, namun kita juga mampu belajar wacana kosakata British English yang berkaitan dengan seks. 

Melalui tulisan ini saya telah merangkum 5 kosakata British English yang berhubungan ihwal seks. Apa sajakah itu? Cekidot!

1. Wanking

Wanking ialah salah satu kata yang sering diucapin di Sex Education.

Dalam salah satu adegan di episode 6 season 1, Aimee Gibbs berkata, “I’ve been wanking all night. I ate four packets of crumpets, and I think my clit might drop off.” Selain itu, kata ini juga diucapkan oleh Otis dan Eric Effiong, sahabatnya, utamanya saat Otis bercerita bahwa dia mempunyai persoalan dalam masturbasi.

 bagi orang dewasa juga terkadang tabu untuk dibahas Belajar 5 Kosakata Bahasa Inggris tentang Seks dari Serial Sex Education
Aimee Gibbs, pemain drama pendukung di Sex Education (dok. Netflix)

Lalu apa arti wanking itu sendiri? 

Wanking (dibaca: wengking) berasal dari kata wank yang memiliki arti masturbasi. Variasi kata yang lain adalah wanked dan wanks tergantung tenses apa yang dipakai.

Kata ini diyakini pertama kali dipakai pada tahun 1905. Meski udah ada sejak 1 kala silam, sayangnya belum ditemukan sejarahnya kenapa kata ini mampu terbentuk.  

Baca juga:  Download Perangkat Pembelajaran K13 Matematika Smp Kelas 9

Dikutip dari kamus Merriam-Webster, wanking ternyata merupakan kata slang vulgar dalam British English sehingga tidak mampu digunakan asal pilih. Dalam part of speech, kata ini masuk dalam kategori verb lebih spesifiknya lagi intransitive verb alias kata kerja yang tidak memerlukan objek.

2. Going All The Way

Selanjutnya ada frase going all the way yang muncul di Sex Education season 2 episode 4. Ketika Otis berjumpa dengan Eric di sekolah, Eric mengajukan pertanyaan kenapa beliau pakai baju terbaik. Otis pun menjawab, “Well… Ola and I might be going all the way tonight.

 bagi orang dewasa juga terkadang tabu untuk dibahas Belajar 5 Kosakata Bahasa Inggris tentang Seks dari Serial Sex Education
Otis Milburn ketika mengatakan bahwa ia akan going all the way terhadap Eric (dok. Netflix
Kalau kita enggak tahu konteksnya mungkin kita akan berasumsi bahwa artinya umumsaja. “Ooooh, Otis pengen jalan-jalan sama Ola nanti malam”. Soalnya ada kata go. Namun kalau ditelisik lebih lanjut, bekerjsama frase going all the way punya makna yang memiliki kecenderungan lho!
Gue pun mencoba mencari tahu apa arti go all the way di kamus Oxford. Namun sayang, ternyata gue enggak menemukannya di sana. Alhasil gue pun mencari referensi lain.
Menurut Macmillan Dictionary, go all the way yang ialah frase dasar dari going all the way adalah frase informal yang bermakna to have sex with someone. Dengan kata lain, jika suami ngajakin istrinya atau sebaliknya buat go all the way, itu artinya dia lagi kasih arahan untuk melakukan sesuatu di atas ranjang.

Arti go all the way memang mengarah ke arah seks. Namun Cambridge Dictionary ternyata punya pendapat berbeda alasannya go all the way mampu bermakna dua hal, tergantung konteks ucapannya.

Pertama, go all the way artinya hampir sama kayak yang diterangkan oleh Macmillan Dictionary adalah to engage in sexual intercourse alias bekerjasama seksual. Kedua, go all the way artinya lazimsaja adalah  to enter into complete agreement alias masuk ke dalam perjanjian/komitmen lengkap

Makara bila kita sedang ngurusin persetujuanatau komitmen lalu ada orang yang ngomong go all the way, jangan negatif thinking ya gaes. Balik lagi, konteksnya wacana perjanjian.

3. Deflowered

Setelah Otis mengatakan bahwa ia akan going all the way dengan Ola, Eric merespon, “No. No! You’re gonna be deflowered? Otis, you’re gonna be deflowered! Come on!”  
 bagi orang dewasa juga terkadang tabu untuk dibahas Belajar 5 Kosakata Bahasa Inggris tentang Seks dari Serial Sex Education
Eric kagetdengan menyampaikan deflowered dikala Otis mengatakan bahwa beliau going all the way dengan Ola (dok. Netflix)

Dalam perumpamaan Eric terdapat kata deflowered. Kata dasarnya ialah deflower. Mentang-mentang ada kata flower-nya, deflowered tidak diartikan secara literal selaku bunga ya. Deflowered justru berhubungan dengan seks.

Berdasarkan sejarah, deflower pertama kali dipakai pada kurun ke-14. Kata ini berasal dari middle English ialah deflouren yang asal muasalnya diadaptasi dari bahasa Prancis antik desflorer dan bahasa Latin deflorare.   
Kamus Merriam-Webster menjelaskan bahwa deflowered memiliki dua makna. Yang pertama, deflower mempunyai arti to deprive virginity alias menghilangkan keperawanan/keperjakaan. Sementara yang kedua deflower bermakna take away the prime beauty of alias menetralisir keindahan utama. Sementara kamus Oxford memiliki penjelasan yang berlawanan dan lebih spesifik. Deflower mempunyai arti to have sex with a woman who has not had sex before. Jika mengacu pada arti ini, maka deflower hanya ditujukan terhadap seseorang yang melaksanakan relasi seksual dengan seorang wanita yang masih perawan. 
 
Makara, kalau si pemuda baru sekali berhubungan seksual sedangkan si ceweknya sudah pernah berafiliasi seksual sebelumnya, maka kita tidak mampu bilang bahwa si pemuda deflower alasannya si cewek telah tidak perawan.  
 
Jika berpatokan pada definisi Oxford, intinya deflower hanya berlaku pada seseorang yang bekerjasama dengan cewek yang masih perawan dan baru pertama kali berhubungan seksual. Sebaliknya, deflower tidak berlaku kepada cewek yang masih perawan dan baru pertama kali berafiliasi seksual dengan perjaka.
 
Dengan kata lain, subjek dari deflower yakni ‘lawan main’ dari si cewek yang masih perawan.Lawan main ini mampu cowok, tetapi juga mampu sesama cewek. 
 
Eh, kok bisa sesama cewek? Iya, soalnya di kamus Oxford tidak ada penggunaan kata he/she sehingga jenis kelaminnya tidak spesifik.
 
Namun bila berpatokan pada definisi di Merriam-Webster, maka subjek dari deflower lebih luas lagi. Siapapun orang yang pertama kali bekerjasama seksual, maka bisa dibilang telah mengalami deflowered. 
Dalam Sex Education, Otis diceritakan sebagai seorang remaja yang belum pernah berafiliasi seksual sama sekali. Maka begitu Eric tahu bahwa Otis sudah melaksanakan korelasi intim dengan pacarnya sendiri yang masih perawan yakni Ola, Eric girang bukan main. Ia pun berkata bahwa Otis sudah kehilangan keperjakaan alias deflowered. 
 
Ya namanya juga budaya barat. Di Indonesia, kehilangan keperawanan atau keperjakaan saat masih akil balig cukup akal apalagi karena melakukannya dengan sengaja ialah hal tabu. Namun di Inggris, sebagaimana dunia barat pada umumnya, masih perawan atau masih perjaka dikala masih remaja justru yang menjadi tabu. 

4. Morning after pill

Berikutnya ada morning after pill. Kosakata ini diucapkan oleh Otis pada Sex Education season 2 epiosode 7 dalam adegan di suatu apotek. 
Semalam sebelumnya, Otis dan Ruby sama-sama dalam kondisi mabuk. Begitu bangkit, mereka jadinya menyadari bahwa mereka habis saja berafiliasi karena mereka tidur dalam keadaan tanpa pakaian. Untuk mengantisipasi biar Ruby tidak hamil, mereka pun mencari penyelesaian dengan cara berbelanja morning after pill di apotek
 
Ketika mbak-mbak kasir sedang menginput harga obat sinus, Otis berkata, “And can I get the morning after pill, please?”

 bagi orang dewasa juga terkadang tabu untuk dibahas Belajar 5 Kosakata Bahasa Inggris tentang Seks dari Serial Sex Education
Otis ketika membeli morning after pill di sebuah apotek (dok. Netflix)
Baca juga:  Review Hormones The Series Season 1, Realita Pergaulan Sampaumur Thailand Yang PenuhPesan Dan Makna

Awalnya hanya Otis yang maju di kasir untuk membeli morning after pill sementara Ruby menunggu di luar. Namun sebab kasir tidak mengizinkan alasannya adalah Otis adalah seorang perjaka, mau tak mau karenanya Ruby maju ke kasir untuk membeli morning after pill.

Berdasarkan penjelasan di kamus Oxford, morning after pill (noun) didefinisikan selaku a drug that a woman can take some hours after having sex in order to avoid pregnant. Sementara Kamus Cambridge menjelaskannya sebagai a pill containing a drug that prevents a woman from getting pregnant if it is taken a short time after she has had sex. 

Dari pengertian tersebut, maka mampu dibilang bahwa morning after pill merupakan salah satu jenis pil KB. Namun dari penggunaannya secara spesifik, morning after pill digunakan oleh wanita berjam-jam sesudah berafiliasi tubuh.

Kok ada kata morning-nya? Harus diminum pas pagi?

Dari definisi di Oxford atau Cambridge sih bantu-membantu aku enggak nemu penjelasan resminya. Namun saya merasa kata morning dipakai karena pil KB tersebut mampu diminum pada pagi hari karena lazimnya korelasi tubuh dikerjakan pada malam hari.

5. Chlamydia

Chlamydia. Kedengerannya cantik banget ya. Terdengar kayak nama cewek anggun gitu. Terus panggilannya Dia. Tapi bantu-membantu chlamydia tidak secantik arti aslinya lho karena chlamydia berarti basil!
 
Dikutip dari Britannica, Chlamydia diartikan sebagai a genus of bacterial parasites that cause several different diseases in humans. Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, chlamydia berarti sebuah basil parasit yang menimbulkan banyak sekali penyakit berbeda pada manusia. 
 
Sementara menurut kamus Merriam-Webster, chlamydia mempunyai 2 arti, ialah any of a genus (Chlamydia, family Chlamydiaceae) of spherical gram-negative intracellular bacteria dan a disease or infection caused by chlamydiae. Chlamydia yakni bentuk singularnya. Adapun chlamydiae adalah bentuk pluralnya. 
 
Chlamydia atau Bahasa Indonesianya ‘Klamidia’ jadi topik utama yang dibahas oleh beberapa aksara dalam Sex Education episode 1 season 2.  Ketika Otis, Ola dan Eric tiba di sekolah, mereka terkejut karena kondisi sekolah kacau balau. Anak-anak berlarian ke sana kemari seolah terjadi sesuatu. 
 
Di ketika Otis bertanya, “What is going on?”, tiba-tiba seorang perjaka berjulukan Simon muncul. Sembari menjinjing kardus bertuliskan chlamydia masks dan menawarkan masker, Simon menjawab, “Chlamydia. Everyone’s got it. One for fiver, three for ten.”
 bagi orang dewasa juga terkadang tabu untuk dibahas Belajar 5 Kosakata Bahasa Inggris tentang Seks dari Serial Sex Education
Simon menerangkan kepada Otis dan mitra-kawan bahwa di sekolah sedang terjadi penyebaran chlamydia (dok. Netflix)
Baca juga:  Source Code Php Aplikasi Perhitungan Tarif Listrik Sederhana

Otis yang paham akan apa itu chlamydia kemudian bereaksi, “You can’t catch chlamydia from the air. You have to have had sexual contact with a carrier.”  

 bagi orang dewasa juga terkadang tabu untuk dibahas Belajar 5 Kosakata Bahasa Inggris tentang Seks dari Serial Sex Education
Simon pun membalas, “Ssshh.. They don’t know that, do they? Don’t kill my business, man.” kemudian pergi meninggalkan Otis dan kawan-kawannya.
 
Pada adegan berikutnya, Jean Milburn yang tak lain yaitu emaknya Otis menerangkan di hadapan para wali murid bahwa chlamydia ialah penyakit yang menular melalui cairan alat kelamin yang saling tertukar saat berafiliasi seks tanpa pengaman. Ia lalu mengklarifikasi bahwa penyakit ini tidak menyebar lewat udara mirip hoax yang tersebar di sekolah sehingga warga sekolah tidak perlu menggunakan masker untuk mengantisipasinya.
Bagi yang berkecimpung di dunia medis, istilah chlamydia mungkin bukan istilah yang asing. Namun bagi saya yang awam di bidang medis, kata ini jadi kata gres bagi saya.
 

Sekian goresan pena kali ini tentang kosakata wacana seks dalam Bahasa Inggris. Mengetahui berita yang berhubungan dengan seks enggak berarti kita otomatis terjun ke pergaulan bebas mirip yang budaya barat kerjakan. Hanya karena kita tahu bahwa membunuh itu tidak baik bukan mempunyai arti otomatis jadi pembunuh. Begitu pun dengan mengenali informasi seputar seks.

Mengetahui berita berkaitan dengan seks memiliki arti kita memperkaya wawasan agar kita tetap sehat sehingga mampu membentengi diri dari hal-hal yang tidak diharapkan di lalu hari. Setabu apapun, ilmu pengetahuan tetaplah ilmu wawasan.

banner 336x280
banner 120x600
  • Share