banner 728x250

Membuat Halaman Berbeda Dalam Satu File Ms. Word 2013

  • Share
banner 468x60

Cara menciptakan halaman yang berlainan dalam satu file di acara aplikasi perkantoran pengolah kata Microsoft Word 2013 bergotong-royong sederhana, namun kadang memang banyak yang tidak tahu langkah-langkahnya, sama seperti saya juga pernah mengalaminya saat membuat karya tulis yang didalamnya berisi halaman-halaman yang penomoranya berlainan, khususnya bab permulaan mirip halaman pengakuan, halaman persembahan, daftar isi, yang memakai format penomoran halaman memakai angka romawi, kemudian disambung dengan isi dari karya tulis tersebut.yang menggunakan penomoran halaman dengan format angka.

Bagi yang belum tahu langkah-langkah menciptakan halaman berlainan dalam satu file, dilema pengerjaan penomoran halaman diatas tentu mampu diakali dengan membuat file karya tulis menjadi dua file terpisah, sehingga dalam membuat penomoran halaman dengan format yang sama cuma perlu menggunakan fitur insert – page number.

banner 336x280

Nah, sebetulnya bagaimana si caranya biar mampu membuat penomoran halaman yang berlawanan dalam satu file Ms. Word?

Oke, mari kita praktekan bareng ,

Langkah #1
Buka dokumen karya tulis yang akan diberi penomoran halaman dengan format berbeda

Langkah #2
Beri penomoran halaman seperti biasa, contohnya klik menu Insert –  Page Number – Plain Number 2, lalu aturlah dengan format penomoran angka romawi dengan cara klik menu insert – page number – Format Page Number – OK.


Sampai Langkah #2 ini semua halaman akan menggunakan angka romawi, selanjutnya kita akan merubah format halaman berbeda misal pada BAB 1 akan dimulai dengan nomor 1.

Langkah #3
Letakkan kursor pada halaman terakhir yang menggunakan angka romawi, misal disini pada halaman ke iii (3 romawi), kemudian klik sajian Page Layout – Breaks – Next Page.

Langkah #4
Klik 2x pada bab footer halaman iv (4 romawi), kemudian klik sajian Insert – Page Number – Format Page Numbers… 

 Pilihlah format penomoran angka biasa, kemudian pada bagian Page numbering Start at isi dengan angka 1, terakhir klik tombol OK.

Selamat anda telah sukses Membuat Halaman Berbeda dalam Satu File Ms. Word 2013, supaya bermanfaat.

banner 336x280
Baca juga:  Video Cara Merekap Nilai Urut Mangkir Soal Online Di Google Classroom
banner 120x600
  • Share